Indonesia Website Awards

Girder Baja dalam Teknik Sipil

ANTARIKSA – Girder baja sebagai salah satu elemen dalam konstruski mulai dari jembatan hingga gedung yang bentuknya sangat beragam dengan segala keuntunganya.

Girder baja adalah salah satu produk konstruksi yang kini diproduksi secara masal oleh manufaktur. Penggunaannya sangat luas dalam teknik sipil, seperti dalam konstruksi jembatan.

Girder sendiri merupakan sebuah balok di antara dua penyangga pada suatu jembatan berupa pier maupun abutment. Umumnya, material pembuatan girder ini yaitu dari baja dan tulangan beton dengan banyak pertimbangan. Misalnya karena lebih kuat dan tahan lama. Meskipun demikian, ada pula girder yang terbuat dari beton precast yang dibuat di pabrik secara pra-cetak.

Bentuk-Bentuk Girder Pada Konstruksi

Girder baja maupun beton memiliki banyak bentuk. Hal ini memberikan keuntungan tersendiri sehingga ahli teknik sipil bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah contoh dari bentuk girder yang dimanfaatkan dalam konstruksi :

  • PCI Girder
    Bentuk girder yang satu ini bisa pula disebut dengan istilah Balok I. Pembuatannya bisa dari bahan komposit maupun non komposit. Pemilihannya berdasarkan pada jenis kekuatan yang diperlukan. Selanjutnya, hal ini akan turut mempengaruhi biaya yang akan dikeluarkan.
  • Box Girder
    Pada pembangunan jembatan ataupun fly over, jenis girder ini sering kali digunakan, khususnya jembatan bentang panjang. Desainnya mirip box dengan struktur menerus di atas pilar. Bentuk ini akan menguntungkan dengan bentang menerus.Bentuknya bisa berupa balok, maupun trapesium. Meskipun bentuk trapesium lebih banyak digunakan karena sangat efisien dibandingkan bentuk balok ataupun kotak. Keunggulan dari jenis girder ini adalah sangat cocok dipakai untuk menangani gaya puntir. Aplikasinya cocok untuk konstruksi jembatan melengkung.
  • Girder bentuk T
    Girder yang satu ini umumnya dibuat dari beton dengan struktural. Aplikasinya sangat direkomendasikan karena ekonomis untuk bentang jembatan 40 sampai dengan 60 ft.
  • Plate girder
    Bentuknya berupa balok besar dengan susunan elemen pelat yang kemudian disatukan dengan alat penyambung khusus. Contoh aplikasi girder ini adalah untuk gelagar lantai gedung, gelagar jembatasn maupun bangunan gudang. Inilah contoh pemakaian girder unik yang satu ini.
  • U girder
    Ada girder yang berbentuk huruf U. Ada keunikan tersendiri dari bentuk material yang satu ini. Misalnya adalah terletak pada susunan tendon yang berpasangan. Adanya susunan ini mengharuskan penarikan kabel strand pada girder dengan memanfaatkan dua dongkrak sekaligus.Meskipun demikian, di Indonesia, jenis girder yang satu ini jarang dipakai. Salah satu alasannya adalah ketersediaan di produsen girder belum ada dan ready karena keterbatasan cetakan U girder.

Bentuk Girder

Manfaat Girder Baja Secara Umum Pada Struktur Jembatan

Girder adalah suatu bagian struktur atas pada sebuah kontruksi, seperti jembatan. Fungsinya adalah untuk menyalurkan beban kendaraan maupun berat girder itu sendiri ataupun beban lain yang ada di atas girder tersebut untuk menuju ke bagian struktur bawah.

Maka dari itulah, fungsi girder ini sangat besar sekali pada struktur jembatan. Beton menjadi alternatif dari penggunaan girder ini. Oleh manusia, sejak jaman dulu, jenis material ini sudah dipakai untuk pembangunan jembatan maupun konstruksi.

Seiring berjalannya waktu, girder ini dibuat dari bahan yang lebih tahan lama menyesuaikan dengan kebutuhan. Baja adalah salah satunya karena kuat dan bisa diandalkan. Material yang satu ini juga memiliki ketahanan yang lebih besar daripada material lain.

Untuk kebutuhan konstruksi Anda, baik jembatan maupun gedung bangunan pastikan memperoleh jenis dan bentuk Girder baja sesuai kebutuhan. Sesuaikan pula dengan persiapan budget yang ada. Dengan cara itu, maka konstruksi akan berjalan lebih lancar.

Artikel Ini Telah tayang di solusikonstruksi.com dengan Judul: Pemakaian Girder Baja dalam Tekik Sipil dan Kegunaannya

Editor: Antariksa Group

Bagikan :