Inspirasi Rumah 1 Lantai Berkonsep Minimalis yang Mudah Diterapkan

ANTARIKSA – Rumah 1 lantai belakangan ini kurang dilirik karena terkesan sempit dan dianggap tidak bisa memenuhi kebutuhan ruang para anggota keluarga. Padahal, kenyataannya belum tentu demikian. Banyak contoh rumah 1 lantai minimalis yang dapat menjawab seluruh kebutuhan keluargamu.

Semua contoh rumah 1 lantai tersebut pun tidak melulu memerlukan luas lahan yang ekstra besar. Dengan sedikit kreativitas dan kecerdikan, kamu bisa memiliki rumah 1 lantai yang terlihat lega dan nyaman. Pilih sendiri beragam opsinya, seperti contoh-contoh rumah 1 lantai minimalis dari saya di bawah ini!

Rumah 1 Lantai dengan Bathtub

rumah satu lantai minimalis dengan bathtubthearchdigest.com

Jika kamu berpikir bahwa rumah 1 lantai itu sempit, sah-sah saja. Namun, jangan pernah berpikir bahwa rumah 1 lantai tidak bisa terlihat mewah. Kamu bisa membuat rumah 1 lantai dengan tiga kamar tidur di area yang sangat terbatas. Satukan ruang makan dan ruang keluarga di bagian tengah ruangan agar rumah terlihat lebih luas. Kamar utama ditempatkan berseberangan dengan dua kamar anak.

Hal yang perlu kamu perhatikan, buatlah kamar mandi mewah dengan menambahkan bathtub di dalamnya. Kehadiran bathtub bisa membantu kamu lebih mudah untuk berelaksasi setelah beraktivitas seharian. Di dalam kamar mandi tersebut, kamu juga bisa menggunakan dinding batu alam yang elegan supaya suasana tenangnya lebih maksimal.

Rumah 1 Lantai dengan Model Letter L

rumah satu lantai minimalis letter Lhome-designing.com

Lahan rumah tidak melulu berbentuk persegi atau persegi panjang. Kalau kamu punya lahan dengan model letter L, kamu bisa lho membuat rumah 1 lantai yang tetap terlihat lega! Kamu hanya perlu membangun dua kelompok ruangan di rumah 1 lantai tersebut.

Di bagian muka, buatlah ruangan-ruangan fungsional, seperti dapur, ruang makan, dan ruang tamu dengan konsep open spacesupaya lebih lapang. Kemudian, bagian yang memanjang ke belakang bisa digunakan untuk membangun tiga bahkan sampai empat kamar tidur sesuai kebutuhan. Jangan lupa buat juga teras yang memanjang di bagian muka rumah 1 lantai ini agar ada pilihan tempat bersantai yang lebih banyak.

Rumah 1 Lantai dengan Dapur Eksklusif

rumah satu lantai minimalis dengan dapur eksklusifarchitecturendesign.net

Konsep menyatukan berbagai ruangan fungsional sudah umum diterapkan di rumah minimalis, apalagi rumah 1 lantai. Namun, penggabungan antara dapur dengan ruangan lainnya kerap menimbulkan masalah kebersihan dan banyak orang yang tidak menyukainya.

Jika kamu juga memandang area dapur mudah kotor dan membuat ruangan lain jadi terlihat kumal, cobalah membuat rumah 1 lantai dengan dapur minimalis yang eksklusif. Letak dapur bisa berada di tengah-tengah antara ruangan utama di bagian depan dengan kamar-kamar yang berada di bagian belakang. Untuk menambahkan kesan eksklusif, buatlah lantai dapur berbeda sendiri dengan ubin di ruangan lainnya.

Rumah 1 Lantai dengan Vinyl Kayu

rumah satu lantai minimalis dengan lantai vinylpinterest.com

Desain rumah 1 lantai ini cocok diterapkan untuk rumah-rumah mungil, tidak terkecuali untuk rumah minimalis bersubsidi yang umumnya hanya memiliki ukuran di bawah 45 meter persegi. Dua kamar diletakkan bersisian agar memberikan ruang terbuka di sisi lain.

Nah, ruangan terbuka tersebut bisa dibagi menjadi ruang keluarga serta ruang makan dan dapur. Batasi dengan partisi yang multifungsi, seperti lemari pembatas ruangan untuk sekaligus menjadi tempat penyimpanan aneka barang. Supaya terlihat lebih elegan, pasanglah lantai vinyl bermotif kayu di rumah 1 lantai ini dan kamu akan ternganga melihat hasil desainnnya yang terlihat hangat dan keren.

Rumah 1 Lantai Rasa Studio

rumah satu lantai minimalis terbukapinterest.com

Desain rumah 1 lantai minimalis ini hanya cocok buat kamu yang masih lajang atau pasangan suami istri yang belum memiliki anak. Dengan luas tanah yang terbatas, kamu bisa menciptakan desain rumah 1 lantai dengan model studio. Artinya, tidak ada penyekat ruangan antara kamar tidur dengan berbagai ruang fungsional lainnya, seperti ruang keluarga, ruang makan, bahkan dapur sekalipun.

Konsep rumah 1 lantai ini dapat membuat hunianmu terasa sangat lega. Namun, ketika kamu dan pasangan memutuskan untuk memiliki anak, tentu kamu harus berpikir ulang mengenai penambahan ruang di dalam rumah 1 lantai ini.

Selain pola ruangan, kamu juga perlu memperhatikan desain interior rumah 1 lantai yang efisien untuk mendapatkan hunian yang nyaman.

Semoga bermanfaat.

Artikel Ini Telah Tayang di dekoruma.com dengan Judul: 5 Contoh Rumah 1 Lantai Minimalis yang Bisa Banget Ditiru

Editor: Antariksa Group

Bagikan :