Indonesia Website Awards

Ciri dan Kelebihan Konsep Bangunan Rumah Scandinavian

ANTARIKSA – Konsep Rumah Scandinavian populer, karena memadukan unsur alam dan modern dalam kesederhanaan, berikut ciri dan kelebihan konsep bangunan import dari Eropa Utara ini.

Mungkin bisa langsung Anda tebak, konsep Rumah Scandinavian diambil dari budaya import masyarakat kawasan semenanjung utara benua Eropa. Secara letak geografis, kawasan ini dihimpit dua karakter yang kuat, yakni pergunungan bersalju dan hutan cemara.

Karena pengaruh hal ini, nuansa Rumah Scandinavian sering digambarkan dengan dominasi warna putih, Alami dan penggunaan material kayu. Penduduk Eropa yang modern juga pada akhirnya membuat konsep rumah tradisional Scandinavian mendapat banyak modifikasi.

Sehingga seperti yang kita kenal sekarang, konsep Rumah Scandinavian memiliki beberapa kombinasi diatas.

Ciri Bangunan Rumah Scandinavian

Ornamen Kain. Bagian ini sering ada untuk beberapa kebutuhan, seperti gorden, pelengkap furniture dan sekedar dekorasi. Hal ini mengadopsi dari kebudayaan viking masyarakat Scandinavia yang sering menggunakan ornamen ini.

Untuk menyelaraskan dengan lingkungan sekitar, warna kain yang dipakai umumnya lebih terlihat, atau minimal sedikit terlihat dari warna putih. Selain itu, perpaduan warna gelap yang tidak terlalu dominan juga kerap muncul untuk kebutuhan ini.

Pewarnaan Netral, dan cenderung putih. Warna netral dan putih biasa didapat dari berbagai ornamen bangunan, seperti warna cat tembok. Selain itu, furniture, karpet, ornamen hiasan seperti lukisan dan sebagainya.

Hampir setiap ruangan di rumah akan didominasi warna putih, atau warna netral yang soft. Proses penataan yang tepat akan membuat pemandangan lebih sedap dilihat, dan membuat Anda betah berlama-lama.

Jendela besar. Menjadi ornamen yang biasa ada pada konsep Rumah Scandinavian. Bagian ini biasa digunakan sebagai jendela atau pintu yang dapat digeser sebagai akses rumah menuju luar rumah, biasanya taman.

Umumnya, ornamen ini ada di bagian ruang tamu, hanya saja beberapa desain meletakkan bagian ini di sekitar kamar tidur. Berharap nuansa alam bisa Anda dapat setiap hari ketika bangun tidur, solusi mendapat “mood booster” saat akan memulai aktivitas setiap hari.

Nuansa Alam (Hutan). Nuansa alam biasa di dapat dari banyak hal, terutama dekorasi interior di dalam rumah. Seperti motif pada karpet, lukisan alam, gorden, furniture dengan dekorasi alam dan sebagainya.

Selain ornamen hiasan, beberapa tanaman dengan pot juga biasa dimasukkan ke dalam rumah. Cara ini juga biasa dilakukan dengan tanaman tiruan dengan tujuan proses perawatan yang relatif lebih mudah.

Interior sederhana. Kesederhanaan sering menjadi salah satu konsep. Termasuk dalam hal penataan ruangan dengan minim sekat. Proses ini membuat tiap ruangan rumah terlihat tampak luas dan menyenangkan.

Ditambah lagi penggunaan furniture sederhana membuat setiap sudut ruangan dapat terlihat dengan mudah. Cara ini juga membuat aktivitas mobile di rumah lebih mudah dan sangat menyenangkan.

Kelebihan Memilih Konsep Rumah Scandinavian

Bagi Anda yang suka dengan tema alami, simple tapi tetap terkesan modern, konsep Rumah Scandinavian bisa jadi solusi yang menjawab kebutuhan. Berikut beberapa kelebihan lain yang bisa Anda dapat dari konsep ini ;

Rumah tampak luas. Mengutamakan keleluasaan, konsep rumah biasanya minim sekat. Atau jika dibutuhkan, bagian ini biasanya disamarkan dan cara ini tentu saja memiliki tujuan tertentu. Yakni membuat dalam rumah terlihat sangat luas.

