Indonesia Website Awards

Rumus Sederhana Menghitung Volume Galian Tanah

ANTARIKSA – Pada kesempatan ini kita akan membahas materi teknik sipil tentang Rumus Sederhana Menghitung Volume Galian Tanah . Pada dasarnya setiap pekerjaan konstruksi pasti akan berhubungan dengan pekerjaan galian tanah. Seperti halnya pada kasus proyek pembangunan sebuah rumah yang secara tidak langsung pasti menjumpai galian tanah untuk pondasi. Pondasi merupakan struktur utama dari sebuah bagunan. Bangunan banyak jenisnya, seperti bangunan rumah, bangunan gedung dan bangunan mesjid. Semua jenis bangun pasti akan berhubungan dengan galian tanah yang akan kita pelajari pada artikel kali ini.
Pondasi yang merupakan bagian utama dari sebuah bangunan pasti akan selalu berkaitan dengan galian tanah baik itu dalam proyek bangunan skala besar ataupun kecil. Tidak jarang masih ada teman-teman yang bingung atau repot dalam menghitung volume galian tanah  untuk pekerjaan pondasi terutama teman yang masih awamakan materi teknik sipil. Tapi teman-teman jangan takut, meskipun masih awam pasti bisa menghitung volume galian pondasi dengan sangat sederhana, menghitung volume galian tanah untuk pondasi akan sangat mudah apabila sudah paham dengan rumus matematika atau sudah biasa dengan ilmu hitungan. Maka dengan itu secara langsung teman-teman bisa menghitungnya. baca artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan cara menghitung galian tanah.
Pembahasan cara menghitung volume galian tanah untuk pondasi akan kami ilustrasikan dengan contoh yang bisa teman lihat pada gambar dibawah ini.
Cara Menghitung Volume Galian Tanah
Contoh perhitungan dengan bentuk galian dan dengan menggunakan rumus seperti diatas:
Panjang galian = 100 meter
Tinggi galian = 0, 8 meter (80 cm)
Lebar galian = 0,5 meter (50 cm)
Rumus yang digunakan adalah
Volume = panjang x lebar x tinggi
            = 100 x 0,5 x 0,8
            = 40 m3
Sedangkan untuk contoh bentuk galian kedua seperti contoh berikut:
Cara Menghitung Volume Galian Tanah
Panjang galian = 100 meter
Tinggi galian = 0, 6 meter (60 cm)
Lebar atas galian = 0,6 meter (60 cm)
Lebat bawah galian = 0,5 meter (50 cm)
Rumus yang digunakan adalah
Volume =(lebar atas + lebar bawah)/2 x tinggi x panjang
            = (0,6 + 0,5)/2 x0,6 x 100
            = 33 m3
Itulah cara sederhana untuk menghitung volume galian tanah pekerjaan pondasi yang telah teman pelajari. Bagaimana teman? mudah kan? hitungan diatas merupakan sebuah contoh, dan teman-teman akan menjumpai kasus dilapangan nantinya secara nyata. Pada dasarnya menghitung galian tanah untuk pekerjaan pondasi sama hanya saja ukuran konstruksi pondasi yang akan mempengaruhi hitungan teman-teman.
Volume galian tanah untuk pekerjaan pondasi biasa akan berhubungan dengan biaya yang akan dikeluarkan disebuah proyek, tapi setelah teman-teman mempelajari ilmu ini tentu teman bisa langsung mempraktekkan dan volume yang teman dapatkan tadi bisa dikalikan langsung dengan harga m3 galian tersebut untuk kebutuhan anggaran yang akan dikeluarkan.
Artkel Ini Telah Tayang di insinyurgoblog.com dengan Judul: Cara Menghitung Volume Galian Tanah Dengan Rumus Sederhana
Editor: Antariksa Group
Bagikan :