Indonesia Website Awards

Jenis Mesin Bor yang Sering Digunakan dalam Konstruksi

ANTARIKSA – Jenis Mesin Bor dalam penggunaan di kehidupan sehari-hari sangat beragam. Terdapat beragam varian mesin bor seperti, mesin bor tangan, mesin bor duduk, mesin bor gantung, mesin bor meja, mesin bor radial dan mesin bor tegak.

Mesin bor merupakan alat mesin yang digunakan untuk melubangi permukaan benda. Membuat alur maupun perluasan dan meghaluskan secara tepat dan akurat.

Kinerja dari alat ini adalah dengan memutar alat pemotong yang ada di ujung alat lalu mengarahkan mata bor ke permukaan benda yang ingin dikerjakan. Perkembangan penggunaan mesin ini terdiri atas beragam jenis bor dari segi kegunaan maupun fungsi.

6 Jenis Mesin Bor yang Sering Digunakan?

Penggunaan mesin bor memiliki beragam fungsi dan kegunaan dalam kehidupan manusia. Maka dari itu, tidak salah apabila dari jenis yang satu dengan yang lain memiliki nilai fungsi dan penggunaan yang berbeda. Berikut beberapa jenis mesin bor yang ada di pasaran:

Mesin Bor Tangan

Seperti namanya, pengoperasian mesin ini dilakukan dengan cara menggunakan tangan. Selain itu, bentuknya menyerupai pistol. Mesin bor jenis ini pada umumnya digunakan sebagai mesin pelubang kayu, tembok mauapun pelat logam.

Mesin bor tangan memiliki kekhususan lain seperti mengencangkan baut maupun melepas baut. Hal ini dikarenakan pada mesin terdiri atas 2 putaran yaitu kanan dan kiri. Terdapat beragam jenis spesifikasi dari mesin ini mulai dari ukuran, kapasitas maupun fungsi. Salah satunya, typee J.id 10-14.

Jenis Bor Bangunan

Mesin Bor Duduk

Mesin bor ini memiliki bentuk seperti alat yang sedang duduk. Penggunaannya dapat melubangi benda kerja dengan ukuran diameter kecil. Biasanya, batasan ukuran mencapai diameter 16 milimeter.

Prinsip kinerja dari mesin bor duduk ini melakukan putaran pada motor listrik yang disalurkan ke bagian poros mesin hingga poros turut berputar.

Setelah itu, poros yang mengalami putaran juga memiliki peran yang memegang mata bor hingga dapat digerakkan secara vertikal naik turun. Pergerakan tersebut juga dilakukan secara bersamaan dengan batuan roda gigi lurus dan gigik rack sebagai pengatur tekanan pemakanan saat dilakukan pengeboran.

Mesin Bor Gantung

Jenis mesin bor ini dipakai dengan cara menggantungkannya. Kinerja dari mesin bor ini memiliki kesamaan dengan prinsip kerja mesin bor duduk. Namun, perbedaannya hanya terletak pada bentuknya.

Mesin Bor Meja

Jenis mesin bor ini biasa digunakan dan diletakkan berada di atas meja. Pemakaian mesin ini untuk membuat lubang pada permukaan benda dengan ukuran diameter berkisar 16 mm.

Mesin bor ini dikenal sebagai mesin bor duduk. Salah satu alat yang biasa ditemui di pasaran ialah Type ZHX-13. Alat ini memiliki spesifikasi berupa daya listrik yang dibutuhkan 180 watt, motor berkisar 0,241 Hp, kecepatan tanpa beban mencapai 1420 rpm, kapasitas bor besi mencapai 13 mm, ukuran alasnya 160×60 mm dan dimensi tinggi 580 mm dan ukuran tegangannya berkisar 220v/50Hz.

Mesin Bor Radial

Penggunaan mesin ini memang dirancang spesial untuk mengebor permukaan benda yang berat sekaligus besar. penggunaannya dapat dipasang secara langsung pada dasar lantai. Sedangkan, mesin meja sudah terpasang secara tetap tidak dapat berubah pada landasan.

Proses pengerjaan membuat benda tidak bergerak sama sekali. Dalam proses pengeboran poros utama dilakukan pergeseran baik kekanan maupun kiri. Selain itu, dapat dilakukan pergerakan secara vertikal maupun perputaran berulir. Salah satu contoh alatnya yaitu, Type Zq3050x16.

Mesin Bor Tegak

Penggunaan mesin bor ini ditujukan pada permukaan benda yang memiliki ukuran jauh lebih besar. Proses pengeboran yang berasal dari mata bor dapat dikendalikan otomatis naik maupun turun.

Poros utama saat melakukan pengeboran dilakukan secara naik maupun turun sesuai keperluan. Meja dapat diputar mencapai 3600. Selain itu, meja dapat dilakukan pengikatan bersamaan sumbu berulir pada batang mesin. Salah satu alatnya yaitu, Type Z5032. Jenis mesin bor ada banyak ragamnya.

Masing-masing memiliki penggunaan yang berbeda. Maka, sebelum membeli mesin yang satu ini, tentukan dulu jenisnya dan spesifikasinya. Harga pun juga bisa mempengaruhi jenis mesin bor yang Anda pilih.

Semakin canggih alat tersebut maka akan semakin mahal harganya. Dalam konstruksi sendiri, ada berbagai jenis mesin bor yang dibutuhkan. Selain untuk melubangi kayu, mesin ini bisa pula untuk melubangi beton maupun material lainnya.

Artikel Ini Telah Tayang di solusikonstruksi.com dengan Judul: 6 Jenis Mesin Bor Kebutuhan Konstruksi

Editor: Antariksa Group

Bagikan :