Indonesia Website Awards

Yuk Percantik Rumah Kecilmu Dengan 6 Ide Furnitur Multifungsi Ini

antariksagroup.com – Salah satu tantangan memiliki rumah berukuran kecil adalah pemilik hunian harus cermat dalam mendesain interior rumah. Hal ini menandakan bahwa Anda harus memilih furnitur yang sesuai kebutuhan, tepat guna, dan yang lebih penting melakukan penataan yang strategis dan masih menyediakan ruang gerak leluasa.

Maka dari itu, satu prinsip desain interior yang perlu diadopsi adalah space-saving atau hemat ruang. Sebisa mungkin, pasang furnitur yang tidak memakan banyak ruang. Tersedianya ruang kosong dalam jumlah yang tepat penting sebagai ruang gerak dalam hunian.

Salah satu cara untuk mengadopsi konsep space-saving adalah dengan menggunakan furnitur multifungsi. Berarti, satu furnitur bisa digunakan untuk dua atau lebih fungsi yang berbeda. Hasilnya, Anda bisa menghemat ruang dengan efektif tanpa perlu mengorbankan fungsi lain dari furnitur- furnitur tertentu.

Tren dan kesadaran untuk menyediakan furnitur multifungsi membuat banyak opsi yang bisa dipilih. Dekoruma punya enam rekomendasi furnitur multifungsi untuk Anda yang ingin mengefektifkan tata ruang dan desain interior di rumah.

1. Sofa Bed

Sofa bed adalah salah satu konsep furnitur multifungsi yang paling awal dikenalkan. Mempunyai dua fungsi sebagai tempat duduk dan tempat tidur, sofa bed memberikan solusi bagi keluarga yang membutuhkan tempat tidur tambahan sewaktu-waktu, tidak setiap saat.

Misalnya, untuk tamu atau saudara yang menginap ke rumah sesekali. Meskipun begitu, penggunaan sofa bed berkembang sebagai tempat bersantai atau istirahat penghuni rumah. Sofa bed bisa dipasang di ruang keluarga atau bahkan ruang kerja sekali pun.

Setelah lelah bekerja, Anda bisa merebahkan diri sejenak sebelum melanjutkan pekerjaan atau anggota keluarga lain ingin membaca buku atau bermain ponsel sambil selonjoran.

2. Meja Kopi dengan Ruang Penyimpanan

Berbicara soal fungsi, meja kopi atau coffee table pada dasarnya berfungsi untuk menaruh dekorasi, pajangan, atau barang-barang yang sedang dipakai di ruang tengah atau ruang keluarga. Selain sebagai alas bagi orang yang sedang menggunakan ruangan tersebut, meja kopi cuma berfungsi sebagai dekorasi.

Untuk meningkatkan aspek multifungsinya, modifikasi meja kopi saat ini menggabungkan fungsi meja dengan ruang penyimpanan terbuka atau tertutup. Dengan begitu, penghuni rumah bisa menyimpan barang-barang kecil atau pernak-pernik ruang keluarga di dalam meja kopi.

3. Lemari Dapur dan Meja Makan

(foto: Dekoruma)

Meski sudah memiliki kitchen set yang relatif lengkap, memasang meja makan berukuran penuh bisa membuat area dapur dan ruang makan menjadi terlalu penuh dan sesak. Untuk menanggulangi masalah ini, hadir solusi berupa lemari dapur yang menyatu dengan meja makan yang bisa dilipat.

Menggunakan bantuan roda di bawahnya, Anda bisa menarik meja makan dalam posisi 45 derajat untuk digunakan. Dengan begitu, alat-alat masak dan makan bisa disimpan dalam lemari dapur, kemudian aktivitas makan bisa dilakukan di meja makan lipatnya.

4. Meja Belajar Sudut dengan Kabinet

Meja kerja dan meja belajar juga tidak luput dengan modifikasi untuk menjadikannya lebih multifungsi. Belajar dan bekerja bisa jadi lebih praktis dengan meja belajar sudut yang dilengkapi kabinet dan rak. Selain meja belajar konvensional di satu sudut, sudut lainnya hadir set kabinet dan rak.

Kabinet dan rak ini tentunya bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang yang berhubungan dengan pekerjaan Anda. Berkas-berkas, alat tulis, dokumen, buku, dan barang-barang lain.

5. Meja TV 2 in 1

(foto: Dekoruma)

Bisa dibilang, meja TV adalah salah satu furnitur yang tidak terpikirkan menjadi multifungsi. Selain rak TV yang bisa dijadikan ruang penyimpanan, tidak banyak yang bisa dilakukan dengan desain meja atau rak TV. Namun, pengembangan desain meja TV yang satu ini menarik.

Bagian kompartemen rak bawah kanan dari meja TV ini bisa didorong keluar untuk dijadikan meja. Meja ini bisa difungsikan sebagai coffee table atau nakas. Bahkan, mungkin meja makan untuk Anda yang suka makan sambil nonton TV.

6. Rangka Tempat Tidur Berlaci

Rangka tempat tidur atau dipan yang bagian bawahnya diisi dengan rak laci sudah cukup umum dan mudah ditemukan. Daripada kolong tempat tidur dibiarkan kosong, area ini bisa dijadikan ruang penyimpanan untuk barang-barang seperti sprei, bantal, atau selimut.

Itulah sejumlah furnitur multifungsi yang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tinggal di hunian berukuran mungil atau ingin menghemat ruang lebih banyak di rumah. Space-saving dan multifungsi adalah dua karakteristik dari desain interior Japanese-Scandinavian (Japandi).

Japandi yang mengedepankan esensialisme, menyarankan penggunaan furnitur yang minimal, berukuran wajar, dan fungsional. Dengan begitu, lebih banyak ruang agar rumah terasa lebih lapang dan luas.

Artikel ini telah tayang di :
https://www.suara.com/lifestyle/2021/04/25/013019/6-
inspirasi-furnitur-multifungsi-solusi-buat-rumah-berukuran-
kecil?page=all

Bagikan :