Indonesia Website Awards

Pengertian Jetty dan Trestle dalam Pekerjaan Utama Dermaga

ANTARIKSA – Proyek dermaga merupakan Proyek Strategis pemerintah karena Indnonesia sebagai negara kepulauan mempunyai transportasi Laut yang cukup banyak sehingga diperlukan fasilitas pendukung berupa pelabuhan/dermaga. Dermaga berfungsi sebagai tempat bersandarnya kapal dari laut. Proses pembangunan dermaga ini cukup Kompleks dibanding proyek lain. Pada proyek dermaga biasanya melibatkan berbagai disiplin ilmu antara lain Teknik sipil, arsitektur, Mekanikal, elektrikal , Plumbing, Teknik kelautan.
Pada umumnya pekerjaan dermaga terdiri dari pekerjaan utama, dan pekerjaan penunjang. Pekerjaan Utama terdiri dari pekerjaan Jetty dan Trestle, sedangkan pekerjaan penunjang seperti MEP, fender, Ballard, Mooring dolphin, dan lain-lain. Pada pembahasan artikel kali ini akan fokus pada Pengertian Jetty dan Trestle.

Pekerjaan Jetty

Jetty adalah bangunan dermaga yang berfungsi sebagai tempat bersandarnya kapal. Pada bangunan Jetty terdapat banyak bangunan penunjang seperti fender, bollard, mooring dolphin, post security, dan Sebagainya. Jetty terletak pada laut yang dalam dan didesain mempunyai draft yang cukup untuk kapal- kapal besar. Type struktur jetty yang digunakan biasanya struktur beton bertulang untuk struktur atas sedangkan struktur bawah menggunakan tiang pancang baja( Steel Pipe Pile) atau spun pile.

Pekerjaan Trestle

Trestle adalah bangunan dari dermaga yang berfungsi sebagai Jalan akses dari daratan menuju Jetty atau sebaliknya. Metode pekerjaan Trestle hampir sama dengan Jetty hanya berbeda pada dimensi strukturnya. Finishing dari trestle ini biasanya menggunakan aspal. Sedangkan untuk bangunan penunjang dari trestle ini antara lain lampu penerangan Jalan, Guardrail, pemipaan, dsb. struktur bawah yang digunakan biasanya tiang pancang beton (CSP) sedangkan untuk struktur atas Menggunakan beton bertulang kombinasi precast dan Cast in situ.
Semoga bermanfaat.
Artikel Ini Telah Tayang di ilmuproyek.com dengan Judul: Pengertian trestle dan jetty pada pekerjaan dermaga
Editor: Antariksa Group
Bagikan :