Indonesia Website Awards

Kelebihan dan Kekurangan Pintu PVC pada Kamar Mandi

ANTARIKSA – Memilih pintu untuk ruangan di rumah sebaiknya tidak hanya berdasarkan desainnya, melainkan juga materialnya yang justru harus diutamakan. Pada dasarnya, masing-masing material pintu memiliki peran tersendiri terhadap kondisi ruangannya, misalnya saja kamar mandi. Area yang selalu basah dan lembap ini paling pas menggunakan pintu PVC atau Polyvinyl Chloride.Namun, sebelum kamu mulai memilih pintu PVC, simak dulu yuk kelebihan dan kekurangan pintu PVC untuk kamar mandi dari saya berikut ini!

Pintu PVC Anti Karat dan Anti Lapuk

pintu pvc bersifat anti karatapartmentratings.com

Kondisi kamar mandi yang basah dapat mempercepat proses pelapukan pada material kayu dan karat pada logamĀ atauĀ material besi. Oleh karena itu, penggunaan pintu PVC adalah solusi terbaik. Hal ini karena pintu PVC memiliki material yang menyerupai plastik yang pastinya anti karat dan lapuk. Apabila sering terkena cipratan air, pintu PVC ini tetap awet dalam hitungan tahun. Tak hanya itu, pintu PVC ini juga anti rayap karena material ini tidak disukai oleh rayap.

Pintu PVC mungkin terlihat ringkih dari penampilan. Meski demikian, kekuatannya dapat diandalkan karena memiliki sifat yang sedikit lentur. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir pintu PVC akan patah saat dibuka-tutup berkali-kali.

Pemasangan Pintu PVC Sangat Mudah

kumpulan model pintu pvc yang berjejer di tembokfacebook.com

Pintu PVC memiliki bobot yang paling ringan dibandingkan dengan material pintu kamar mandi lainnya. Hal ini membuat pintu PVC lebih mudah dipasang dan diangkut. Dengan demikian, kamu jadi bisa lebih hemat budget dalam pemasangan pintu PVC karena tidak perlu menggunakan jasa tukang. Kamu bisa turun tangan untuk mengangkut dan memasangnya sendiri.

Pintu PVC Mudah Dibersihkan

5 kain lap warna-warni untuk membersihkan pintu pvcpixabay.com

Semua jenis pintu perlu dibersihkan secara berkala untuk memperpanjang usia dan menjaga tampilannya. Nah, jika kamu menggunakan pintu PVC, kamu tidak akan kerepotan saat membersihkannya karena pintu PVC sangat mudah dibersihkan, baik hanya karena debu ataupun noda.

Untuk membersihkan pintu PVC, kamu cukup menyiapkan air, sabun, dan kain lap. Berbeda dengan pintu kayu dan logam yang perlu menggunakan bahan pembersih khusus. Untuk perawatan pintu PVC ini, kamu hanya perlu menyingkirkan debu dengan kain atau kemoceng.

Ada Banyak Pilihan Desain Pintu PVC

macam-macam pilihan desain pintu pvcinvilonsagita.com

Pintu PVC dibuat dengan alat cetak khusus yang berteknologi tinggi. Hasilnya, ada banyak pilihan desain pintu PVC yang bisa kamu sesuaikan dengan konsep rumah dan selera masing-masing. Ada yang desainnya minimalis, bergambar, hingga yang lengkap dengan cermin. Tak hanya itu, warna pintu PVC pun sangat beragam. Sebagai informasi tambahan, hampir semua desain pintu PVC dilengkapi dengan lubang sirkulasi udara sehingga area kamar mandi pun bebas bau dan pengap.

Harga Pintu PVC Murah

deretan pintu pvc warna-warnicarousell.com

Harga pintu PVC tergolong murah karena bahan bakunya selalu tersedia dan diproduksi secara massal. Rentang harganya berkisar dari Rp 200.000 hingga Rp 600.000. Harga tersebut tergantung dari desain dan dekorasi yang dimiliki pintu PVC. Selain itu, biaya perawatan juga bisa ditekan karena dapat dilakukan sendiri dengan bahan dan alat pembersih biasa.

Pintu PVC Tidak Ramah Lingkungan

cerobong pabrik pintu pvc yang mengeluarkan asap menggumpalshutterstock.com

Material pintu PVC yang tergolong sebagai polimer plastik ini ternyata tidak ramah lingkungan. Materialnya sulit didaur ulang dan proses produksi pintu PVC juga melepaskan sejumlah zat kimia yang berbahaya bagi udara, air, dan tanah di sekitarnya.

Tak hanya berbahaya bagi lingkungan, material PVC juga berbahaya bagi kesehatan penghuni. Hal ini karena material pintu PVC ini sanggup melepaskan VOC (Volatile Organic Compounds) ke udara. Dengan demikian, pengguna yang tidak memiliki toleran kesehatan terhadap VOC akan berpeluang mengidap alergi saat menggunakan pintu PVC.

Pintu PVC Tidak Cocok untuk Luar Ruangan

toilet umum menggunakan pintu pvcflickr.com

Pada beberapa rumah, ada kamar mandi yang letaknya di luar ruangan. Kondisi kamar mandi seperti ini tidak cocok menggunakan pintu PVC. Hal ini karena paparan sinar matahari secara terus-menerus dapat membuat pintu mengalami degradasi. Warna pada pintu PVC pun bisa lebih cepat pudar sehingga mengurangi nilai estetika.

Selain itu, suhu udara yang panas di luar ruangan juga dapat memperpendek usia pemakaian pintu PVC. Materialnya akan lebih mudah memuai yang dapat menyebabkan pintu PVC retak dan jadi sulit dibuka-tutup.

Demikianlah kelebihan dan kekurangan pintu PVC untuk kamar mandi yang perlu kamu ketahui. Setelah kamu memantapkan pertimbangan untuk menggunakan pintu PVC ini, silakan tentukan desain pintu yang sesuai dengan konsep rumah atau seleramu.

Artikel Ini Telah Tayang di dekoruma.com dengan Judul: Plus Minus Memakai Pintu PVC untuk Kamar Mandi

Editor: Antariksa Group

Bagikan :