Jenis-Jenis Pipa Pada Bangunan Rumah

ANTARIKSA – Rumah hunian yang nyaman tentunya bisa memberikan semua akses dengan mudah dan tidak memiliki hambatan dari masalah, contohnya pipa mampet. Masalah ini kadang kerap terjadi karena salahnya dalam memilih pipa atau memasukan sesuatu yang tidak seharusnya dimasukan kedalamnya sehingga membuatnya tersumbat dan sulit untuk membuatnya normal Kembali. Alhasil kamu harus memanggil jasa tukang untuk memperbaikinya. Nah dalam artikel ini kita tidak akan membahas cara mengatasi pipa macet guys hehe namun kita akan membahas jenis-jenis pipa yang sering digunakan pada bangunan rumah. Seperti yang kita ketahui pipa sangat penting pada rumah hunian yang berfungsi untuk mengalirkan air kotor maupun air bekas dirumah.

Ada banyak sekali loh jenis-jenis pipa yang biasa digunakan, dan tentunya masing-masing pipa tersebut mempunyai kegunaannya masing-masing. nah dengan mengetahui jenis-jenis pipa ini tentunya Ketika akan membangun rumah, kamu jadi mengetahui jenis pipa mana yang cocok untuk digunakan pada rumah hunian mu kelak, tanpa menunggu lama-lama, yuk langsung saja ke artikelnya dibawah ini.

Jenis Pipa PVC

Mengenal Jenis-Jenis Pipa Yang Sering Digunakan Dirumah

Pipa jenis ini sangat sering sekali digunakan untuk mengalirkan air bersih, air hujan,  drainase dan lain-lain. Pipa PVC memiliki beragam ukuran yang bisa disesuaikan, dan memiliki warna yang beragam, meskipun warna putih menjadi warna yang sering digunakan. Pipa ini  tergolog kedalam pipa yang bisa diandalkan dan tidak mudah pecah. Pipa ini juga memiliki harga yang relative lebih murah. Kamu tidak akan kesulitan untuk mencari pipa ini karena kmau bisa menjumpainya di berbagai toko bangunan di seluruh Indonesia.

Jenis Pipa CPVC

Mengenal Jenis-Jenis Pipa Yang Sering Digunakan Dirumah

Jika kmau ingin menggunakan pipa sebagai saluran air panas, maka kamu bisa menggunakan pipa jenis ini. CPVC atau Chlorinate Poly Vinyl Chloride memiliki keunggulan yaitu bisa tahan terhadap suhu 1.800 derajat Celsius. Oleh karena intu sangat cocok untuk instalasi air panas, tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakannya sebagai saluran air dingin, karena sifatnya yang tahan terhadap perubahan suhu. Salah satu yang menjadikannya tahan terhadap perubahan suhu adalah ketebalan pipanya yang menjadi keunggulan dari pipa yang satu ini.

Jenis Pipa tembaga

Mengenal Jenis-Jenis Pipa Yang Sering Digunakan Dirumah

bukalapak.com

Selanjutnya adalah pipa air tembaga, jenis pipa ini sering digunakan untuk instalasi refrigerant, hal ini karena pipa ini memiliki sifat yang tahan terhadap suhu panas dan suhu dingin. Pipa ini juga bisa kamu pakai di dalam dan diatas tanah. Namun jika kmau hendak memasangnya didalam tanah, pastikan untuk melapisinya dengan pengaman terlebih dahulu. Ini bertujuan untuk mengindari pengaruh keasaman tanah.

Jenis Pipa PEX (Cross-linked Poyle Ethylene)

Mengenal Jenis-Jenis Pipa Yang Sering Digunakan Dirumah

Jenis pipa ini biasanya digunakan untuk instalasi air dingin, air panas dan hidrolik kerena memiliki sifat yang bisa menoleransi suhu dan panas. Pipa ini juga banyak digunakan karena mamiliki harga yang bersaing dan memiliki system penyambungan yang lebih sederhana.

Jenis Pipa Galvanis

Mengenal Jenis-Jenis Pipa Yang Sering Digunakan Dirumah

Jenis pipa berikutnya adalah pipa air Galvanis. Pipa perlapis baja ini memerlukan pemasangan yang lebih rumit daripada jenis pipa lainnya. Instalasinya membutuhkan akurasi yang tinggi daripada pemasangan pipa lain yang pemotongannya lebih mudah untuk dilakukan. Kamu bisa melakukan instalasi pipa ini didalam maupun  diatas tanah, namun jika kamu ingin memasangnya didalam tanah pastikan untuk memberikan pengaman terlebih dahulu untuk menambah ketahanan pipa ini.

Artikel Ini Telah Tayang di desainrumaharsitek77.com dengan Judul: Mengenal Jenis-Jenis Pipa Yang Sering Digunakan Dirumah

Editor: Antariksa Group

Bagikan :