Metode Meredam Beban Gempa Pada Struktur Gedung dengan Alat Pelesap Energi Gempa Uniaksial

ANTARIKSA – Kondisi geologi Indonesia yang berada pada daerah gempa tentu menjadi tantangan tersendiri untuk pada insinyur sipil dalam merancang sebuah bangunan. Berbagai metode perancangan bangunan tahan gempa kini menjadi salah satu fokus utama pengembangan ilmu teknik sipil di Indonesia.

Salah satu metode meredam beban gempa pada struktur gedung adalah alat pelesap energi gempa uniaksial yang analisis oleh Sindur P. Mangkoesoebroto dari ITB. Alat tersebut dimaksudkan untuk melindungi struktur bangunan gedung dari kerusakan yang berlebih pada saat kejadian gempa.

Energi gempa input pada struktur bangunan gedung direncanakan untuk dimusnahkan oleh alat yang merupakan bagian dari bresing tahan tekuk.

bresing

Bresing tersebut dipasang pada portal yang merupakan bagian dari rangka pemikul beban gempa. Alat dapat dipasang pada struktur bangunan gedung baru ataupun eksisting, tanpa memerlukan modifikasi signifikan.

Alat dibuat cukup ringkas demikian sehingga memudahkan perawatan, operasi, dan perbaikan bila diperlukan. Kini alat ciptaannya tersebut telah dipatenkan.

Artikel Ini Telah Tayang di belajarsipil.com dengan Judul: Alat Pelesap Energi Gempa Uniaksial

Editor: Antariksa Group

Bagikan :