Indonesia Website Awards

Tips Merancang Sendiri Ruangan yang Cozy, Dapat Diaplikasikan di Berbagai Jenis Ruang

ANTARIKSA – Apabila kalian ingin mendesain rumah ataupun café tempat nongkrong anak zaman now, tentu kalian ingin menciptakan ruangan yang nyaman untuk ditinggali, atau istilahnya “COZY”. Definisi istilah Cozy itu sendiri adalah penggambaran rasa yang nyaman dan hangat, seperti suasana saat berada di depan api unggun, tiduran di sofa sambil berselimut tebal saat udara dingin.

Artikel kali ini mencoba untuk memberikan sedikit tips bagi kalian yang ingin mencoba merancang sendiri ruang yang cozy, yang dapat diaplikasikan di berbagai jenis ruang.

  1. Skema warna

Untuk menciptakan ruangan yang cozy, tentu nuansa ruangan secara keseluruhan harus bersifat hangat. Oleh karena itu, penggunaan warna krem, pastel atau coklat akan sangat membantu untuk menciptakan suasana ini, tentunya harus mengkombinasikannya dengan beberapa warna agar tidak berkesan monoton. Warna2 kombinasi tersebut dapat berupa hitam, emas, abu-abu. Bagi kalian yang berjiwa enerjik, dapat mula menggunakan warna-warna intensitas tinggi seberti merah, kuning atau oranye, dengan ketentuan warna tersebut hanyalah sebagai warna aksentuasi, dan bukan menjadi warna yang dominan dalam ruangan tersebut.

2. Material

Penggunaan material kayu, bambu dan material natural lainnya berguna bagi penciptaan suasana cozy dalam ruangan. Material natural tersebut dapat diaplikasikan di lantai sebagai parket, dinding, atau furniture. Bagi yang menyukai suasana alami, dapat menggunakan material dengan tekstur rustic (mempertahankan tekstur asli). Kurangi penggunaan material logam maupun finishing seperti logam (glossy, halus, memantul)

3. Furnitur

Untuk menciptakan kesan cozy, gunakan furniture yang menonjolkan material natural,atau furniture berbahan kayu.

4. Asesoris ruangan

Pemilihan asesoris ruangan memang tergantung selera masing-masing, namun untuk menciptakan suasana cozy, biasanya desainer interior menggunakan asesoris-asesoris yang berkesan retro atau jadul.

5. Pencahayaan

Penggunaan pencahayaan yang tepat amat penting bagi penguatan suasana cozy yang ingin diciptakan. Pada interior berkonsep cozy, perbanyak bukaan untuk masuknya pencahayaan alami, dan pergunakan lampu yang berkarakter warna kuning. Oleh karena itu, lampu yang digunakan sebaiknya berjenis warm atau warm daylight. Pergunakan lampu LED atau halogen, dan berikan sedikit sentuhan estetis dengan penggunaan hidden light berwarna kuning. Apabila kalian ingin mendesain ruangan dengan style kekinian dan berjiwa muda, pergunakan lampu natal atau lampu tirai untuk memeriahkan suasana.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Ini Telah Tayang di binus.ac.id dengan Judul: What Makes it Cozy: Tips Perancangan Interior Untuk Konsep Ruang Nyaman

Editor: Antariksa Group

Bagikan :