Indonesia Website Awards

Pembuatan Kontur Jalan

ANTARIKSA – Sebenarnya dalam pembuatan kontur tidak terlalu sulit. Mungkin cuma butuh kesabaran yang ekstra.
Dalam pembuatan kontur untuk jalan ada beberapa yang perlu dipahami yang berbeda dari kontur untuk tanah yang berbentuk luasan. Dalam hal ini jelas secara visual aja jalan memiliki permukaan yang rata, banyak yang kurang memahami kalau membuat kontur jalan tidak seperti kontur yang ada di tanah pada umumnya. Misalkan kontur untuk jalan garis konturnya biasanya tegak lurus dengan jalan. Mengapa demikian, ya karena permukaan jalan itu rata terhadap arah melintang. Untuk itu kontur jalannya harus dipasang berurutan dengan arah memanjang jalan karena biasanya jalannya itu mengalami perubahan elevasi secara memanjang jalan.
Untuk contoh gambarnya adalah sebagai berikut:
Nah pada contoh kontur jalan diatas yang harus kalian perhatikan adalah kontur yang ada di trase jalan. Pada trase jalan tersebut kontur tidak ada yang miring- miring. Semua tegak lurus dengan trase jalan, sedangkan yang ada disebelah trase jalan merupakan kondisi tanah yang ada disamping2nya trase jalan, ya kalo misal berbukit ya konturnya harus menunjukkan dataran tinggi dan sebaliknya.
Ini ada gambar contoh jalan dan kontur. Cuma buat referensi aja mungkin.
Gambar ini adalah gambar real kontur yang saya buat untuk perencanaan jalan sejauh 7 km (khusus yang saya buat) sebenarnya lebih dari 7 km. Penggambaran dilakukan degan autocad secara manual.
Gambar diatas sebagian dari jalan 7 km. Karena spacenya terbatas makanya saya potong. Saya ambil sebagian.
Semoga bermanfaat.
Artikel Ini Telah Tayang di ilmuproyek.com dengan Judul: Pemahaman pembuatan kontur jalan
Editor: Antariksa Group
Bagikan :