Kenali Unsur-Unsur Komunikasi Dalam Bisnis

Pengertian komunikasi adalah penyampaian pesan dengan bertukar pikiran atau informasi melalui ucapan, visual, kode, tulisan, atau gerak tubuh. Komunikasi membutuhkan tiga unsur utama yang terdiri dari pengirim, pesan, dan penerima. Adapun unsur-unsur komunikasi lainnya plus masing-masing penjelasannya silahkan simak pada penjelasan berikut.

Unsur-Unsur Komunikasi

Meski terkesan sederhana, komunikasi sebenarnya cukup kompleks dan memiliki sejumlah komponen, yang terdiri dari tujuh poin berikut ini:

1.     Sumber / Narasumber

Sumber adalah orang yang ingin menyampaikan pesan dengan maksud menyampaikan informasi atau ide kepada orang lain. Sebutan lain untuk unsur ini adalah komunikator atau pengirim pesan. Sumber dimulai dengan menentukan pesannya terlebih dahulu (apa yang harus dikatakan dan bagaimana mengatakannya).

Langkah kedua melibatkan pengkodean pesan dengan memilih urutan yang benar atau kata-kata yang sempurna untuk menyampaikan makna yang dimaksudkan. Langkah ketiga adalah mempresentasikan atau mengirimkan informasi / pesan kepada penerima pesan.

Pesan tersebut dapat disampaikan melalui nada suara, bahasa tubuh, atau bahkan model/warna pakaian. Terakhir, narasumber mengamati reaksi audiens untuk mengetahui seberapa baik audiens menerima pesan dan menanggapinya.

2.     Pesan / Informasi

Pesan adalah pokok bahasan komunikasi yang ingin disampaikan oleh pengirim kepada penerima. Pesan ini bisa berupa pendapat, sikap, perasaan, pandangan, perintah, atau saran, yang bisa disampaikan dalam bentuk lisan atau tulisan.

3.     Media

Media adalah sarana yang digunakan untuk mengirimkan pesan, bisa bersifat formal atau informal, dan bisa berupa lisan atau tulisan. Contoh media lisan adalah percakapan tatap muka, pidato, obrolan di telepon, voice note, radio, dan lagu. Sedangkan media tertulis bisa berupa surat, memorandum, pesanan pembelian, faktur, koran, majalah, blog, email, pesan teks, tweet, dan sebagainya.

4.     Penerima

Penerima adalah orang yang menerima pesan atau untuk siapa pesan tersebut dimaksudkan. Penerimalah yang mencoba memahami pesan dengan cara sebaik mungkin dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

5.     Feedback

Feedback adalah proses untuk memastikan bahwa penerima telah menerima pesan dan memahaminya sesuai dengan yang dimaksudkan pengirim. Feedback bisa berupa teks, lisan, atau tindakan. Feedback juga memberikan kesempatan bagi penerima pesan untuk meminta klarifikasi, menyampaikan persetujuan/menolak, atau memberikan saran kepada pengirim untuk membuat pesan lebih menarik.

6.     Lingkungan Hidup

Lingkungan adalah ruang tempat Anda mengirim dan menerima pesan. Jika Anda melihat sekilas ke sekeliling ruangan Anda, lingkungan Anda dapat mencakup meja, kursi, lampu, komputer yang Anda gunakan, dan sebagainya. Ruangan itu sendiri adalah contoh lingkungan.

Lingkungan juga dapat berupa sesuatu yang Anda kenakan, misalnya pakaian, yang menunjukkan bahwa diskusi yang akan Anda lakukan bersifat formal, santai, atau semi-formal.

7.     Noise

Noise atau disebut juga dengan kebisingan/gangguan adalah hal apapun yang bisa menyebabkan pesan berubah makna atau bahkan tidak bisa sampai ke penerima. Contohnya adalah saat Anda mengobrol dengan teman sambil naik sepeda motor.

Kemungkinan besar lingkungan Anda dikelilingi oleh kebisingan (klakson mobil, papan reklame di sepanjang jalan, orang yang menyeberang jalan, pengendara lain, dsb) yang membuat Anda dan teman Anda tidak fokus pada obrolan dan membuat pesan tidak terdengar jelas atau mungkin berubah makna.

Ada juga jenis kebisingan psikologis, yaitu sesuatu yang mengganggu pikiran Anda sehingga Anda kurang fokus saat mendengar atau membaca pesan. Misalnya, Anda sedang memikirkan masalah pribadi saat teman kantor mempresentasikan suatu proyek, sehingga Anda tidak fokus pada pesan yang disampaikan.

Noise juga bisa datang dari sumber lain, seperti saat Anda merasa lapar, lelah setelah berolahraga, sedang berada di ruangan yang panas, berada di tempat yang sangat dingin, dan sebagainya.

Komunikasi Dalam Bisnis

Komunikasi bisnis adalah proses berbagi informasi antara orang-orang di dalam dan di luar perusahaan, mulai dari karyawan hingga CEO. Komunikasi bisnis yang efektif adalah saat karyawan dan manajemen dapat berinteraksi dengan baik untuk mencapai tujuan organisasi.

Unsur-unsur komunikasi bisnis sama dengan komunikasi pada umumnya, yaitu tujun poin pada penjelasan sebelumnya. Sedangkan jenis komunikasi bisnis bisa berupa:

  • Komunikasi lisan: percakapan yang Anda lakukan dengan karyawan, teman kantor, atau klien sambil bertatap muka di kantor, baik secara formal maupun informal. Contohnya adalah presentasi dan meeting.
  • Komunikasi nonverbal: komunikasi yang dilakukan dengan bahasa tubuh dan ekspresi wajah.
  • Komunikasi tertulis dan elektronik: menyampaikan pesan lewat tulisan, seperti laporan dan dokumen resmi, papan pengumuman, komunikasi berbasis web, survey, agenda / jadwal kegiatan, dan sebagainya.

Adapun tujuan dari komunikasi bisnis adalah:

  • Memberikan / mendapat informasi terkait bisnis
  • Mengurangi kesalahan terkait bisnis
  • Membantu sosialisasi bisnis
  • Menyajikan opsi / ide bisnis baru
  • Membuat rencana dan proposal
  • Mengontrol perilaku dan tindakan karyawan dalam suatu organisasi
  • Mencapai kesepakatan
  • Mengirim dan memenuhi pesanan
  • Melakukan penjualan
  • Pertemuan untuk kerjasama
  • Meningkatkan produktivitas karyawan
  • Meningkatkan komunikasi antar departemen / divisi
  • Membangun budaya lingkungan kerja yang lebih baik
  • Membangun tim yang solid
  • Mendorong karyawan untuk mencapai visi perusahaan
  • Meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan
  • Membantu menegakkan aturan perusahaan

Agar komunikasi dalam bisnis Anda semakin lancar, anda perlu memiliki website sebagai media untuk menyampaikan berbagai pesan kepada para pendengar. Website bisa menjadi media komunikasi yang bisa diandalkan untuk berbagai keperluan.

Artikel ini telah tayang juga di qwords.com dengan judul Mengenal Unsur-Unsur Komunikasi Dalam Bisnis

Editor : Tim Redaksi

 

Bagikan :