Mempesona! Rumah Korea Tradisional Hanok

ANTARIKSA – Kalau sudah selesai menonton drama Korea, biasanya saya langsung ingin punya rumah bernuansa seperti rumah Korea yang terlihat simpel tapi tetap cantik. Apa kamu juga sama?

Kamu bisa kok meniru nuansa rumah Korea yang nyaman untuk diaplikasikan ke rumah kamu saat ini. Walaupun tidak berbeda jauh dengan nuansa rumah ala-ala negara Asia Timur lainnya seperti Jepang, rumah Korea cukup menarik untuk dijadikan sebagai inspirasi agar rumah kamu semakin nyaman dan menenangkan. Luasan rumah kamu kecil? Tidak perlu ragu! Kania punya 6 inspirasi rumah Korea untuk luasan mungil yang bisa kamu simak!

1. Rumah Hanok

booking.com

Rumah Hanok merupakan rumah Korea yang tergolong tradisional. Rumah Korea ini cukup khas, mulai dari bentuk, material dan warnanya, terutama pada atapnya. Jenis rumah Korea seperti ini bisa diterapkan pada luasan tanah yang terbatas karena pada dasarnya rumah Hanok tidak memakan banyak lahan.

Hal yang menarik dari rumah Korea berjenis Hanok adalah rumah tersebut memiliki ciri yang khas namun serasi dengan lingkungan sekitarnya sehingga tidak terlalu mencolok.

airvan.kr

Bila kamu rasa atap rumah Korea seperti Hanok cukup rumit, kamu tetap bisa meniru rumah Korea dari aspek Hanok yang lain, misalnya sebagian besar bangunan menggunakan bahan seperti kayu, terutama pada tiangnya, atau dinding rumah dengan finishing yang mirip seperti kertas.

Biasanya dinding yang terdapat pada Hanok menggunakan lapisan kertas yang bernama hanji. Ciptakan suasana yang hangat agar rumah Korea yang kamu ingin wujudkan semakin nyaman seperti yang kamu tonton di drama Korea.

2. Alternatif dari Rumah Hanok yang Lebih Simpel

Jika kamu merasa bahwa rumah Hanok cukup sulit untuk diterapkan, atau tidak cukup sesuai dengan bangunan yang sudah ada, kamu tidak perlu bingung untuk mewujudkan rumah Korea yang kamu inginkan.

Hal yang menarik dari rumah Korea dengan model Hanok adalah kamu tetap bisa mecampurnya dengan gaya desain rumah modern, sehingga tampilan rumah Hanok bisa disederhanakan namun tetap mencerminkan rumah Korea. Menarik, bukan?

pinterest.com

Misalnya saja dari rumah Korea seperti ini. Bentuknya simpel, namun rumah Korea ini tetap mencirikan Hanok, karena terlihat dari bentuk jendela yang digunakan. Selain itu, pemilihan warna bangunan rumah Korea serta desain interior yang juga memiliki kemiripan dengan Hanok. Aspek-aspek tersebut serta detail-detail simpel bisa saja kamu terapkan untuk hunian khas rumah Korea untukmu.

3. Rumah Korea yang Minimalis

Konsep minimalis tidak akan pernah salah jika kamu ingin membangun rumah di tanah yang tidak luas. Konsep minimalis cukup mudah untuk dipadukan dengan gaya lain, entah kamu ingin memadukan rumah Korea minimalis yang akan dibangun dengan nuansa natural ataupun modern (atau bahkan keduanya), kamu bisa saja mewujudkannya sesuai dengan preferensi kamu.

dezeen.com

Rumah Korea yang minimalis bisa diterapkan mulai dari pemilihan materialnya. Pilihlah material dengan finishing yang sederhana. Kayu-kayuan tidak pernah salah untuk membangun rumah Korea impianmu. Kamu tidak perlu menggunakan ornamen yang berlebihan agar rumah Korea kamu tidak terasa semakin sempit.

4. Paduan Rumah Korea dengan Gaya Modern

pinterest.com

Bila kamu ingin menunjukkan aksen yang cukup elegan dan bergaya masa kini tanpa terlihat berlebihan pada rumah Korea yang akan kamu wujudkan, kamu bisa padukan gaya rumah Korea dengan gaya modern, tanpa terlihat aneh, lho. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada dasarnya budaya Korea adalah minimalis, sehingga cukup tepat bisa unsur-unsur modern disisipkan pada desain rumah Korea.

Penerapannya bisa dari berbagai hal, misal fasad rumah atau fasad bangunan yang jauh lebih simpel dari rumah Korea yang tradisional namun masih ada kesan hangat khas rumah Korea.

pinterest.com

Pemilihan furnitur yang simpel juga biasanya cocok dengan gaya khas rumah Korea, kok. Buat semuanya menjadi sederhana dan rapi agar cukup elegan dengan gaya modern yang diterapkan. Desain jendela minimalis yang besar, pencahayaan yang terang, sudut berbagai ruang yang rapi adalah beberapa contoh detail untuk menerapkan gaya modern tersebut.

5. Penggunaan Furnitur yang Minim

daum.net

Jika kamu perhatikan drama Korea dengan cukup detail, kamu akan menemukan fakta bahwa rumah Korea tidak menggunakan furnitur yang berlebihan. Coba perhatikan saja, misalnya pada ruang makan. Pada area tersebut hanya ada meja dengan kaki yang rendah serta alas duduk seperti bantalan yang tipis.

Benar, bantalan tipis tersebut menjadi kursi lesehan karena kursi pun cukup memakan banyak tempat, mengingat perbandingan ukurannya yang amat jauh. Bantalan tipis tersebut memang sesuai dengan table manner khas orang Korea di rumah yang biasanya dengan duduk bersila.

pinterest.com

Contoh lain di ruangan yang menggunakan furnitur minim pada rumah Korea adalah desain kamar tidur. Cukup gunakan kasur dengan dipan yang rendah dan sederhana atau justru langsung berupa kasur lantai. Kasur berwarna krem cocok untuk dipadukan dengan dipan kayu. Tanpa dipan? Tidak masalah, kok. Justru banyak kamar-kamar pada rumah Korea yang tidak menggunakan dipan. Cukup letakkan kasur pada lantai kayu, dan voila! Kamar kamu juga terasa seperti di drama Korea.

6. Warna yang Tenang dan Hangat Juga Penting

Apapun perpaduan gaya yang kamu inginkan untuk mendesain rumah Korea andalan kamu, pemilihan warna sesuai preferensi kamu cukup krusial. Hindari pemilihan warna yang dingin karena akan jauh dari kesan rumah Korea.

Pilih warna-warna yang hangat dan terlihat menenangkan seperti krem dan coklat. Boleh saja bila kamu memilih monokrom hitam dan putih, namun tetap perhatikan paduannya dengan warna-warna hangat tersebut.

pinterest.com

Pilihan warna bisa diaplikasikan pada material bangunan, furnitur, hingga dekorasi pada rumah. Warna yang terang juga bisa membuat rumah kamu terkesan luang. Misalnya warna cat rumah yang terang, atau warna yang sebagian besar berwarna putih gading namun di beberapa sudut ruangan menggunakan warna kayu. Terapkan warna gelap hanya di beberapa detail interior yang kecil agar ruangan tidak terasa sempit.

Membuat rumah kamu agar terasa seperti rumah Korea tidak sesulit yang kamu bayangkan, kok.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Ini Telah Tayang di dekoruma.com dengan Judul: Mengenal Hanok, Rumah Korea Tradisional yang Mempesona!

Editor: Antariksa Group

Bagikan :