Indonesia Website Awards

Dibandingkan dengan Tanaman Asli, Inilah Plus Minus Tanaman Artfisial dalam Ruang

ANTARIKSA – Seiring berkembangnya waktu, tanaman dalam ruangan kini menjadi Life Style. Dengan kondisi seperti ini, tujuan utama dari adanya tanaman dalam ruangan adalah untuk mempercantik ruangan atau estetika. Untuk mempercantik ruangan, kini sudah mulai banyak tanaman artifisial yang semakin lama semakin mirip bentuk dan warnanya dengan tanaman asli. Bahkan tanaman ini dikemas dengan pot yang unik.  Tanaman artifisial ini tersedia dalam berbagai bentuk, dimulai dari tanaman rambat, tanaman gantung dan tanaman dalam pot.

Berikut akan kita bahas seperti apa plus minus antara tanaman artifisial dibandingkan dengan tanaman asli.

  1. Tanaman Artifisial

Kelebihan (+) :

  1. Bebas memilih ukuran dan bentuk

Dengan perkembangan teknologi terkini, tanaman artifisial saat ini sudah dibuat semakin mirip dengan aslinya. Jika dilihat

  1. Bebas Perawatan

Karena tanaman ini merupakan buatan, maka tidak perlu dilakukan perawatan seperti menyiram, memberi pupuk maupun merapikan daunnya.

  1. Tidak mudah rusak

Ada jenis tanaman tertentu misalnya sukulen mempunyai daun yang mudah patah atau lepas. Pada tanaman artifisial kondisi seperti ini tidak akan terjadi

  1. Bisa diletakkan dimana saja

Tanaman ini tidak memerlukan pencahayaan apapu sehingga bisa diletakkan d area manapun, baik yang mendapatkan cahaya alami maupun minim pencahayaan.

  1. Jenis apapun bisa masuk ruangan

Ada berbagai tanaman yang bisa masuk ruangan maupun tidak. Hal ini dikaitkan dengan kebutuhan cahaya alami. Untuk tanaman artifisial yang tidak membutuhkan pencahayaan alami maka tanaman jenis apapun tidak akan menjadi masalah

Kekurangan (-)

  1. Menjadi sarang debu

Karena tanaman ini minim perawatan, maka tanaman ini akan sangat jarang dipindah sehingga dengan jangka waktu yang lama akan menjadi sarang debu.

  1. Jenis tanaman Artifisial dengan kualitas rendah akan nampak tidak alami

Tanaman artifisial memiliki kualitas yang tertinggi hingga terendah. Pada kualitas terendah tanaman ini terlihat seperti plastik sehingga akan terlihat tidak alami, misalnya daun terlihat sangat mengkilat dan halus.

  1. Tidak memberikan dampak positif untuk kualitas udara

Karena tanaman artifisial merupakan benda mati, maka tidak akan memberikan dampak positif untuk kualitas udara dalam ruangan.

  1. Tanaman Asli

Kelebihan (+)

  1. Tidak mudah menyimpan debu

Tanaman alami pasti akan membutuhkan perawatan yaitu meletakkan tanaman di luar ruangan pada periode tertentu dan dilakukan penyiraman. Aktivitas ini akan sekaligus membersihkan tanaman dari debu.

  1. Sudah pasti terlihat alami

Tentu saja tanaman alami akan mempunya tekstur dan warna yang sempurna

  1. Dapat memberikan dampak positif untuk kualitas udara

Di dalam ruang terdapat banyak polutan dan gas berbahaya yang dihasilkan dari material dalam ruangan yang akan berdampak buruk pada kesehatan, yaitu benzena, xylene, formaldehida, xilena dan nitrogen oksida. Pada tanaman tertentu dapat menyerap polutan dan gas berbahaya dalam ruangan

Kekurangan (-)

  1. Bentuk dapat berubah

Pada tanaman alami, pertumbuhan tanaman belum tentu memberikan dampak positif terhadap keindahan bentuk. Pada tanaman tertentu akan terlihat kurang bagus ketika sudah tumbuh

  1. Harus dilakukan perawatan

Karena tanaman alami dan merupakan makhluk hidup, maka memerlukan perawatan (minimal penyiraman,pemupukan dan pencahayaan alami) yang dinilai berat pada orang tertentu.

  1. Mudah rusak

Terdapat tanaman tertentu yang daunnya mudah rusak misalnya sobek atau patah. Untuk perlu hati-agar tidak rusak.

  1. Tidak bisa diletakkan dimana saja

Tanaman ini pada dasarnya membutuhkan cahaya meskipun hanya intensitas rendah. Oleh sebab itu penentuan perletakan tanaman harus menjadi pertimbangan.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Ini Telah Tayang di binus.ac.id dengan Judul: Plus Minus Tanaman Artfisial dalam Ruang

Editor: Antariksa Group

Bagikan :