Prospek Kerja Ilmu Komunikasi yang Paling Menjanjikan

Antariksagroup.com – Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari cara manusia berkomunikasi dan berinteraksi dengan bahasa, baik verbal dan nonverbal.Komunikasi yang baik harus bersifat artikulatif dan persuasif.Studi komunikasi merangkum semua teori tersebut dalam satu disiplin ilmu yang dapat diaplikasikan ke dalam berbagai bidang.

Berbicara tentang prospek kerja ilmu komunikasi, ada beragam bidang yang bisa dimasuki oleh lulusan studi komunikasi. Berikut saya akan membahas prospek kerja ilmu komunikasi di antaranya.

Media
Prospek kerja ilmu komunikasi terbesar mungkin ada bidang media.Dengan latar belakang komunikasi, kamu bisa masuk ke berbagai jenis pekerjaan yang ada dalam industri ini.Baik dari segi broadcast, offline atau online. Kamu bisa menentukan sendiri mana yang paling sesuai dengan kemampuan atau impianmu.

Media adalah bidang yang tepat bagi kamu yang sedang kuliah jurusan komunikasi.Kenapa?Tentunya karena bidang ini akan sangat membutuhkan kemampuan komunikasi yang sangat dinamis serta kemampuan untuk melihat dan mengurasi informasi, hingga membentuk suatu opini yang sesuai dengan audiens.

Kalau kamu tertarik dengan bidang media ini kamu harus: coba ambil magang di media dan membangun portofolio dari bidang yang kamu sukai dan inginkan

Marketing, Public Relations, Periklanan
Prospek kerja ilmu komunikasi kedua ditempati oleh bidang Marketing, Public Relations dan Periklanan. Siapa yang mengambil jurusan yang sama persis dengan ketiga role ini?

Ketiga role ini tentu akan dibutuhkan oleh perusahaan mau pun konsultan ternama, yang akan membawamu pada jenjang karir menjanjikan serta kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang menarik Salah satu tugasmu adalah untuk bisa memberikan value dari perusahaan atau suatu produk yang sedang kamu kerjakan dan bisa membawanya pada ke audiens atau pasar yang tepat Kalau kamu tertarik dengan bidang ini kamu harus: ambil kesempatan magang di perusahaan atau pun konsultan, membangun relasi sebanyak mungkin dan perbanyak portofolio (terutama bagi kamu yang ingin masuk pada bidang periklanan)

Event Organizer
Event Organizer atau EO bekerja pada suatu perusahaan yang biasa mengadakan beragam jenis event.
Kemampuan lulusan ilmu komunikasi dalam berelasi dengan banyak orang sangat dibutuhkan.

EO harus mengurus semua hal dengan detil, mulai dari klien, vendor, hingga para tamu atau undangan yang hadir.

Kalau kamu tertarik dengan bidang ini kamu harus: Ikut serta dalam organisasi, perbanyak portofolio dalam mengurus event, atau terjun langsung membuat event dengan organisasi atau komunitasmu.

Sales
Prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini masih berhubungan dengan produk dan konsumen. Salesperson, atau juga disebut sebagai Account Executive, Sales Agent, atau Sales Representative.

Prospek kerja ilmu komunikasi ini memerlukan kemampuan networking yang kuat, serta empati Kalau kamu tertarik dengan bidang ini kamu harus: berjiwa sosial, memiliki empati, target-driven, dan mudah beradaptasi

Business Analyst
Untuk dapat membuat suatu produk yang secara efektif dan efisien terjual kepada pasar yang tepat, produsen biasanya melakukan riset dan analisis. Pekerjaan di bidang ini juga dapat menjadi prospek kerja ilmu komunikasi.

Seorang Business Analyst bertugas untuk melakukan analisa pasar, mengukur efektivitas produk, dan memonitor metrics data sesuai dengan kebutuhan bisnis. Dengan melakukan analisis tersebut, prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini dapat membantu perusahaan produsen meningkatkan keuntungan dan kepuasan konsumen.

Kalau kamu tertarik dengan bidang ini kamu harus: bisa mengkomunikasikan data atau metrics, paham dari segi finansial, teknologi, hingga budgeting-nya

Layanan Konsumen
Prospek kerja ilmu komunikasi berikutnya adalah menjadi perwakilan layanan konsumen dari suatu produk.

Seorang lulusan ilmu komunikasi yang menggeluti pekerjaan ini harus memiliki kesabaran yang tinggi karena setiap harinya harus menghadapi keluhan para pelanggan. Selain itu seorang perwakilan layanan konsumen harus senantiasa memiliki sikap positif terhadap segala masalah.

Tidak lupa, seorang perwakilan layanan konsumen harus mampu membuat setiap pelanggan yang mengajukan komplain merasa dihargai. Prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini membutuhkan orang dengan rasa empati ya besar.

Kalau kamu tertarik di bidang ini kamu harus: memiliki empati, seorang pendengar yang baik dan tanggap Nah, itu dia keenam prospek kerja bagi para lulusan studi ilmu komunikasi.

Artikel ini telah rilis di glints.com dengan judul https://glints.com/id/lowongan/prospek-kerja-ilmu-komunikasi/#.YCeF-IYzbIU

Editor : Tim Redaksi

Bagikan :