Konsep Interior Modern Kaca Nako dan Pengaplikasiannya

ANTARIKSA – Masih ingat kapan kali terakhir kamu melihat kaca nako? Mungkin benak kamu akan melayang ke rumah masa kecil atau bangunan jadul dengan jendela bertingkap atau bersusun dalam berbagai jumlah tertentu. Kaca nako memang identik dengan hal demikian, karena eksistensinya yang sudah hadir sebagai elemen rumah sejak lama. Nah, kali ini Kania ingin mengajak kalian untuk memahami kaca nako lebih dalam, plus aplikasinya yang bervariasi di konsep interior modern. Telusuri bareng yuk!

Privasi, Kontrol Sinar dan Ventilasi: Sejarah Kaca Nako

Kaca nako adalah solusi penutup daun jendela yang sebenarnya sangat efektif. Sejarahnya, kaca nako memang diciptakan dalam bentuk landai secara horizontal sejak pertengahan zaman dahulu. Ditempatkan sebagai bagian dari atap atau jendela rumah bagian dapur, kaca nako pada masa itu terbuat dari kayu supaya ampuh melindungi dari hujan dan salju, sekaligus memberi celah udara agar ventilasi ruangan lebih baik.

Konstruksi kaca nako kuno akhirnya semakin berkembang dengan bahan-bahan lain, seperti liat dan gelas, hingga akhirnya dilengkapi dengan tuas atau penarik yang memudahkan buka tutup kaca nako. Kaca nako juga kian berkembang hingga sudah dilengkapi dengan tuas metal dan dioperasikan dengan mesin untuk kemudahan rutinitas sehari-hari.

Manfaat Aplikasi Kaca Nako Di Interior Modern

Dibandingkan dengan kaca jendela biasanya, kaca nako punya keunggulan dan pastinya, kekurangan tersendiri. Namun dari segi estetika, ada kesan tertentu dari kaca nako yang tentunya mudah melekat pada nuansa vintageĀ atau perumahan ala negara tropis. Dipantau dari segi manfaat kaca nako, berikut beberapa hal yang wajib menjadi pertimbangan pemakaiannya:

1. Memaksimalkan Ventilasi Natural

Kaca Nako Ventilasi Naturalgoogle.com

Desain kaca nako modern bisa diatur sedemikian rupa sehingga terbuka secara praktis dan memberikan ventilasi paling maksimal. Dengan aplikasi kaca nako yang tepat, jalur udara pasif dari luar bisa mengalir secara leluasa. Hasilnya? Kamu bakal bisa meminimalisir kebutuhan pemakaian pendingin ruangan.

2. Kompatibilitas Mudah

Kaca Nako Kompatibilitas Mudahgreenmagazine.com

Desain kaca nako juga menawarkan fleksibilitas yang mudah disesuaikan dengan bentuk dan ukuran jendela atau rongga interior tertentu. Bentuknya yang universal juga memudahkan pemasangan yang cocok dengan berbagai tema desain interior loh.

3. Cocok untuk Area Rumit

Kaca Nako Area Rumitpinterest.com

Kaca nako bisa kamu hadirkan di sudut rumah ataupun bagian yang lebih tinggi tanpa harus repot memikirkan buka tutupnya. Pembukaan kaca nako bisa disetel sedemikian rupa sehingga kamu tinggal membuka tutup dengan tuas atau penarik tertentu.

Kaca nako seringnya hadir di dapur, teras, ataupun kamar mandi, karena memang kedua ruangan ini yang lebih sering berurusan dengan aliran udara dan bau tertentu. Daripada repot memasang unit ventilasi, kaca nako bisa ditempatkan di bagian atas sebagai jalur keluar masuk udara paling praktis dan hemat.

4. Pilihan Material Yang Luas

Material Kaca Nakorylock.com

Bicara soal kaca nako, kamu bisa memilih berbagai jenis kaca pendamping dimulai dari yang paling bening transparan hingga diberi warna atau model jendela kaca patri yang buram untuk urusan privasi yang lebih nyaman. Kaca nako juga mudah disesuaikan dari sudut kemiringan tertentu, sehingga kamu tetap bisa merasa aman dan nyaman sembari menikmati aliran udara luar yang segar.

5. Mudah Dibersihkan

Kaca Nako Mudah Dibersihkanalamy.com

Tidak ada bedanya membersihkan kaca nako dengan jenis kaca datar lainnya, karena proses perawatan dan pembersihannya sebenarnya sama saja. Mengelap secara keseluruhan baik dari luar maupun dalam bisa dilakukan langsung di dalam ruangan rumah, tanpa harus repot menggapai bagian luar sama sekali.

Artikel Ini Telah Tayang di dekoruma.com dengan Judul: Apa Itu Kaca Nako? Yuk, Simak Pengaplikasiannya untuk Hunian!

Editor: Antariksa Group

Bagikan :