Tips Memilih Kontraktor Gedung

ANTARIKSA – Iklim pembangunan di Indonesia beberapa tahun terakhir tampak sangat masif. Khususnya sejak dimulainya era pemerintahan Presiden Joko Widodo pada tahun 2014 lalu. Sektor infrastruktur (seperti jalan, jembatan, jalur kereta api, bendungan hingga gedung pemerintahan) menjadi fokus pembangunan pemerintah di era ini. Untuk alasan inilah kontraktor gedung yang handal dan mampu menghasilkan karya nyata yang berkualitas masih menjadi kebutuhan tersendiri di negeri ini.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dipertimbangkan untuk membantu Anda memutuskan kontraktor gedung yang harus dipilih:

Seleksi Sesuai Kebutuhan

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengumpulkan list perusahaan kontraktor gedung dan menyeleksinya sesuai kebutuhan. Anda dapat melakukan seleksi berdasarkan budget dan anggaran yang akan digunakan, kemudian pilih dari list tersebut beberapa nama perusahaan yang sesuai kualifikasi yang Anda butuhkan.

Pastikan Memiliki Badan Hukum yang Jelas

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengecek badan hukum perusahaan kontraktor tersebut. Pastikan mereka memiliki badan hukum yang jelas. Lakukan juga background check, termasuk cek kebenaran alamat kantornya, hal ini untuk menghindari masalah yang dapat merugikan Anda sebagai klien ke depannya.

Cek Portfolio

Untuk mengetahui kualitas pekerjaannya, Anda dapat mengecek portofolio proyek-proyek yang pernah ditangani kontraktor tersebut. Selain itu, Anda juga dapat langsung mengunjungi lokasi proyek untuk melihat kualitas sesungguhnya hasil pekerjaan mereka.

Atur Meeting untuk Brainstorm Proyek

Setelah pilihan semakin mengerucut, Anda dapat mengatur jadwal meeting dengan perusahaan kontraktor tersebut. Pada meeting itu Anda dapat menjelaskan gambaran proyek yang akan dikerjakan, kemudian meminta pendapat dari mereka terkait proyek tersebut. Dengan begitu Anda dapat memperkirakan bagaimana kemampuan kontraktor tersebut.

Lakukan Perbandingan Antar Penyedia Jasa

Dengan melakukan perbandingan antar jasa kontraktor, Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih utuh tentang perusahaan kontraktor mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan proyek Anda.

Atur Kontrak Kerjasama

Susun kontrak kerjasama yang detail dan dapat memfasilitasi kedua belah pihak dengan baik agar tidak timbul masalah ke depannya. Pastikan tanggung jawab hak dan kewajiban masing-masing pihak tertulis dengan jelas. Pastikan juga ada pasal-pasal yang memuat tentang penyelesaian/solusi jika muncul kesalahan di kemudian hari.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Ini Telah Tayang di awrm.co.id dengan Judul: Kontraktor Gedung: Tips Memilih versi PT Anggaza Widya Ridhamulia

Editor: Antariksa Group

Bagikan :