Indonesia Website Awards

Jadi Kreatif Dengan 7 Ide Dekorasi Yang Bisa Bikin Suasana Rumahmu Berbeda

antariksagroup.com – Mendekorasi merupakan salah satu langkah tepat agar rumah Anda terlihat lebih menarik dan berkarakter. Jika Anda memiliki ruang dinding yang luas, bisa jadikan objek untuk berkreasi, menciptakan sebuah karya dekorasi yang menakjubkan.

Namun, tidak sedikit orang yang kebingungan untuk mendekorasi rumahnya agar terlihat lebih menarik.

Minimnya referensi justru akan beresiko membuat dekorasi dinding malah tidak maksimal atau bahkan gagal. Berikut rekomendasi ide seni dekorasi dinding yang dapat Anda terapkan di rumah:

1. Lukisan bersandar (bukan lukisan gantung)

Anda tentu familiar, lukisan menjadi salah satu karya yang dapat dijadikan sebagai seni dekorasi rumah.

Lukisan dapat membuat rumah Anda juga semakin berwarna dan berkarakter. Sebaliknya, membiarkan rumah Anda dengan dinding putih akan membuatnya membosankan.

Umumnya, lukisan ditempel di dinding rumah baik dengan menggunakan paku ataupun lem. Tetapi, cobalah cara baru untuk tidak menempelkan lukisan di dinding rumah. Melainkan Anda hanya perlu menyandarkan lukisan itu di dinding rumah.

Dengan cara seperti itu, Anda juga akan bebas untuk memilih tempat bahkan memindahkan dengan mudah di mana lokasi lukisan itu disandarkan.

Menyandarkan lukisan juga tidak kalah menariknya dengan menempelkan lukisan di dinding rumah. Keduanya merupakan opsi yang dapat Anda pilih.

Namun, menyandarkan lukisan merupakan cara baru yang sedang ramai digunakan banyak orang. Terlebih cara ini juga dinilai lebih aman dan tidak merusak dinding rumah Anda.

2. Buat hiasan tanaman hidup (sukulen) pada dinding

Selain lukisan, ide dekorasi dinding selanjutnya adalah membuat hiasan tanaman sukulen atau tanaman hidup.

Caranya Anda dapat memilih tanaman-tanaman dengan kebutuhan air yang paling sedikit misalnya seperti tanaman kaktus dan lainnya untuk dijadikan sebagai hiasan di dinding rumah Anda.

Setelah itu, Anda dapat menyusunnya atau menempelkan tanaman tersebut dengan bentuk kotak mirip seperti ukuran lukisan pada dinding rumah.

Jika lukisan merupakan hiasan yang datar, maka tanaman sukulen ini menjadi hiasan hidup 3 dimensi yang tidak kalah menariknya dengan lukisan.

Untuk menambah nuansa keindahan, Anda juga dapat memilih tanaman dengan warna yang berbeda-beda misalnya tanaman berwana hijau, merah, kuning dan yang lainnya.

Dengan cara seperti itu, hiasan sukulen Anda akan memikat perhatian orang yang datang ke rumah Anda.

3. Menggunakan hiasan tanaman merambat

Jika Anda mempertimbangkan hiasan dinding hidup atau sukulen tetapi khawatir tentang pengaturan dan pemeliharaannya, tanaman gantung adalah alternatif yang sangat baik.

Varietas yang tumbuh cepat seperti pothos, philodendron, atau tradescantia dapat menciptakan dekorasi dinding yang menakjubkan dengan dedaunannya yang subur.

Anda bisa meletakkannya di rak, atau bahkan di keranjang gantung, untuk membuat sekat ruangan yang alami.

4. Berkreasi menggunakan palet

Menggunakan palet dalam desain interior adalah tren yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Palet dapat digunakan untuk berbagai fungsi yang dapat memberi nuansa berbeda pada rumah Anda.

Bagi Anda yang baru ingin membangun rumah atau bahkan ingin merenovasi rumah, cobalah mempertimbangkan untuk menggunakan palet sebagai bahan untuk membuat dinding rumah.

Tumpukan kayu atau palet ini akan membuat sudut rumah Anda lebih berbeda dari sudut lainnya yang umumnya merupakan dinding berbahan semen.

Selain itu, Anda juga dapat mendekorasi ranjang kasur atau tempat tidur Anda dari tumpukan palet.

Palet bahkan dinilai jauh lebih ekonomis daripada bahan lainnya. Meski seni atau dekorasi palet tidak bisa dianggap murahan.

5. Dinding bata ekspos

Dinding bata ekspos adalah tampilan yang sangat serbaguna, cocok dengan desain rumah tradisional dan modern.

Warna terakota alaminya dapat menyatukan ruangan dengan tampilan yang hangat dan nyaman, dan Anda dapat menggunakannya sebagai latar belakang lukisan, atau membiarkannya tetap kosong.

Meski demikian Anda tidak perlu khawatir jika tak ingin mengeluarkan budget yang telalu besar untuk merenovasi rumah dan menggantinya dengan tembok bata ekspos.

Anda juga dapat melakukan cara lainnya, misalnya seperti menggunakan wallpaper dinding bergambar bata merah. Cara itu juga dapat membantu Anda untuk mendekorasi dinding rumah.

6. Menggambar atau melukis dinding rumah

Salah satu ide dekorasi selanjutnya yaitu dengan menggambar atau melukis dinding rumah Anda secara manual.

Tentu hal ini dilakukan jika Anda memiliki keahlian melukis dan memahami seni lukis.

Namun jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk melukis, Anda dapat menyewa jasa pelukis, dan mulailah membuat konsep lukisan yang Anda inginkan.

Misalnya, Anda dapat membuat mural lukisan tembok dengan tema industrial, tema alam, atau yang lainnya.

7. Cermin di dinding

Cermin berukuran besar bisa menjadi tambahan yang sangat berkelas untuk dekorasi ruang tamu Anda.

Selain itu, cara ini juga sekaligus dapat membuat ruangan terlihat lebih cerah dan lega.

Anda bisa menggantungnya setinggi mungkin untuk membuat langit-langit tampak lebih tinggi, atau menyandarkannya ke dinding atau rak perapian, untuk membuat titik fokus di ruangan tempat mata bisa beristirahat.

Namun jika Anda tidak dapat menemukan cermin yang cocok dengan dinding Anda, beberapa cermin kecil dengan bingkai unik juga bisa digunakan.

 

Artikel ini telah tayang di :
https://properti.kompas.com/read/2021/03/22/113000621/7-
ide-dekorasi-kreatif-bikin-rumah-anda-lebih-meriah?
page=all

Bagikan :