Tutorial Membuat Potongan Melintang/Cross Section dan Memanjang Otomatis Pada Land Dekstop

ANTARIKSA – Dalam sebuah pekerjaan peta topografi, produk yang dihasilkan biasanya adalah peta kontur, potongan memanjang dan melintang, serta volume cut and fill. Pada kesempatan ini yang akan kita bahas adalah cara membuat potongan memanjang dan melintang secara otomatis menggunakan program land desktop dan civil design. Civil design merupakan program untuk membuat gambar perencanaan sipil khususnya alinyemen vertikal dan horizontal pada jalan. Program ini harus diinstal setelah land desktop terinstal. Secara tampilan tidak akan ada bedanya namun menu-menu program lebih banyak. Pada artikel ini akan dibahas dengan cara simpel. Kebanyakan dari tutorial-tutorial terkesan cara yang panjang dan berbelit-belit.

 Setelah kontur tanah sudah jadi seperti gambar di atas maka langkah-langkah selanjutnya adalah
    1. Membuat polyline sesuai dengan rencana potongan memanjang.

Memunculkan label stasiun pada alignment. Pilih menu alignment> Define From Polyline> klik polyline pada gambar>Enter> Kemudian isi kotak yang muncul seperti di bawah ini.

Masih di menu Alignment, klik pengaturan station label setting > keluar kotak dialog> atur jarak antar stasiun pada station label increment> Station tick increment> klik Ok>dalam contoh ini jarak 10 m.

Mengatur ukuran huruf pada label. Buka pada menu Utilities> set text style > pilih font dan ukuran> klik apply

Langkah selanjutnya adalah kembali ke menu Alignment > Create station Label > Enter > Enter> Enter

Membuat potongan memanjang. Pertama keluarkan dulu menu workspace. disini kita akan menggunakan civil design. Jika anda belum menginstal program civil design maka instal terlebih dahulu. setelah terinstal maka civil design otomatis masuk ke program land desktop. klik kanan pada area kursor di gambar berikut > acad> workspace. Setelah workspace keluar maka kita akan memilih civil design.

Setelah pengaturan workspace dirubah ke civil design maka akan muncul tambahan menu. Langkah selanjutnya adalah membuat potongan memanjang. Buka menu Profil> Profil setting> value> ganti dengan nilai seperti di bawah ini> Ok

Selanjutnya masih di menu PRofil> Surface>Set current Surface>ok 

Profil > surface> toggle multiple surface> Ok

Profil > surface > Select Multiple Surface> Ok

Profil > Existing ground > sample from surface>Ok> enter> enter

Pengaturan terakhir untuk membuat potongan memanjang adalah Profil> Create Profil> Full Profil. Maka akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini. Klik centang pada Import grid. Pengaturan grid sesuai dengan kebutuhan. Klik OK> Maka akan muncul Potongan memanjang

Langkah selanjutnya adalah membuat potongan melintang. pilih menu cross section>existing ground>Sample from surface. Ubah pengaturan pada lingkaran biru di bawah ini sesuai kebutuhan. klik Ok.

Pilih menu cross section>section plot> All>enter>enter>  maka akan muncul potongan melintang dari stasiun awal sampai akhir sesuai dengan alignment yang dibuat di awal.

Demikian tutorial cara membuat potongan melintang dan memanjang dengan software land desktop. Semoga bermanfaat.
Artikel Ini Telah Tayang di ilmuproyek.com dengan Judul: Cara Membuat Potongan Melintang dan Memanjang Otomatis Land Desktop
Editor: Antariksa Group
Bagikan :