Indonesia Website Awards

Inilah Perbedaan Bangunan Bendung dan Bendungan Menurut Fungsinya

ANTARIKSA – Pertanyaan yang selalu muncul adalah bedanya bendung dengan bendungan itu apa ya? dan sering sekali terbalik-balik mana yang bendung dan mana yang bendungan. Atas dasar itu maka saya berniat membuat ulasan yang mungkin sudah banyak artikel lain yang mengulas tentang perbedaan bangunan bendung dan bendungan. Perlu diketahui bahwa saat ini pemerintah lagi gencar-gencarnya membangun bendung dan bendungan untuk keperluan irigasi persawahan. Lalu apa saja perbedaan bendung dan bendungan itu? Berikut ulasan singkat mengenai bendung dan bendungan.
 
Bendung
Bendung adalah bangunan kontruksi yang melintasi aliran sungai dengan tinggi tertentu bertujuan untuk mengubah karaketeristik aliran sungai dan menaikkan permukaan air agar bisa mengaliri saluran irigasi di sampingnya. Bendung terdiri dari tipe yaitu bendung tetap dan bendung bergerak.
  • Bendung Tetap adalah bendung yang mempunyai tubuh bendung tetap dengan ketinggian tertentu. Sehingga peninggian air tidak bisa diatur karena tidak mempunyai pintu air. Tinggi permukaan air akan tetap.
  • Bendung bergerak adalah bendung yang mempunyai pintu air untuk mengatur ketinggian permukaan air dan mencegah luapan air yang berlebih. Biasanya bendung ini ada di hilir sungai. Apabila terjadi banjir maka bisa di kendalikan luapan airnya dengan membuka beberapa pintu air bendung.
 
Bendungan
Bendungan atau dam adalah bangunan konstruksi penahan aliran sungai yang membentuk sebuah waduk dengan cadangan jutaan kubik air. Fungsi dari bendungan ini adalah sebagai pembangkit listrik, Saluran irigasi, tempat rekreasi, dan cadangan air untuk pertanian apabila saat musim kemarau. Manfaat dari adanya bendungan ini khususnya pada daerah kering adalah petani bisa panen raya setahun 2x  karena saluran irigasi mengalir terus.
Pada konstruksi bendungan sendiri terdapat berbagai macam bangunan seperti spillway (pelimpah), pintu air, Tower Intake untuk PLTA, saluran pengelak pada awal proyek.
Dari ulasan di atas kita dapat mengetahui perbedaan bendung dan bendungan terdapat pada fungsi bangunan tersebut. bendung berfungsi untuk meninggikan air dalam skala kecil dan air masih tetap mengalir dari atas tubuh bendung. Sedangkan bendungan berfungsi untuk menyimpan cadangan air untuk dialirkan ke sawah-sawah dan menjadi tenaga pembangkit listrik.
Artikel Ini Telah Tayang di ilmuproyek.com dengan Judul: Perbedaan Bendung dan Bendungan
Editor: Antariksa Group
Bagikan :