Inilah 4 Alasan Mengapa Bangunan Harus Segera Dibongkar

ANTARIKSA – Pembongkaran bangunan sering dilakukan dengan tujuan tertentu. Ada beberapa alasan dan tujuan mengapa bangunan harus dibongkar. Khusus untuk bangunan gedung bertingkat diperlukan beberapa pertimbangan yang sangat matang agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan sekitar. selain itu, metode yang digunakan pun harus disesuaikan dengan jenis struktur bangunan maupun lingkungan sekitar. Ada 4 metode yang biasa digunakan untuk membongkar gedung seperti pada penjelasan sebelumnya.
Pembongkaran gedung harus dilakukan oleh tim yang profesional dan mempunyai pengalaman dibidang demolishing. Tim yang berpengalaman akan memperkecil resiko kegagalan. Sehingga tetap aman untuk lingkungan sekitar.
Berikut ini beberapa Alasan mengapa bangunan harus dibongkar segera:

1. Kegagalan Desain Struktur

Alasan pertama mengapa bangunan harus segera dibongkar adalah kegagalan struktur seperti gedung baru yang sudah miring. Kesalahan ini disebabkan oleh perhitungan struktur yang kurang tepat khususnya perhitungan struktur pondasi. Penurunan pondasi yang tidak seragam menyebabkan bangunan miring. Hal ini sangat membahayakan bagi struktur- struktur di atas pondasi. Memang ada batasan toleransi yang diijinkan, namun jika sudah terlihat melebihi toleransi harus segera dibongkar karena tidak layak huni.
Biasanya sebelum dilakukan pembongkaran, akan diperhitungkan terlebih dahulu biaya perbaikan maupun biaya pembongkaran. Apabila biaya perbaikan struktur lebih mahal dibanding pembongkaran, jelas akan dilakukan pembongkaran.

2. Bangunan yang sudah tua

Pembongkaran pada bangunan yang sudah tua sering dilakukan karena memang sudah tidak digunakan dan beresiko membahayakan sekitar. Kasus ini banyak terjadi pada bangunan jembatan dan bekas pabrik. Bangunan tua lebih rentan terhadap goncangan gempa. Mungkin dulu saat pembangunan, koefisien gempa belum diperhitungkan. Namun untuk memulai pembongkaran bangunan tua perlu dilakukan assesment bangunan terlebih dahulu.
 

3. Perubahan Fungsi Bangunan

Terkadang pemilik bangunan akan membongkar bukan karena sudah membahayakan penghuni, melainkan ingin mengubah fungsi dari bangunan tersebut. Perubahan fungsi bangunan biasa terjadi di kota- kota besar. Yang awalnya sebuah gedung perkantoran dijadikan gudang pabrik atau sebaliknya.

4. Izin Bangunan tidak sesuai dengan fungsinya

Penyebab bangunan harus dibongkar adalah IMB dengan fungsi bangunan pada kenyataannya tidak sesuai dan kegiatan yang dilakukan di dalam bangunan mempunyai dampak terhadap lingkungan. Biasanya petugas perijinan akan memberikan kesempatan untuk mengubah perijinan bangunan agar sesuai dengan fungsi aslinya. Namun jika tidak segera dilakukan, akan dilakukan tindakan pembongkaran.
itulah 4 penyebab bangunan harus segera dibongkar. Dalam proses pembongkaran pun juga harus memperhatikan aturan- aturan yang berlaku agar tidak menimbulkan dampak negatif.
Semoga bermanfaat.
Artikel Ini Telah Tayang di ilmuproyek.com dengan Judul: 4 Penyebab bangunan harus dibongkar
Editor: Antariksa Group
Bagikan :