Indonesia Website Awards

Model Rumah Tingkat Sederhana, Minimalis, Hingga Futuristik

ANTARIKSA – Belakangan ini harga tanah semakin melonjak tinggi dan luasnya semakin berkurang sehingga sebagian orang hanya bisa mendapatkan lahan terbatas untuk membangun rumahnya. Padahal mereka membutuhkan rumah yang cukup besar agar para penghuninya bisa merasa nyaman. Jika kamu merasa demikian, jangan berkecil hati dulu karena ada solusi yang bisa dicoba yaitu membangun model rumah tingkat.

Dengan model rumah tingkat, kamu bisa memiliki banyak ruang gerak di lahan yang terbatas serta menciptakan kesan hunian yang mewah. Masing-masing keluarga tentu memiliki model rumah tingkat impiannya sendiri. Ada yang ingin model rumah tingkat sederhana, minimalis, hingga futuristik.

Bagaimana dengan model rumah tingkat impian milik kamu dan keluarga? Apakah sudah menentukannya, atau jangan-jangan masih bingung ingin memiliki model rumah tingkat yang seperti apa? Bagi kamu yang masih bingung dan belum mendapatkan inspirasi, simak saja inspirasi model rumah tingkat impian keluarga persembahan saya berikut ini!

1. Model rumah tingkat dengan pemandangan alam

idesignarch.com

Sangat beruntung jika kamu bisa mendapatkan lahan untuk membangun rumah di kawasan yang masih sangat asri dan alami seperti di tengah perkebunan seperti ini. Area seperti ini sudah pasti bebas polusi udara dan suara.

Membangun hunian dengan model rumah tingkat seperti ini tidak hanya sekedar menghemat lahan, tapi juga memungkinkan seluruh anggota keluarga lebih mudah menikmati pemandangan alam dari ketinggian. Kebayang tidak betapa serunya bersantai dari balkon di pagi hari sambil menyeruput teh dan menyantap roti panggang atau menikmati langit penuh bintang pada malam hari?

2. Model rumah tingkat berbentuk bulat

curbed.com

Selama ini bentuk rumah yang selalu ada di benak kita adalah persegi panjang dengan atap menyerupai segitiga atau datar. Jika kamu menginginkan model rumah tingkat dengan tampilan yang beda dari rumah pada umumnya, cobalah untuk menggunakan model rumah tingkat berbentuk bulat seperti rumah yang satu ini.

Sekilas model rumah tingkat ini terlihat sepertiigloo atau rumah es yang ada di daerah Kutub. Bentuk atapnya yang membulat akan memberikan beberapa keuntungan seperti memudahkan perawatan karena jika turun hujan, air tidak akan tergenang di bagian atap dan merusak eksterior rumah. Jendela pada area lantai 2 juga bisa dimanfaatkan sebagai skylight di mana anggota keluarga bisa melihat keindahan langit tanpa perlu khawatir bisa diintip orang lain dari luar rumah.

3. Model rumah tingkat bergaya minimalis

pinterest.com

Model rumah tingkat berikutnya adalah model rumah yang paling sering diimpikan oleh masyarakat Indonesia. Model rumah ini didominasi dengan garis-garis tegas dan penggunaan material bahan bangunan yang umum seperti batu bata, batu alam, serta besi. Warnanya didominasi dengan warna netral seperti putih, hitam, dan abu-abu.

Dilengkapi dengan balkon dan garasi, model rumah tingkat minimalis ini bisa memanjakan penghuninya yang tinggal di perkotaan. Model rumah tingkat bergaya minimalis ini bisa bertahan cukup lama seiring berkembangnya zaman karena model rumah sederhana dan digemari banyak orang.

4. Model rumah tingkat bergaya modern dengan kolam renang

decoist.com

Model rumah tingkat juga bisa diterapkan jika kamu memiliki lahan terbatas namun ingin memiliki rumah dengan banyak kamar dan sebuah kolam renang. Contohnya seperti model rumah tingkat bergaya modern berikut ini. Area lantai 1 dan 2 dibuat memiliki jendela berukuran super besar supaya ruangan di dalamnya terlihat lebih luas dari ukuran aslinya. Agar sinar matahari tidak masuk ke dalam rumah secara berlebihan dan membuat silau, ada sebuah atap yang ukurannya lebih luas dari bangunan rumah.

