Kelebihan dan Kekurangan Dapur Modular

ANTARIKSA – Untuk kamu yang nggak familiar dengan istilah furnitur modular, pasti kamu bertanya-tanya apa sih, dapur modular itu?

Dapur modular sebenarnya adalah istilah yang menggambarkan tampilan sebuah dapur modern yang komponennya tersusun dari kesatuan unit-unit kabinet dapur. Terdapat dua jenis unit kabinet pada dapur modular, yaitu unit kabinet atas dan unit kabinet bawah.

Terdengar sama saja dengan tampilan dapur dengan kitchen set biasa? Yang membedakan dapur modular dengan dapur kitchen set adalah komponen kabinet pada dapur modular terpisah-pisah, nggak seperti dapur dengan kitchen set yang struktur desain kabinetnya menyatu. Menarik, ya? Yuk langsung simak saja apa kelebihan dan kekurangan menggunakan dapur modular!

1. Desainnya ringkas juga mudah dirangkai dan dipasang

houzz.com

Untuk bisa memiliki dapur modular, kamu nggak perlu menggunakan jasa tukang ataupun desainer interior profesional. Komponen dapur modular sudah dapat langsung kamu beli di toko furnitur.

Partisi-partisi dari kabinet dapur modular juga mudah untuk kamu rangkai dan kamu pasang sendiri. Karena kabinet atau lemari dapur modular dapat dibeli per unit, jumlah unit kabinet yang dibeli bisa disesuaikan dengan ukuran dapurmu.

pinterest.com

Desainnya yang ringkas membuat dapur modular bisa ditempatkan di ruang yang terbatas atau menyempil diantara dua ruangan yang berbeda. Sifat komponennya yang movable juga menjadi keuntungan sendiri, membuatmu bisa memindahkan komponen dapur ikut bersamamu saat kamu pindah rumah.

2. Kamu bisa melakukan kombinasi warna dan desain unit kabinet yang berbeda-beda

thedesignhome.com

Karena dapur modular tersusun dari unit-unit kabinet, kamu jadi bisa berkreasi dengan mengombinasikan beberapa kabinet yang memiliki desain dan warna yang berbeda. Kombinasi lain yang bisa kamu lakukan dalam menata dapur modular adalah dengan menyusun unit kabinet dari berbagai partisi yang berbeda untuk mendapatkan tampilan interior dapur yang unik dan juga menarik.

3. Bisa dibuat berbagai bentuk desain dapur

google.com

Hanya karena dapur modular tersusun dari partisi-partisi kabinet, bukan berarti susunan unit kabinetnya hanya bisa membentuk dapur yang sejajar. Sama halnya dengan dapur konvensional, dapur modular juga bisa disusun dalam berbagai bentuk desain dapur masak.

Contohnya model dapur bersih L dan U. Tapi, bukan berarti dapur modular nggak punya kekurangan, beberapa di antaranya bisa kamu baca lebih lanjut di bawah ini!

4. Harganya sulit disesuaikan dengan budget, saat rusak biaya perbaikannya pun mahal

pinterest.com

Karena komponen dapur modular yang tersedia di toko furnitur sudah jadi dan siap untuk dirangkai, harga komponennya pun sudah pasti dan tidak bisa ditawar. Hal ini membuat kamu sulit menyesuaikan harganya denga budget dan kebutuhanmu.

Nggak jarang keseluruhan harga untuk kesatuan dapur modular pun melebihi harga kitchen set konvensional yang bisa dipersonalisasi. Belum lagi kalau beberapa komponennya rusak, kamu harus membayar mahal jasa desain interior profesional untuk memperbaikinya.

5. Desainnya monoton, unit kabinetnya tidak banyak memiliki variasi bentuk dan model

pinterest.com

Komponen dapur modular cenderung memiliki bentuk yang sama dan monoton, kebanyakan bentuknya datar dan tidak beraksen. Ini menyebabkan kamu jadi sulit mengekplorasi berbagai gaya desain dapur. Beda halnya dengan dapur dengan kitchen set konvensional yang tampilan desainnya bisa kamu sesuaikan dengan konsep desain interior yang kamu inginkan.

6. Dibutuhkan perawatan yang rutin untuk menjaga ketahanannya

lushhome.com

Dapur modular tidak tahan digunakan untuk aktivitas dapur yang sangat intensif. Untuk menjaga ketahanannya, kamu harus melakukan pemakaian peralatan dapur yang serba hati-hati dan perawatan yang rutin.

Kamu juga harus cermat mengatur penyimpanan barang-barang pada setiap kompartemen dapur modular. Terlebih pada laci yang jika diisi terlalu banyak barang akan mudah jebol atau jadi sulit ditarik.

houzz.com

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dapur modular, apa kamu jadi tertarik mengisi atau merenovasi dapur di rumahmu dengan model dapur satu ini? Jika kamu tertarik, jangan lupa untuk tetap memperhatikan faktor resiko dari penggunaan dapur modular, ya!

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Ini Telah Tayang di dekoruma.com dengan Judul: Apa itu Dapur Modular? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya!

Editor: Antariksa Group

Bagikan :