Indonesia Website Awards

Pengertian, Jenis, dan Manfaat Jalusi

ANTARIKSA – Kali ini, saya akan bercerita sedikit perihal Jalusi. Apa itu Jalusi? Kamu mungkin masih asing dengan kata yang satu ini. Jalusi adalah ornamen di bagian jendela rumah. Sebenarnya, fungsi dan manfaat dari Jalusi begitu hebat dalam kehidupan sehari-hari. Terutama kaitannya dengan kesehatan, karena berhubungan dengan sirkulasi udara di rumah.

Perlu kalian ketahui, pemakaian Jalusi banyak diaplikasikan pada rumah-rumah kuno, tradisional, atau zaman doeloe. Mungkin ada di antara kamu yang memiliki tipikal rumah seperti itu?

Tidak ada salahnya mengetahui lebih banyak tentang jalusi, perihal pengertian, jenis, dan manfaatnya. Siapa tahu kamu terinspirasi untuk juga membuatnya di rumah!

Pengertian Jalusi

pinsdaddy.com

Menurut bentuknya, Jalusi adalah jendela yang mempunyai kisi-kisi dengan pemasangannya secara horizontal atau mendatar. Model jendela ini biasanya dipasang berlapis. Dalam arti, selain Jalusi, masih ada lapisan jendela lainnya yang berfungsi sebagai penutup. Dengan begitu, jendela tersebut benar-benar tertutup dan tak ada udara atau sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah.

twitter.com

Sebagai contoh, model jendela Jalusi buka tutup untuk bagian dalamnya terbuat dari bahan kayu. Sementara itu, masih ada jendela lapis kedua yang berada di bagian luar terbuat dari bahan kaca. Agar udara bisa masuk ke dalam rumah tanpa membuka jendela, bagian luar itulah yang dibuka. Tujuan pemasangan jalusi agar mendapatkan sirkulasi udara lebih lancar, jadi pemasangannya ada di dinding luar dan juga dalam. Sementara itu, model kisi atau daun pada Jalusi menurun ke bawah agar tidak ada air hujan masuk ke dalam rumah.

Mengenal Jenis-Jenis Jalusi

Jika dilihat dari bentuknya, jalusi mungkin dapat disesuaikan dengan ukuran kusen jendela yang diinginkan. Pasalnya, tiap rumah tentu mempunyai ukuran jendela berbeda, sehingga harus diukur terlebih dulu.

Selanjutnya, jenis Jalusi juga dapat dibedakan dari bahan dasar pembuatannya. Dulu, Jalusi hanya bisa dibuat dari bahan kayu. Kamu pun dapat melihatnya langsung di model rumah tempo doeloe. Namun, sekarang jalusi bisa dibuat dari bahan plastik ataupun aluminium.

alibaba.com

Masih ada lagi perbedaan jalusi jika dilihat dari model jendelanya. Kalau kamu menginginkan model jendela besar, kamu bisa mengaplikasikan dua jalusi yang dapat dibuka tutup. Sementara untuk jendela kecil, cukup satu jalusi saja yang juga bisa dibuka tutup karena ada bagian pengaitnya. Seiring perkembangan zaman di bidang dekor untuk rumah, pembuatan jalusi semakin bervariasi dan bahan dasar pembuatannya lebih tahan lama.

Manfaat dari Jalusi

Kamu juga perlu mengetahui bahwa kisi-kisi atau daun pada Jalusi sudah dibuat paten, sehingga tidak bisa digerakkan ke atas bawah. Jadi, jalusi berbeda dengan tirai jendela yang bisa digerakkan. Sementara itu, manfaat utama dari Jalusi adalah mendapatkan suplai atau sirkulasi udara lebih banyak. Dengan begitu, udara di dalam rumah atau ruangannya selalu bersih dan tidak pengap.

altrahomedecor.com

Pemanfaatan jalusi seperti ini sangat cocok pada bangunan pabrik atau tempat usaha yang membutuhkan sirkulasi udara lebih lancar dan banyak. Namun, tempat tersebut tidak membutuhkan banyak pembiasan cahaya matahari. Biasanya, lampu digunakan untuk pencahayaan di dalam ruangan. Memang terasa boros listrik, tapi itu semua demi kelancaran proses produksi.

Lalu, apakah hunian rumah pribadi juga bisa memasang Jalusi?

Sudah pasti boleh! Malahan, jalusi direkomendasikan untuk dipasang di rumah. Alasan utamanya, tentu sebagai ventilasi rumah yang efektif.

Bagaimana cara merawat Jalusi?

google.com

Percuma kamu sudah memesan dan memasang Jalusi pada jendela secara eksklusif tapi nggak dirawat dengan baik. Sama seperti membersihkan rumah dengan tepat, membersihkan Jalusi harus dilakukan dengan tepat pula. Udara segar dari luar yang seharusnya masuk ke dalam rumah tetap segar, berubah menjadi udara pebuh debu dan kotor. Kamu pasti tak ingin merasakannya, bukan? Maka dari itu, bersihkan Jalusi yang sudah terpasang di rumah dengan rutin dan benar.

Saat membersihkan jalusi, cukup basuh permukaannya dengan air bersih. Lakukan sekali sehari pada pagi hari di mana udara luar masih bersih dan segar. Bersihkan seluruh permukaannya, termasuk bagian daun-daunnya yang cukup sulit dijangkau.

google.com

Kamu bisa menggunakan sikat kecil agar bisa menjangkau bagian tersulit jalusi. Periksa bagian daun atau kisi-kisinya, apakah ada yang rusak atau tidak. Jika ada yang rusak, sebaiknya segera diperbaiki. Selain itu, peremajaan cat juga penting dilakukan. Memilih warna cat yang tepat bukan hanya memberikan ciri khas menarik pada Jalusi, tetapi juga menjaganya agar lebih tahan lama.

Itulah sedikit informasi mengenai Jalusi sebagai salah satu ornamen untuk dekorasi rumah kamu.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Ini Telah Tayang di dekoruma.com dengan Judul; Kupas Tuntas Jalusi: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Editor: Antariksa Group

Bagikan :