Indonesia Website Awards

Tidak Perlu Bingung Lagi! Inilah Cara Menghitung Kebutuhan untuk Plafon Rumah

ANTARIKSA – menghitung kebutuhan triplek untuk pembuatan palfon ataupun renovasi rumah mungkin bagi yang awam dari dunia ilmu teknik sipil merupakan hal yang sulit. anda bisa mengetahui cara menghitung triplek dan gypsup yang anda butuhkan saat membuat sebuat plafon. anda yang ingin tau cara menghitung kebutuhan saat membuat plafon bisa simak cara ini hingga selesai untuk kebutuhan anda.
Saat membuat sebuah plafon tentu material yang berkaitan langsung dengan pekerjaan ini ialah triplek dan gypsup yang digunakan sebagai penutup plafon rumah, gedung dan perkantoran. plafon sendiri akan mempercantik bangunan itu sendiri dengan nilai estetikanya.
Palfon rumah merupakan interior rumah yang sangat perlu diperhatikan, namun tidak sedikit dari kita yang ingin mengetahui pemakaian bahan untuk membuatnya agar tidak boros ataupun dikelabui oleh tukang yang nakal. anda yang saat ini sedang membaca artikel cara menghitung kebutuhan membuat plafon tentu orang yang sangat beruntung.
Berikut ini adalah contoh Perhitungan Volume Pekerjaan Kamar Tidur berukuran 3m x 3m akan dipasang plafon gypsum dengan ukuran 120 x 240cm, berapakah jumlah papan gypsum, lis gypsum, dan rangka plafon yang harus disediakan?

Cara Menghitung Kebutuhan Gypsum

Untuk perkiraan harga pekerjaan plafon kamar dengan ukuran 3m x 3m tersebut, anda harus menghitung luas kamar terlebih dahulu, yaitu 3m x 3m = 9 m2
Setelah itu anda analisah kebutuhan papan gypsum yang harus disediakan sebagai bahan plafon. Dengan cara sebagai berikut.
1 Lembar gypsum berukuran 1.2m x 2.4m dan luasnya adalah 2.88 m
Setelah itu kita tinggal membagi saja jumlah luas 1 lembar gypsum dan luas ruangan, jadi 2.88 di bagi 9 = 3.12 atau kita genapkan menjadi 4 lembar.

Cara Menghitung Kebutuhan Rangka Plafon

Ukuran ruangan 3m x 3m maka rangka Hollow yang di pasang pada dinding adalah sepanjang 3m x 4btg = 12 m1. Maka panjang Hollow 4m, dengan begitu ada sisa potongan kurang lebih sekitar 1m bisa di manfaatkan untuk gantungan
Untuk isian rangka per 60 cm. 300 : 60cm = 5 batang.
Cross 4 x 4cm x 3m x 2 btng.
Ukuran plafon adalah 9 m2, maka kebutuhan rangka Hollow adalah 3m x 4 btng = 12 m1. 3m x 5 btng = 15 m1. 4 x 4 cm x 2 x 3 btng = 6 m1.
jumlah total kebutuhan rangka plafon adalah 33 m1. atau 10 btng Hollow.
Lis profil antara pinggir dinding dan plafon, maka lis yang di butuhkan adalah sepanjang 3m x 4 bh= 12m
Itulah cara sederhana untuk perhitungan kebutuhan gypsum untuk pemasangan plafon. masih banyak cara lain untuk memasatikan kebutuhan materila anda tidak boros. untuk hitungan kebutuhan material pembuatan plafon anda bisa memulainya dengan mebuat sebuah shopdraawing untuk gambar kerja lebih detail hingga anda tidak meraba dalam perhitung kebutuhan triplek dan gypsum untuk pembuatan plafon. selamat mencoba.
Artikel Ini Telah Tayang di insinyurgoblog.com dengan Judul: Cara menghitung kebutuhan triplek dan gypsum untuk plafon rumah
Editor: Antariksa Group
Bagikan :