Perkembangan Bangunan Bersejarah di Dunia

ANTARIKSA – Perkembangan bangunan pada saat ini tentunya tidak bisa lekat oleh acuan pembangunan dari pembangunan sebelumnya. Sehingga dalam sebuah perencanaan tentunya harus terus meningkat tiap tahunnya. Hal ini pastinya sebagai proses perbandingan pembangunan tiap tahunnya.
Maka dari itu penting sekali bagi kita belajar dari bangunan yang sudah ada sebelumnya, yaitu bangunan bersejarah yang ada di dunia.

  • Colosseum, Roma, Italia

Bangunan Colloseun merupakan bangunan yang menyimpan banyak budaya dan tradisi yang ada di Roma. Diminta bangunan ini dibangun pada tahun 70-72 Setelah Masehi oleh penguasa saat itu Kaisar Vespasian yang berasal dari dinasti Flavian, Bangunan Colleseum awalnya berfungsi sebagai amphiteater yaitu tempat mengadakan berbagai pertunjukan bagi orang di Roma era kuno seperti permainan, pertarungan antar hewan, dan pertarungan brutal antar gladiator.

  • Taj Mahal, India

Lamanya pembangunan tempat ini berlangsung selama kurang lebih 23 tahun, yakni sejak tahun 1630-1653. Sepeninggalnya Mumtaz yang menjabat menjadi kaisar pun berjanji akan membangun makam termegah diatas kuburannya. Hingga sejak tahun 1983 silam, Taj Mahal diterima sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Dan masih berdiri kokoh sampai saat ini.

  • Sydney Opera House, Australia

Sydney Opera House yang terletak di pelabuhan Sydney merupakan pusat pertunjukan yang dibuka pada tahun 1973. Mendapat gelar World Heritage Site dari UNESCO tahun 2007, setiap tahunnya Sydney Opera House menjadi tempat 1500 pertunjukan.

  • Menara Miring Pisa, Italia

Merupakan menara yang terkenal karena bentuknya yang tidak vertikal. Walau direncanakan untuk dibangun secara vertikal, hal ini dikarenakan keadaan tanah saat itu membuat fondasi menara ini goyah. Pembangunan konstruksinya dimulai pada Agustis 1173 dan terus berlangsung selama dua abad. Merupakan salah satu dari empat menara yang melengkapi kompleks katedral di Pisa di Italia.

  • The Gardens By The Bay, Singapura

Taman ini adalah satu dari 10 taman terbaik yang ada di dunia. Tujuan di bangunnya taman ini adalah menjadi lokasi rekreasi outdoor, selain itu juga menjadi simbol negara Singapura. Dimana pembangunannya selesai dibangun tahun 2012, taman ini memiliki dua konservatori, Flower Dome dan Cloud Forest, namun fitur paling dikenalnya adalah Supertrees, struktur tinggi berbentuk mirip pohon yang tingginya 20-25 meter dan berfungsi sebagai taman vertikal.

Dari banyaknya bangunan bersejarah di dunia itulah tadi beberapa bangunan kuno yang sangat bersejarah di dunia. Ternyata meskipun sudah lama didirikan, namun bangunan ini masih tetap berdiri dengan megah dan digunakan sebagaimana mestinya. Memang sudah sepatutnya tempat ini kita jaga sebaik-baiknya sebagai warisan dunia dan budaya.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.
Artikel Ini Telah Tayang di rangkumtekniksipil.blogspot.com dengan Judul: SEJARAH PERKEMBANGAN BANGUNAN DI DUNIA
Editor: Antariksa Group
Bagikan :