Indonesia Website Awards

Komponen Komunikasi Beserta Unsur-Unsurnya

antariksagroup.com – Komunikasi merupakan suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Komunikasi sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, untuk mendapat informasi, memberi instruksi, memberi sugesti, memberi pendapat, dan lain sebagainya.

Pada umumnya komunikasi dilakukan secara verbal, bisa lewat kata-kata (lisan) atau lewat teks (tulisan). Namun komunikasi juga bisa dilakukan non-verbal lewat bahasa tubuh dan gerak isyarat. Faktanya juga ada beberapa jenis-jenis komunikasi yang lain, seperti komunikasi langsung dan tidak langsung, komunikasi formal dan non-formal, komunikasi 1 arah dan 2 arah, dan lain sebagainya.

Ciri-ciri komunikasi antara lain harus dilakukan oleh 2 (dua) orang atau lebih serta memiliki maksud dan tujuan yang ingin dicapai dalam proses komunikasi tersebut. Selain itu terdapat teori tentang prinsip-prinsip komunikasi, di antaranya menyatakan bahwa komunikasi adalah sebuah proses simbolik serta terjadi dalam konteks ruang dan waktu.

Proses komunikasi juga memiliki unsur-unsur tertentu, yang memungkinkan terjadinya komunikasi di masyarakat. Komponen komunikasi ini juga melibatkan orang yang mengirim pesan (komunikator) serta orang yang mendapatkan pesan (komunikan). Selain itu juga terdapat unsur-unsur komunikasi yang lainnya.

Komponen Komunikasi

Berikut ini akan dijelaskan apa saja unsur-unsur komunikasi dan komponen-komponennya beserta penjelasannya secara lengkap.

  1. Komunikator (Sender)

Komponen komunikasi yang pertama adalah pihak pengirim pesan atau disebut juga komunikator atau sender. Komunikator mengirimkan pesan yang ia sampaikan kepada pihak penerima pesan.

  1. Pesan (Message)

Pesan atau message merupakan isi atau informasi yang ingin disampaikan oleh pihak pengirim pesan pada penerima pesan. Pesan yang disampaikan bisa berupa informasi, pertanyaan, instruksi, atau maksud lain yang disampaikan pada penerima pesan.

  1. Saluran (Channel)

Saluran atau channel merupakan sarana atau media dimana pesan disampaikan kepada pihak penerima pesan. Dalam komunikasi pribadi dengan tatap muka, saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada atau suara. Saluran komunikasi lain bisa lewat telepon, sosial media, internet, dan sebagainya.

  1. Komunikan (Receiver)

Komponen komunikasi selanjutnya adalah orang yang menerima pesan, biasa juga disebut komunikan atau receiver. Pihak penerima pesan akan mendapatkan pesan yang dikirim oleh pihak pengirim pesan atau komunikator.

  1. Umpan Balik (Feedback)

Dalam sebuah komunikasi, juga terdapat umpan balik atau feedback yang diberikan. Umpan balik merupakan bentuk tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan atau informasi yang telah disampaikan.

  1. Protokol

Komponen komunikasi yang terakhir adalah protokol. Yang dimaksud protokol pada proses komunikasi diartikan sebagai aturan-aturan yang telah disepakati oleh para pelaku komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu akan dijalankan.

Demikian informasi artikel mengenai komponen komunikasi beserta unsur-unsur dan penjelasannya lengkap. Semoga bisa menambah wawasan para pembaca.

Artikel ini telah rilis di seluncur.id dengan judul 6+ Komponen Komunikasi Beserta Unsur-Unsur dan Penjelasannya.

Editor : Tim Redaksi

Bagikan :