Kelebihan dan Kekurangan GRC Sebagai Material Bangunan

ANTARIKSA – Material GRC (Glass Reinforced Concrete) merupakan salah satu bahan material pembangunan yang kuat dan tahan panas juga lembab.

Dalam artikel ini akan kami ulas mengenai kelebihan dan kekurangan GRC (Glass Reinforced Concrete) sebagai material pembangunan

Sudahkah Anda tahu mengenai material GRC (Glass Reinforced Concrete) yang banyak digunakan sebagai material bangunan? GRC menjadi salah satu inovasi yang diciptakan dari beton yang kemudian diperkuat dengan serat.

Pengertian Material GRC (Glass Reinforced Concrete)

GRC merupakan produk yang berasal dari campuran beton dan juga serat kaca. Material yang satu ini biasanya dibuat dari serat kaca dengan daya tahan yang tinggi serta tahan alkali. Material tersebut selanjutnya dicampur dengan campuran semen seperti halnya beton dan campuran yang lain.

GRC menawarkan daya tahan yang tangguh dan tahan lama saat digunakan. GRC mulai dikembangkan pada tahun 1960an yang kemudian dijadikan sebagai alternatif beton yang diperkuat dengan baja.

Kelebihan Material GRC (Glass Reinforced Concrete)

Lantas apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh jenis material yang satu ini? Dibandingkan dengan bahan yang lainnya, GRC merupakan bahan bangunan dengan banyak kelebihan, seperti yang berikut ini.

  1. Tahan terhadap cuaca GRC tahan terhadap cuaca, entah cuaca panas dan juga lembab
  2. Bobot yang ringan Bobot GRC juga ringan, sehingga  tidak membebani struktural pada suatu bangunan
  3.  Aman digunakan Kelebihan yang satu ini membuat penghuni rumah merasa lebih aman dan nyaman karena produk yang tidak mudah terbakar
  4. Awet digunakan Material yang satu ini juga tidak mengalami pembusukan, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama
  5. Mudah dirawat Anda tidak perlu khawatir, karena biaya untuk merawat jenis material yang satu relatif mudah dan murah
  6. Pemasangannya cepat à Material yang satu ini lebih efisien untuk dipasang, sehingga lebih hemat waktu dan juga tenaga. Dengan demikian, biaya upah yang harus dibayarkan kepada tukang juga akan lebih hemat
  7. Fleksibel digunakan Produk GRC ini mudah untuk dibentuk karena bisa ditekuk juga dilengkungkan. Alhasil, pengerjaannya juga bisa dilakukan secara lebih praktis
  8. Permukaan halus hasil akhir dari pemasangan produk yang satu ini juga mudah dan rapi. Dengan hasil yang rapi, GRC cocok untuk keperluan eksterior dan juga interior
  9. Lebih bersih Pengerjaan menggunakan produk GRC lebih bersih dan tidak membuat kotor lokasi proyek

Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan, tidak heran jika produk yang satu ini menjadi incaran untuk banyak konstruksi bangunan. GRC juga bisa digunakan untuk membuat fondasi bangunan supaya lebih ekonomis dan ramah lingkungan.

Kelemahan Material GRC untuk Pembangunan

Tidak hanya menawarkan kelebihan, material yang satu ini juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu diketahui. Berikut ini adalah beberapa kelemahan yang dimaksud.

  • Harus melalui pabrik. Pembuatannya tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena sulit dibuat manual tanpa adanya ahli yang handal
  • Harga lebih mahal. Harga material ini juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan beton konvensional. Dalam hal ini, Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk bisa mendapatkan jenis material GRC (Glass Reinforced Concrete)

Selain kelemahan di atas, kelemahan lainnya dari material GRC adalah tidak bisa dibuat secara custom. Tidak hanya itu, namun beberapa tempat di tanah air, juga belum tersedia jenis bahan yang satu ini.

Dengan mengetahui kelebihan juga kekurangan di atas, diharapkan jika Anda bisa semakin bijak untuk memilih material yang akan digunakan nantinya.

Aplikasi Material GRC (Glass Reinforced Concrete)

Penggunaan material GRC sendiri bisa digunakan untuk berbagai jenis bangunan. Bisa dijadikan sebagai material untuk pembuatan hunian pribadi mulai dari bingkai jendela, papan dekoratif, tiang rumah, atau bahkan fondasi untuk lantai.

Material yang satu ini juga bisa dimanfaatkan sebagai panel dinding hingga penahan eksterior. Cocok juga untuk dijadikan sebagai furniture interior seperti halnya pembuatan wastafel hingga bak mandi, sesuai dengan kebutuhan.

Material GRC cocok pula untuk dijadikan sebagai material jenis bangunan umum, seperti halnya taman dan gedung. Penggunaan GRC yang tidak mudah terbakar, membuat material ini dianggap aman dari bencana alam.

Bagi Anda yang ingin menggunakan material tahan api, tahan lembab, dan juga ringan, maka material GRC (Glass Reinforced Concrete) bisa dijadikan sebagai pilihan. Apalagi, perawatan dari produk ini juga mudah dilakukan, sehingga menguntungkan bagi para penghuni bangunan.

Artikel Ini Telah Tayang di solusikonstruksi.com dengan Judul: Ketahui Material GRC Untuk Pembangunan

Editor: Antariksa Group

Bagikan :