Tak hanya itu, penggunaan tema warna putih akan membangun persepsi psikologi pada seseorang, terutama penghuni rumah atau orang yang berada di dalam rumah. Yakni seakan berada dalam ruangan yang lebih luas, dibanding penggunaan warna lain, selain putih.

Lebih segar dan cerah. Bagi masyarakat Skandinavia, sinar matahari adalah hal utama, karena musim dingin di kawasan tersebut yang kerap berkepanjangan. Oleh karena itu, konsep hunian ini sering dibangun dengan akses luas sinar matahari untuk dapat masuk ke dalam rumah.

Salah satu cara paling sering dilakukan adalah dengan memperbesar jendela kaca, ventilasi dan sebagainya. Cara ini akan membuat dalam rumah tampak segar, dan terang setiap hari dari sumber alami sinar matahari.

Modern Namun Simple. Kesederhanaan menjadi hal utama dalam membangun konsep  modern rumah Scandinavian. Kebutuhan ini biasanya sangat populer, terutama masyarakat modern seperti sekarang.

Furniture fungsional sering menjadi pilihan, membuat penggunaan barang-barang di rumah bisa diminimalisir. Hal ini sangat ideal bagi Anda yang benci kesemrawutan, dan lebih suka setiap benda tertata tepat pada tempatnya.

Ramah Lingkungan. Karena mengadopsi tema tradisional yang dikembangkan secara modern, penggunaan bahan material bangunan juga menjadi elemen penting dalam konsep ini. Diantaranya memiliki ornamen bangunan yang didominasi dengan kayu dan bahan alami lain.

Jendela yang besar juga membuat sumber pencahayaan bisa didapat secara alami, terutama pada saat pagi dan siang hari. Penggunaan energi sehat ini selaras dengan gaya hidup modern yang ramah dengan lingkungan.

Kembali Ke Alam. Meski sudah mendapat sentuhan modernisasi, konsep rumah Scandinavian tetap mengedepankan karakter alam. Dekorasi lukisan pemandangan, penggunaan bahan kayu dan karakter lain yang dibangun seakan memberi nuansa alam di dalam rumah.

Tak hanya itu, membangun konsep luar ruangan dengan tema yang sama akan mengoptimalkan konsep rumah Scandinavian Adan. Sehingga tak hanya dari dalam, tampak luar rumah akan terlihat sangat berestetika.

Ideal untuk Tumbuh Kembang Anak. Unsur alam, space minim sekat adalah tempat bermain anak yang ideal. Selain itu, faktor ini juga membuat orang tua lebih mudah dalam hal memonitor aktivitas anak, terutama pada saat di dalam rumah.

Selain itu, sumber sinar matahari alami yang datang setiap hari memberi manfaat manfaat langsung, terutama bagi tumbuh kembang anak. Selain itu, asupan vitamin D dari sinar matahari akan meningkatkan sistem kekebalan, membuat anak tak mudah sakit.

Sederhana dan Membuat Anda Betah. Selaras dengan konsep Modern Minimalis, Rumah Scandinavian kerap diwujudkan dengan kesederhanaan. Mulai dari pemilihan dekorasi cat dengan warna putih atau netral, dan cara memilih furniture.

Kombinasi ini akan memberi kesan simpel, namun tertata dengan modern dengan ornamen persegi pada jendela,  tangga dan ornamen interior lain. Nuansa ini akan membuat Anda betah berlama-lama di dalam rumah.

Seperti memilih pakaian, membangun konsep hunian yang tepat akan membuat Anda nyaman saat menggunakan atau berada di dalamnya. Dari semua konsep, kesederhanaan dan masalah estetika membuat model Rumah Scandinavian banyak jadi pilihan, terutama masyarakat modern.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Ini Telah Tayang di awrm.co.id dengan Judul: Kelebihan Konsep Rumah Scandinavian

Editor: Antariksa Group

Bagikan :