Indonesia Website Awards

Tetap Kreatif Dengan Cara Instan, 5 Ide Dekorasi Ini Jadi Solusinya

antariksagroup.com – Menghadirkan nuansa berbeda ke dalam hunian tak harus dilakukan dalam momen-momen tertentu saja. Saat suasana rumah sudah terasa monoton dan membosankan, yang bahkan sampai mengganggu kenyamanan, itu pertanda hunian sudah membutuhkan sentuhan baru.

Banyak cara efektif yang bisa dilakukan untuk menyegarkan kembali suasana rumah demi kenyamanan Anda di rumah, salah satunya adalah dengan memanfaatkan elemen dekorasi dan aksesoris. Setiap elemen dekorasi memiliki karakter tersendiri yang dapat menghasilkan tampilan estetik dan efek yang berbeda ke dalam ruangan.

Dekoruma kali ini menyiapkan berbagai inspirasi konsep dekorasi di rumah yang sekiranya dapat membantu Anda saat ingin mendatangkan gairah baru ke dalam hunian.

1. Permainan Warna dan Aksen

Warna putih memang dapat menampilkan kesan bersih dan terang, namun perlahan dapat membuat suasana terasa monoton. Jika Anda mendambakan perubahan suasana ruang seperti ini, cobalah untuk menempatkan dekorasi yang penuh warna dan aksen.

Warna-warna terang dapat menumbuhkan mood positif ke dalam ruangan. Sedangkan motif atau pola dapat memancarkan kemeriahan yang menggairahkan. Karpet warna-warni, cushion bercorak, koleksi mainan, dan artwork penuh detail dapat ditempatkan dalam satu ruangan sekaligus. Agar tak terkesan penuh, pastikan terdapat jarak pemisah di antara setiap elemen.

2. Dekorasi Bergaya Klasik

Siapa bilang furnitur modern tidak dapat melebur dengan dekorasi bergaya klasik. Jika tertarik menerapkan dua gaya dalam satu ruang, wallpaper bercorak vintage, vas antik, dan detail emas ala desain retro seperti ini dapat disandingkan dengan set meja makan modern. Perpaduan dua gaya yang saling bertolak belakang seperti ini justru dapat menghasilkan tampilan desain yang lebih kaya dan berkelas.

3. Hiasan dari Koleksi Souvenir

Jika Anda hobi melancong ke berbagai tempat baik di dalam negeri maupun belahan dunia lainnya, kenapa tak memanfaatkan souvenir kenang-kenangan dari berbagai tempat yang dikunjungi sebagai hiasan di dalam ruangan.

Buatlah mini galeri dari rak-rak terbuka yang digunakan untuk memajang koleksi souvenir dan pajangan unik yang menandakan jejak perjalanan Anda. Area ini bisa dimanfaatkan juga sebagai area rekreasi sehingga Anda bisa membaca di sana sambil mengenang setiap momen berharga di setiap perjalanan.

4. Dekorasi Bernuansa Hutan Tropis

Tanaman hias dapat menjadi pilihan dekorasi untuk melengkapi nuansa alami pada ruangan yang sebagian besar furniturnya menggunakan material kayu, bambu, atau rotan. Jangan hanya mengandalkan satu jenis tanaman hias saja, perpaduan variasi tanaman hias dapat dapat menyegarkan sekaligus meneduhkan ruangan secara maksimal.

Lalu di mana sebaiknya Anda menempatkan tanaman hias? Selain di rak atau di sudut ruang, tempatkanlah tanaman hias di kedua sisi furnitur yang menjadi focal point ruangan, seperti pada area panel dan kabinet tv ini.

5. Berbagai Hiasan Dinding

Apabila ruangan telah terisi banyak barang dan funitur, dan tak lagi menyisakan ruang kosong, manfaatkanlah area vertikal untuk memasang dekorasi dinding. Untuk ruangan tak bersekat, Anda dapat menggunakan berbagai jenis dekorasi dinding secara bersamaan, mulai dari ambalan yang menjadi rak tanaman hias, kolase foto, cermin, sampai hiasan tipografi.

Penting juga untuk menambah aksen seperti pola garis kayu pada sekat pembatas ini agar susunan dekorasi dinding terlihat lebih dinamis. Sebaliknya, untuk ruangan tertutup, hindarilah penggunaan dekorasi yang terlalu meriah, sebaiknya Anda memilih satu jenis dekorasi dinding saja.

Dengan segala keindahan estetiknya, elemen dekorasi memang dapat memperelok tampilan rumah, namun Anda tetap harus memperhatikan faktor kenyamanan tinggal Anda dan penghuni rumah lainnya. Jangan sampai penempatan dekorasi jadi mengganggu aktivitas sekaligus waktu istirahat Anda di rumah.

Artikel ini telah tayang di :
https://www.suara.com/lifestyle/2019/07/26/172713/5-ide-
dekorasi-kreatif-cara-instan-menghadirkan-suasana-baru-
di-rumah?page=all

Bagikan :