Indonesia Website Awards

Jenis-Jenis Material Lantai Carport

ANTARIKSA – Jangan sembarangan dalam memilih material lantai carport karena jika salah pilih, bisa jadi berbahaya. Lantai yang terlalu licin bisa membuat kendaraan slip ketika diparkir dan berpotensi rusak ataupun merusak area hunianmu. Selain itu, salah memilih material juga bisa membuat kamu membongkar tabungan karena harus mengganti lantai yang rusak dan tidak awet tersebut.

Tidak semua material cocok dijadikan lantai carport. Setidaknya, jika kamu ingin membuat carport di hunian, carilah bahan lantai yang punya daya tahan kuat untuk menahan beban kendaraan. Bukan cuma itu, bahan lantai carport sebaiknya juga tidak mudah kotor dan mudah dalam perawatannya. Lalu, apa saja material yang cocok digunakan untuk lantai carport? Yuk, temukan jawabannya bersama saya di bawah ini!

1. Keramik Homogeneous Tile

material lantai carport homogeneous tilegoogle.com

Keramik sering dibilang tidak cocok untuk dijadikan lantai carport karena cenderung licin. Namun sebenarnya, ada kok keramik yang tidak licin, kuat, dan bisa dijadikan lantai carport, yaitu homogeneous tile. Material keramik untuk carport ini punya karakter dan kekuatan yang jauh lebih baik dibandingkan keramik biasa. Daya tahan homogeneous tile bahkan bisa menahan tekanan sampai 450 kilogram per sentimeter kuadrat.

2. Semen Plesteran

material lantai carport semen plesteranhomeimprovementpages.com.au

Mau punya lantai carport yang estetik, kuat, juga murah? Kamu cukup membuat lantai carport dari semen. Semen plesteran kerap menjadi alternatif dengan biaya terjangkau dan hasil yang memuaskan. Cara membuat lantai carport dari semen plesteran pun sangat mudah. Lantai semen yang menjadi permukaan lantai tinggal diplester dan diberi aksen garis menggunakan alat khusus. Biasanya, carport dengan lantai semen plesteran kerap dikombinasikan dengan parit kecil atau rumput.

3. Semen Cetak

material semen cetak pada lantai carportgoogle.com

Selain semen plester, kamu juga bisa mempertimbangkan semen cetak sebagai material lantai carport hunianmu. Adukan semen cetak untuk carport ini terdiri dari campuran pasir, semen, dan koral kecil. Umumnya lantai carport dari semen cetak memiliki ketebalan 3-5 sentimeter dan memiliki nat atau celah antar bagian cetakan semen.

 4. Batu Koral

lantai carport dengan material batu koralpinterest.com

Kamu juga bisa memilih material batu koral untuk membuat tampilan carport lebih estetik. Biasanya, pemasangan batu koral untuk bagian carport selalu diberi finishing berupa penyikatan sehingga bahan dasar yang satu ini sering disebut sebagai koral sikat. Penyikatan batu koral bertujuan agar tekstur batu alam ini lebih muncul dan terlihat cantik. Biasanya, pemasangan batu koral sebagai lantai carport juga dikombinasikan dengan semen cetak.

5. Batu Andesit

batu andesit untuk lantai carportblogspot.com

Selain batu koral, kamu juga bisa mempertimbangkan andesit sebagai material lantai carport hunianmu. Yang jelas, pemasangan andesit untuk carport tidak kalah cantik dengan batu koral. Soal kekuatannya juga tidak perlu diragukan. Lantai carport dari material batu alam ini cenderung lebih awet karena batu alam termasuk kuat untuk menahan beban kendaran. Namun, tentunya kamu juga perlu melakukan perawatan berkala supaya batu andesit tidak rentan jamuran.

6. Paving atau Grass Block

lantai carport dengan paving grass blockpinterest.com

Paving block atau grass block adalah material sejenis yang berasal dari beton cetak. Namanya saja beton, sudah pasti kekuatannya sangat baik untuk dijadikan material dasar menahan kendaraan. Menjadikan paving block ataupun grass block sebagai lantai carport pun akan membuat tampilan hunianmu terlihat asri dan menawan.

Kalau kamu mau mengombinasikan antar material di atas menjadi model baru untuk lantai carport di rumahmu juga boleh, lho! Alih-alih terlihat aneh, kombinasi tersebut malah bisa membuat tempat parikr kendaraanmu semakin estetik dan menarik. Namun, tetap perhatikan susunannya agar tidak beranatakan, ya!

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Ini Telah Tayang Juga di dekoruma.com dengan Judul: Ini Dia 6 Material Lantai Carport yang Paling Cocok Digunakan

Editor: Antariksa Group

Bagikan :