Finishing Elemen Interior dengan Semen Ekspos untuk Menghemat Biaya

ANTARIKSA – Semen ekspose sebagai finishing bangunan eksterior maupun interior saat ini mudah dijumpai sebagai finishing dinding, lantai, plafon bahkan furniture ataupun sebagai elemen estetis.  Semen ekspose adalah teknik finishing yang menggunakan semen saja, tanpa adanya acian dan cat berwarna, sehingga warna semen itu sendiri yang ditonjolkan. Umunya warna semen adalah abu-abu, namun ada juga jenis semen putih. Semen bisa juga diberi warna tambahan dengan campuran metallic oxide pigmen atau lime-proof colors. Warna hasil finishing semen ekspos lebih menarik karena berupa pola halus dan warna yang tidak homogen jika dibandingkan dengan hasil cat yang menghasilkan warna yang homogen, secara estetika hasil finishing semen ekspos akan berkesan alami.  Finishing semen ekspose dapat menghasilkan berbagai macam tekstur dan dicetak sesuai dengan keinginan. Saat ini finishing semen ekspose banyak ditemui pada desain interior bergaya industrial atau alami.

Finishing semen ekspose ini kerap disebut dengan ‘unfinished’. Sebenarnya kata ‘unfinished’ merupakan sebuah istilah dan bukan material yang benar-benar belum selesai atau tak ber-finishing. Sebelumnya orang mengenal bahwa permukaan dinding difinishing dengan cat, sedangkan lantai menggunakan keramik dan sejenisnya, sehingga jika finishing permukaan tersebut hanya menggunakan semen akan disebut unfinished.

Aplikasi finishing semen ekspose dinilai lebih ekonomis, karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk proses material finishing lainnya. Aplikasi finishing semen ekspos pada lantai, akan menghemat biaya bahan dan tukang untuk proses acian, pengecatan ataupun pemasangan wallpaper. Jika diaplikasikan di lantai, maka akan menghemat biaya pembelian keramik, tegel ataupun parket. Sedangkan jika finishing semen ekspose diaplikasikan di plafon, maka akan menghemat biaya rangka dan material plafon.

Lantai dengan Finishing Semen Ekspose

Sumber : https://id.scgbuildingmaterials.com/living-ideas/tips-dan-pengetahuan/guide-to-polished-concrete-floors

Dalam pengerjaannya, finishing semen ekspos terutama untuk lantai sebaiknya dilapisi cairan khusus atau coating sebagai langkah akhirnya. Lapisan coating berfungsi agar semen ekspose tahan terhadap gesekan dan mudah dibersihkan. Selain itu lapisan coating juga befungsi untuk melindungi semen ekspose dari kondisi kelembapan dan cuaca ekstrim.

Meski semen ekspose sensistif terhadap air, namun perawatannya masih terbilang mudah. Jika diaplikasikan untuk lantai, cukup di sapu dan di pel seperti pada umunya. Lapisan coating dapat diperbarui dalam jangka waktu tertentu. Agar menjaga keutuhan semen ekspos dan coatingnya maka harus meminimalisir gesekan dengan furniture, benda tajam dan berat.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Ini Telah Tayang di binus.ac.id dengan Judul: Menghemat Biaya Finishing Elemen Interior dengan Semen Ekspos

Bagikan :