Indonesia Website Awards

Kelebihan dan Kekurangan dalam Menggunakan Jasa Desain Interior

ANTARIKSA – Merancang hunian yang nyaman merupakan impian banyak orang apalagi saat ini desain interior telah menjadi life style dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mendapatkan desain yang tepat, klien dapat menggunakan jasa desain interior. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan menggunakan jasa desain interior.

Kelebihan (+) :

  1. Mengetahui desain lebih awal

Pada proses perencanaan, seorang desainer akan membuat gambaran desain ruangan yang belum terbangun. Gambaran atau visualisasi ini dibuat dengan program khusus yang nantinya akan memperlihatkan seperti apa rencana desain yang akan dibuat.  Gambaran desain ini mencakup lay-out perabot, gaya desain ruangan, bentuk, warna, dsb.

  1. Mengetahui biaya perkiraan

Pada kontrak tertentu, desainer interior juga memberikan RAB (Rencana Anggaran Biaya) untuk mewujudkan desain yang sudah dibuat. RAB meliputi jenis pekerjaan yang dilaksanakam, volume tiap item, serta harga satuannya.  Dengan adanya RAB, maka klien dapat mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan untuk mewujudkan desain yang sudah dibuat.

  1. Mengetahui tahapan pembangunan

Ketika klien sudah memiliki gambaran biaya yang diperlukan, maka sang pemilik dapat menentukan tahapan pekerjaan yang kan dilakukan. Pekerjaan dapat dilakukan hingga finish atau melalui beberapa tahapan sesuai ketersediaan dana.

  1. Dapat merubah desain dalam bentuk virtual

Desain yang pas tidak akan muncul begitu saja atau didapatkan dalam sekali desain.  Pada proses perencanaan, desain akan terus berubah untuk mendapatkan yang terbaik. Dengan metode seperti ini diharapkan dapat meminimalisasi perubahan desain saat pelaksanaan karena perubahan di lapangan akan memberikan dampak peningkatan biaya yang cukup besar.

  1. Desain yang original

Dengan melakukan konsultasi langsung, maka desain yang tercipta merupakan hasil pikiran dari kolaborasi antara klien dan desainer.  Dengan kondisi seperti ini, maka desain yang dihasilkan merupakan desain yang original.

  1. Hasil pembangunan dapat presisi

Ketika melaksanakan pekerjaan atau pembangunan, kontraktor khususnya tukang membutuhkan gambar kerja. Dengan adanya perencanaan yang dibuat oleh desainer interior, tukang memiliki pedoman yang jelas sehingga yang hasil akhir dapat sesuai dengan apa yang dibayangkan.

Kekurangan (-) :

  1. Mengeluarkan biaya tambahan untuk jasa desain

Salah satu penyebab utama seseorang tidak menggunakan jasa desain interior adalah karena berbayar. Sebagai kegiatan yang professional, jasa desain interior pasti memerlukan biaya dalam proses pembuatannya.

  1. Butuh waktu untuk mendapatkan desain yang tepat

Kegiatan proses perencanaan membutuhkan waktu yang bergantung pada diskusi antara klien dengan desainer. Rata- rata proses desain yang optimal memerlukan waktu 1-3 bulan.

Demikian kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan jasa desainer interior.  Semoga bermanfaat.

Artikel Ini Telah Tayang di binus.ac.id dengan Judul: Pentingnya menggunakan Jasa Desain Interior

Editor: Antariksa Group

Bagikan :