Indonesia Website Awards

Inspirasi Laundry Room yang Estetik di Dalam Hunian

ANTARIKSA – Masyarakat Indonesia pada umumnya menjemur pakaian di halaman depan rumah atau loteng. Alasannya sederhana, yaitu karena kedua tempat tersebut mendapatkan sinar matahari paling banyak sehingga cucian cepat kering. Namun, kebiasaan ini membuat tampilan rumah jadi kurang estetik. Alhasil, keluarga modern mulai berpikir kalau kehadiran laundry room itu diperlukan.

Laundry room dapat dibuat pada area indoor ataupun outdoor. Kamu tidak perlu takut area ini akan becek karena mesin cuci modern sudah dilengkapi dengan mode pengering pakaian. Laundry room yang didesain dengan apik pun akan membuat kamu lebih semangat saat mencuci baju, seperti keenam ide desain laundry room dari saya di bawah ini!

Laundry Room Modern dengan Sentuhan Vintage

desain laundry room dengan sentuhan vintagegivdo.com

Desain laundry room modern ini berkolaborasi dengan sentuhan vintage pada bagian dinding, yakni dengan menggunakan cat dinding warna hijau telur asin yang menjadi ciri khas vintage. Laundry room ini dilengkapi dengan area penyimpanan yang luas dengan berbagai rak. Dengan demikian, kamu dapat menyimpan handuk, kain lap, taplak meja, tirai, dan cucian lainnya yang sudah selesai dicuci.

Tak lupa, ada pula sekat berupa tirai warna putih untuk menyembunyikan area penyimpanan tersebut. Terlihat rapi tanpa effort, bukan?

Laundry Room untuk Pawrent

desain laundry room dengan dinding bata putihonekindesign.com

Bagi kamu yang memelihara anjing atau kucing, laundry room bisa didesain sekaligus untuk memandikan mereka, seperti laundry room dengan desain ala Skandinavia ini.

Di sebelah mesin cuci, ada bak untuk mencuci pakaian secara manual dengan tangan. Sementara itu, di sebelahnya lagi ada area kecil untuk memandikan anjing atau kucing kesayangan yang dilengkapi dengan shower. Area dinding dipasangi rak melayang atau gantung untuk memajang dekorasi sekaligus meletakkan stok sabun dan pelembut.

Laundry Room yang Tersembunyi

desain laundry room tersembunyi dengan pintu geser besarpinterest.com

Area garasi pun bisa  kamu sulap sebagian menjadi laundry room, seperti inspirasi yang satu ini. Bentuknya memanjang dan dilengkapi dengan pintu geser untuk menyembunyikannya supaya tampilan garasi secara keseluruhan tetap apik. Bagian atas mesin cuci dilengkapi dengan kabinet khusus yang dapat digunakan sebagai papan setrika. Mungil, tapi sangat efisien dan rapi.

Laundry Room Minimalis di Loteng

desain laundry room bernuansa putihpinterest.com

Biasanya, area loteng rumah menjadi tempat favorit untuk mendirikan laundry room karena ukurannya cukup luas dan sinar matahari tidak terhalang bangunan lain. Kalau kamu ingin menerapkan desain laundry room ini, manfaatkanlah atap dengan material transparan untuk menjaga intensitas sinar matahari sekaligus melindungi jemuran dari hujan. Dominasi kayu warna putih dan cokelat pada desain laundry room ini membuatnya jadi terkesan alami dan nyaman digunakan.

Nuansa Modern dengan Rak Jemuran Spesial

desain laundry room dengan rak jemuranhouzz.com

Menghadirkan rak jemuran untuk laundry room di dalam ruangan tergolong susah-susah gampang. Untuk laundry room mungil, rak jemuran sebaiknya dibuat menempel pada dinding supaya hemat tempat dan praktis, seperti ide yang satu ini. Rak jemuran di dalam laundry room dibuat spesial di bagian atas mesin cuci. Ketika hendak digunakan, cukup tarik dan jemur pakaiannya. Posisi rak jemuran juga ada di dekat jendela supaya pakaian jadi lebih cepat kering.

Desain Klasik nan Elegan

desain laundry room mewahwalkerwoodworking.com

Desain laundry room sebaiknya tidak disepelekan, meski hanya untuk mencuci baju dan lebih jarang dikunjungi daripada ruang lainnya. Untuk rumah bernuansa klasik dan elegan, gunakan material granit sebagai pelapis lantai dan permukaan meja kabinet.

Sementara itu, lemari kabinet bisa dibuat menggunakan kayu yang dicat warna abu-abu keunguan. Pada satu sisi ada tiang khusus untuk jemuran baju dan di bawahnya ada wastafel mewah yang akan memudahkan kamu untuk mencuci tangan.

Bagi kamu yang tertarik membuat area laundry room seperti ide-ide tadi, pastikan instalasi air sudah terpasang dengan sempurna, ya. Baik itu saluran air bersih ataupun saluran pembuangan air cucian. Pastikan juga pemasangan kabel listrik sudah aman dan diletakkan pada area yang tinggi. Bila perlu, beri penutup khusus untuk mencegah terjadinya konsleting. Mencuci baju jadi lebih semangat, deh!

Semoga bermanfaat.

Artikel Ini Telah Tayang di dekoruma.com dengan Judul: 6 Ide Desain Laundry Room, Cuci Baju Jadi Lebih Semangat!

Editor: Antariksa Group

Bagikan :