Lantai Tegel yang Unik Jadi Gaya Masa Kini Tren Para Bangsawan

ANTARIKSA – Desain klasik memang nggak pernah dimakan zaman. Gaya klasik desain vintage memiliki penggemarnya tersendiri. Bahkan gaya klasik disebut tren masa kini karena banyak diadopsi oleh generasi masa kini.

Untuk mengadopsi rumah bernuansa klasik, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Salah satunya, kamu bisa mengaplikasikan lantai tegel yang identik dengan motif dan pola khas vintage yang populer digunakan pada tahun 1980-an.

Nah, apakah kamu penasaran dengan lantai tegel? Yuk, simak pembahasan detail dari saya mengenai lantai tegel berikut!

Lantai Tegel Awet dan Tahan Lama

Lantai Tegelgoogle.com

Dibandingkan dengan jenis ubin lain, lantai tegel perawatannya mudah. Memiliki ketahanan yang sangat baik, lantai tegel tidak menyerap air sehingga bisa digunakan dalam jangka panjang. Selain itu, permukaan lantai tegel yang tidak licin membuatnya bisa digunakan di berbagai jenis ruangan.

Motif Kuno Paling Estetik

Meskipun populer di Indonesia pada tahun 1980-an, lantai tegel merupakan motif dekoratif kuno yang telah eksis sejak abad ke-13. Lantai bermotif unik ini memiliki sejarah panjang. Lantai tegel didatangkan dari Portugal dan Spanyol dengan sebutan Azulejo.

Lantai Tegel Unikgoogle.com

Sejarah lantai tegel di Indonesia berhubungan dengan pabrik pengrajin lantai ubin bernama Tegel & Beton Kunci di Pulau Jawa yang didirikan oleh warga Belanda. Pada zaman dulu, lantai tegel pun digunakan oleh kalangan bangsawan bahkan di lingkungan Keraton Yogyakarta karena kualitas yang bagus dan memiliki nilai estetika tinggi.

Harganya Terjangkau

Lantai Tegel Hargagoogle.com

Selain motif, pertimbangan lain dari penggunaan lantai tegel adalah harga yang sangat ekonomis ketimbang lantai dengan bahan granit atau marmer. Umumnya, lantai tegel polos hingga aneka motif dijual dengan harga mulai Rp6.000 per buah.

Sementara itu, pilihan motif tertentu yang terdiri dari beberapa macam warna dijual mulai Rp11.000 per buah. Jika ingin lebih murah, kamu bisa membeli lantai tegel dalam dus yang terdiri dari 25 lantai dengan motif yang bisa disesuaikan menurut konsep dekor hunian pilihanmu.

Tips Memilih Lantai Tegel

Keindahan harus diutamakan saat melakukan dekorasi hunian. Perhatikan tampilan akhir ruangan sebelum memasang lantai tegel dengan mempertimbangkan ukuran, warna dan tekstur, dan pilihan desain lantai agar sesuai dengan konsep ruangan yang diinginkan.

Memilih Lantai Tagelpinterest.com

Untuk ukuran, lantai tegel yang umum tersedia di pasaran memiliki luas 20 × 20 cm dan 30 × 30 cm. Sementara itu, warna lantai tegel bisa kamu sesuaikan menurut ruangan, misalnya penggunaan lantai tegel dengan warna terang untuk diaplikasikan di ruangan gelap dengan interior rumah serba hitam dan tidak terkena sinar matahari, karena bisa memberikan efek lebih terang pada ruangan.

Pemasangan Lantai Tegel

Jika ukuran, warna, motif dan tekstur dari lantai tegel sudah kamu temukan, langkah selanjutnya adalah memasangnya. Untuk memperoleh hasil maksimal, baiknya kamu merendam lantai tegel kira-kira 10 menit sebelum memasangnya. Langkah ini dilakukan supaya lantai tegel menyatu pada plesteran.

Pasang Lantai Tegelgoogle.com

Untuk menghemat waktu pemasangan lantai tegel, kamu bisa menggunakan semen instan yang hanya memiliki ukuran sebesar 0,5 cm saja. Saat memasangnya, ketuk bagian permukaan menggunakan nut berwarna senada supaya penutup lantai tegel bisa menyatu dengan plester. Agar semakin sempurna, lakukan proses diskristalisasi dan semir sehingga tampilannya makin mengkilap.

Semoga bermanfaat.

Artikel Ini Telah Tayang di dekoruma.com dengan Judul: Uniknya Lantai Tegel, Tren Para Bangsawan untuk Gaya Masa Kini

Editor: Antariksa Group

Bagikan :