Tips Perancangan interior Untuk Konsep Ruang Elegan

ANTARIKSA – Tinggal dalam ruangan yang bernuansa mewah dan elegan, siapa yang tidak ingin? Tentunya menyenangkan memiliki ruangan yang bernuansa mewah seperti bangsawan. Dibawah ini adalah tips-tips untuk menciptakan ruangan agar terlihat elegan dan mewah:

  1. Skema warna

Agar ruangan terlihat elegan dan mewah, pergunakanlah warna-warna dengan intensitas gelap (warna tua). Warna seperti crimson red, velvet blue, dark purple, hitam, dengan sentuhan warna gold ataupun rose gold dapat membuat ruangan terlihat mewah. Tentu saja penggunaan warna gelap tidak perlu terlalu dominan, namun dapat ditambahkan warna warna muda seperti krem, putih, maupun abu-abu muda agar ruangan tidak nampak terlalu suram.

https://id.pinterest.com/pin/183803228531332532/

2. Material

Penggunaan material logam dengan finishing glossy (mengkilap), dan material kain dengan tekstur beludru amat membantu dalam penciptaan kesan elegan yang diinginkan.  Jika ingin menggunakan material natural seperti kayu, berikan finishing piano finish (mengkilap seperti kaca) dengan tone warna gelap sebagai sentuhan akhirnya.

https://id.pinterest.com/pin/316307573830850111/

3. Furnitur

Apabila Anda menginginkan konsep elegan yang modern, berikan sentuhan klasik pada beberapa furniture dan elemen dekoratif, namun jangan terlalu banyak. Sebaliknya apabila Anda menginginkan konsep elegan klasik, berikan sentuhan classic pattern pada dinding, lantai atau ceiling. Penggunaan ornament pada dinding dan ceiling amat diperlukan untuk penciptaan suasana klasik elegan pada interior ruang.

https://id.pinterest.com/pin/341851427968199349/

4. Asesoris ruangan

Asesoris untuk ruangan berkonsep elegan harus benar-benar melalui kurasi yang tepat. Asesoris dengan sentuhan pengrajin, dan model klasik tentu akan amat membantu meningkatkan suasana ruang.

5. Pencahayaan

Pada ruang berkonsep elegan, perbanyak penggunaan pencahayaan spotlight, baik sebagai wall washer ataupun untuk ekspos elemen dekoratif ruangan. Kurangi penggunaan general light dengan memaksimalkan jarak antara titik lampu, dan meningkatkan luminasi setiap titik lampu. Secara umumnya, ruangan berkonsep elegan membutuhkan pencahayaan sedang (tidak terlalu terang, tapi juga tidak redup) dengan warna lampu daylight atau light.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Ini Telah Tayang di binus.ac.id dengan Judul: What Makes it Elegant: Tips Perancangan interior Untuk Konsep Ruang Mewah

Editor: Antariksa Group

 

Bagikan :