Bagi kamu yang memiliki anak kecil, tidak ada salahnya memagari area kolam renang. Dengan demikian, resiko anak-anak mengalami kecelakaan di kolam renang akan lebih kecil karena mereka tidak bisa main sembarang tanpa pengawasan orang tua.

5. Model rumah tingkat bergaya Eropa

pinterest.com

Model rumah tingkat bergaya Eropa ini bagian eksteriornya didominasi oleh material batu alam berwarna gelap. Material ini membuat rumah terlihat lebih hangat dan nyaman. Penggunaan batu alam untuk eksterior rumah bergaya Eropa juga membuatnya lebih tahan lama dari serangan cuaca dan mudah dibersihkan. Penambahan penerangan tidak langsung pada area interior akan membuatnya terlihat lebih eksotis.

Meski tanpa balkon, penghuni model rumah tingkat ini tetap bisa menikmati pemandangan luar rumah berkat jendelanya yang berukuran besar.

6. Model rumah tingkat ala Jepang

freshpalace.com

Hampir di semua negara, rasanya ada saja orang yang membangun model rumah tingkat ala Jepang. Tidak heran jika model-model rumah Jepang seperti ini populer. Suasana model rumah ala Jepang selalu alami, asri, memberikan ketenangan bagi penghuninya, serta mudah dikombinasikan dengan sentuhan modern. Lihat saja inspirasi rumah yang satu ini, perpaduan model rumah ala Jepang tampak harmonis dengan sentuhan modern.

Material yang digunakan untuk membangun model rumah tingkat ala Jepang ini didominasi oleh kayu, bambu, dan batu yang mudah ditemukan di Indonesia. Jika memiliki lahan sisa, manfaatkan untuk membuat taman kering ala Jepang yang diisi dengan bebatuan dan pohon.

7. Model rumah tingkat yang simetris

pinterest.com

Bagi kebanyakan orang, memiliki rumah dengan bentuk simetris mungkin akan membosankan. Namun bagi orang yang menyukai kerapihan dan detail, model rumah tingkat seperti ini adalah hal yang sempurna. Mulai dari atap, jendela, dekorasi, tanaman hingga bentuk kolam pun dibuat simetris. Jika ingin memiliki model rumah tingkat seperti ini, kamu harus rajin merawat eksteriornya supaya tetap terlihat simetris, ya.

8. Model rumah tingkat bergaya Mediterania

pinterest.com

Model rumah tingkat bergaya Mediterania sangat cocok diterapkan di negara tropis seperti Indonesia, baik untuk rumah berukuran kecil atau pun besar. Desain arsitektur Mediterania juga sudah populer sejak tahun 1920 di Indonesia. Dindingnya yang cukup tebal berfungsi untuk menahan udara panas masuk ke dalam rumah pada siang hari, serta menahan udara dingin masuk ke dalam rumah pada malam hari.

Bagian eksterior model rumah ini didominasi dengan material batu alam yang memiliki warna terang nan hangat seperti kuning, oranye, krem, terakota, dan abu-abu. Untuk dekorasinya, model rumah bergaya Mediterania ini menggunakan ukiran atau ornamen khas Mediterania pada bagian pinggir dinding, bingkai jendela, bingkai pintu, pilar bangunan, balkon, pembatas tangga, dan pagar.

9. Model rumah tingkat dengan bentuk persegi

pinterest.com

Bagi kamu yang ingin rumah dengan nuansa modern atau futuristik, model rumah tingkat dengan bentuk persegi yang satu ini bisa jadi inspirasi. Bentuknya memang sederhana, yakni menggunakan kombinasi beberapa persegi yang sekaligus berfungsi sebagai pembatas area antar ruangan. Namun, pencahayaan yang tepat membuat rumah ini terlihat lebih elegan. Warna putih yang mendominasi model rumah tingkat ini pun berhasil membuatnya terlihat lebih modern.

Karena rumah dibuat bertingkat, kamu akan memiliki lahan sisa yang bisa dijadikan kolam renang atau taman bermain anak. Model rumah tingkat seperti ini mampu bertahan dalam waktu lama meski tren model rumah sudah berubah.

Dari 9 inspirasi model rumah tingkat ini, kami yakin ada satu yang mewakili keinginan kalian sekeluarga. Yang mana favoritmu?

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Ini Telah Tayang di dekoruma.com dengan Judul: 9 Inspirasi Model Rumah Tingkat Impian Keluarga

Editor: Antariksa Group

Bagikan :