Indonesia Website Awards

Pengertian Besi H-Beam dan Besi WF

ANTARIKSA –

Besi H-Beam

Besi H-Beam adalah Besi baja dengan bentuk profil yang memiliki bentuk seperti huruf ‘H’, Besi H-Beam memiliki ukuran yang sama pada dimensi profil sayapnya. Berbeda dengan Besi Baja WF Beam yang memiliki lebar sayap profil yang lebih kecil setenganhnya dari lebar badan besi tersebut.

Besi Baja H-Beam digunakan sebagai rangka konstruksi untuk Gedung, Jembatan, Pabrik dan lain-lainnya. Fungsinya Sebagai pasangan dari baja profil WF yang bisa dijadikan Kolom atau Tiang pada struktur rangka bangunan gedung.

Produk H-Beam buatan lokal dengan standar Hot Rolled, hanya diproduksi dengan ukuran tertinggi 350mmx350mm saja (Merk Gunung Garuda), sedangkan merk Krakatau Steel hanya memiliki ukuran tertinggi 250mmx250mm. Baja H-Beam dan Baja WF ukuran standar yang dijual dipasaran, memiliki ukuran 100 sapai dengan 400. Akan tetapi, untuk ukuran 400 Hot Rolled hanya tersedia produk Import.

Secara umum, spesifikasi material pada Baja Profil H-Beam dan WF adalah: JIS G3101 SS400; ASTM A 36; BS 4360; DIN 17 100; JIS G 3101; JIS 3106 dan tersedia pula spesifikasi material lainnya seperti, SM490 YA/YB.

Besi WF (Wide Flange)

Besi Baja WF (wide flange) adalah suatu jenis profil baja struktural yang paling sering digunakan untuk pembuatan konstruksi baja. Besi Baja WF memiliki kekuatan yang sangat tinggi pada daya tarik maupun daya tekan. Oleh karena itu Besi WF menjadi elemen struktur yang memiliki batasan yang sempurna, yang mampu menahan jenis beban tarik aksial, tekan aksial, dan kelenturan yang sangat baik. Kepadatan Baja WF sangat tinggi, akan tetapi rasio berat antara kekuatan penyusun komponen Baja WF juga tinggi sehingga tidak memiliki beban yang terlalu berat dalam kaitannya dengan kapasitas muat beban.

Sistem konstruksi Baja WF bangunan merupakan kombinasi dari elemen struktur yang cukup rumit. Dalam sistem struktur Baja WF beam, semua gaya yang bekerja pada bangunan, disalurkan ke pondasi. Berbagai beban dan gaya yang bekerja pada bangunan termasuk beban vertikal, horizontal, perbedaan suhu, getaran dan sebagainya dalam sebuah bangunan baja, saling menyatu dengan baik. Dalam system konstruksi baja selalu terdapat unsur-unsur yang berfungsi untuk menahan gaya gravitasi dan gaya lateral, sehingga bangunan konstruksi dapat berdiri dengan kokoh.

Artikel Ini Telah Tayang di solusikonstruksi.com dengan Judul: Besi H-Beam dan Besi WF

Editor: Antariksa Group

Bagikan :