Indonesia Website Awards

Modulus Elastisitas Tanah dari CBR Test

Beberapa peneliti mencoba merumuskan korelasi antara modulus elastisitas dan parameter tanah lain untuk mempermudah proses analisis dan desain geoteknik. Salah satunya menggunakan nilai California Bearing Ratio (CBR) yang banyak ditemui pada pekerjaan perkerasan jalan raya untuk mengetahui bearing capacity atau daya dukung suatu lapisan tanah berdasarkan ASTM D 1883 – 99.

Beberapa peneliti telah melakukan studi untuk mendapatkan hubungan korelasi antara nilai CBR dan modulus elastisitas, diantaranya:

  1. Heukelom dan Klomp (1998) melakukan studi untuk mengetahui hubungan CBR dan modulus elastisitas, berlaku untuk CBR < 10%

E ∼ 10 CBR (MPa)

  1. Croney dan Croney (1991) melakukan studi untuk mengetahui hubungan CBR dan modulus elastisitas.

E = 6,6 CBR (MPa)

  1. NAASRA (1950) menyusun persamaan korelasi modulus elastisitas dan CBR dengan membagi menjadi dua rentang nilai CBR, dimana untuk CBR < 5% digunakan:

E = 16,2 CBR0,7 (MPa

sedangkan untuk CBR > 5% digunakan: E = 22,4 CBR0,5 (MPa)

  1. Powell, Potter, Mayhew dan Nunn (1984) melakukan studi TRRL untuk mengetahui hubungan modulus elastisitas dan CBR, digunakan untuk nilai CBR <12%:

E = 17,6 CBR0,64 (MPa)

  1. Angell (1988) melakukan studi untuk mengetahui hubungan modulus elastisitas dan CBR, dapat digunakan untuk nilai CBR <15%:

E = 19 CBR0,68 (MPa)

Dengan adanya persamaan korelasi yang dirumuskan oleh beberapa peneliti tersebut, sekarang para insinyur dapat menggunakannya untuk memprediksi besarnya modulus elastisitas suatau tanah jika hanya memiliki nilai CBR. Semoga bermanfaat.

Artikerl Ini Telah Tayang di belajarsipil.com dengan Judul: Prediksi Nilai Modulus Elastisitas Tanah dari CBR Test

Editor: Antariksa Group

Bagikan :