Indonesia Website Awards

Inspirasi Interior Apartemen dengan Konsep Japandi yang Nyaman

ANTARIKSA – Apartemen 1 kamar tidur terdengar mustahil untuk dapat terasa comfy bagi beberapa orang. Padahal, ada banyak cara untuk membuatnya menjadi hunian yang nyaman. Salah satu solusinya adalah menerapkan gaya Japandi.

Japandi sendiri merupakan perpaduan antara gaya Jepang dan Skandinavia. Gaya Jepang ini menjunjung pemahaman bahwa sesuatu yang sederhana dan memiliki kekurangan itu bisa tampil sempurna. Sementara itu, gaya Skandinavia menekankan konsep hidup yang serba cukup, tidak berlebihan ataupun kekurangan.

Alhasil, konsep Japandi ini memastikan kamu mendapatkan kualitas hidup terbaik di dalam hunian, sekalipun huniannya berukuran mungil. Nah, kali ini saya akan mengulas hasil proyek apartemen 1 kamar tidur yang menerapkan gaya Comfy Japandi. Kira-kira seberapa comfy dan bagaimana penerapan Japandi pada apartemen tersebut, ya? Yuk, simak ulasannya bersama!

Tata Ruang yang Efisien

desain interior dapur apartemen bergaya Japandidekoruma.com

Apartemen 1 kamar tidur yang berada di daerah Cengkareng ini memiliki luas 29,7 meter persegi sehingga tidak ada banyak ruang untuk membuat ruang makan dan dapur secara terpisah. Nah, untuk memastikan kedua ruangan tetap ada di dalam apartemen dan terasa nyaman, dibuatlah desain yang memanjang. Selain jadi hemat tempat alias space-saving, penghuni pun akan lebih leluasan bergerak.

Meja makan dan dapur berada di satu garis yang sama. Panjangnya sekitar 4 meter. Area ini dilengkapi dengan kabinet di bagian atas untuk menambah ruang penyimpanan. Secara umum, material yang digunakan pada interior apartemen ini adalah kayu berwarna light-medium yang memang menjadi ciri khas Japandi.

Dapur Serba Berkecukupan

kitchen set space-saving di apartemen Japandidekoruma.com

Dapur adalah salah satu ruangan yang memiliki banyak perabotan dan peralatan elektronik dapur. Namun, dengan gaya Japandi, kamu diajak untuk berpikir kembali barang-barang apa saja yang esensial atau yang memang benar-benar dibutuhkan.

Dapur di apartemen ini hanya diisi dengan kompor, bak cucian, ruang penyimpanan, dispenser, dan kulkas. Untuk memaksimalkan ruang pada unit apartemen ini, dibuatlah tempat khusus yang space-saving untuk dispenser, di mana bagian atasnya terdapat rak terbuka dan lemari. Area yang tadinya kosong, jadi bermanfaat untuk menyimpan peralatan masak atau stok makanan, deh!

Area Makan yang Sederhana

desain ruang makan apartemen Japandidekoruma.com

Meskipun area meja makan pada apartemen ini terbatas, tapi nuansanya tetap comfy. Mejanya dibuat melayang tanpa kaki. Hal ini membuat ruangan jadi lebih lega dan space-saving.

Selain itu, di bagian atasnya terdapat rak dinding untuk meletakkan aneka dekorasi. Alih-alih terlihat sumpek atau gelap, rak dinding tersebut justru jadi poin utama yang membuat area makan pada apartemen ini jadi lebih hidup dan atraktif. Apalagi, di bagian bawahnya dilengkapi juga dengan indirect lighting. Jadi seperti di kafe, ya?

Ruang Keluarga dengan Sofa Space-saving dan Multifungsi

desain ruang keluarga mungil di apartemen Japandidekoruma.com

Beralih ke bagian ruang keluarga dari apartemen Japandi ini. Suasananya langsung terasa berbeda, ya? Hal ini karena penggunaan material kayu di sekeliling ruangan. Warnanya cokelat sedang, senada dengan panel dan meja TV yang minimalis.

ruang keluarga dengan sofa bed di apartemen Japandidekoruma.com

Terdapat beberapa poin penting pada ruang keluarga mungil di apartemen bergaya Japandi ini. Pertama, ada sofa berlapis kain warna abu-abu yang netral. Sofa ini pun sangat multifungsi dan space-saving. Jika ditarik, sofa akan berubah menjadi kasur atau biasa disebut juga sofa bed. Sangat bermanfaat jika ada kerabat yang datang untuk menginap, bukan?

Untuk urusan dekorasi, tanaman hijau dalam pot adalah juaranya. Dekorasi khas Japandi ini tidak hanya menonjolkan kesan alami, tapi juga membuat ruangan apartemen lebih hidup. Selain itu, ada juga rak melayang di atas TV untuk area penyimpanan tambahan, sekaligus untuk menyembunyikan sumber pencahayaan yang warm.

Kamar Tidur dengan Fungsi Lengkap

desain kamar tidur apartemen Japandidekoruma.com

Kamar tidur pada umumnya memiliki tempat tidur, lemari pakaian, dan meja. Meski ukurannya kecil, kamar tidur di apartemen ini tidak menghilangkan satu pun dari elemen tersebut. Interiornya didominasi material kayu yang khas dari gaya Japandi, mulai dari furnitur hingga bagian lantai.

Di seberang ranjang, terdapat lemari baju dan meja. Lemari pakaian tersebut terdiri dari dua pintu dengan sekat-sekat yang membuat ruang di dalamnya lebih maksimal. Pintunya pun menggunakan sistem geser yang space-saving sehingga kamar menjadi lebih leluasa. Sementara itu, mejanya didesain dengan model sederhana, tapi multifungsi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, ataupun berdandan.

Penerapan gaya Japandi pada proyek apartemen yang serba berkecukupan ini sama sekali tidak mengorbankan kebutuhan esensial penghuninya. Hunian malah terasa lebih lega tanpa kehadiran elemen-elemen yang sebenarnya tidak dibutuhkan setiap saat. Suasananya sangat comfy, bukan?

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Ini Telah Tayang di dekoruma.com dengan Judul: Yuk, Intip Desain Interior Apartemen Bergaya Japandi yang Comfy!

Editor: Antariksa Group

Bagikan :