Cara Menghitung Volume Dinding

ANTARIKSA – Menghitung volume dinding bukanlah hal yang sangat sulit dilakukan. namun bagi orang yang tidak bergerak dibidang ilmu teknik sipil menjadi hal yang baru untuk diketahui. anda yang masuk dalam artikel ini tentu merupakan orang yang ingin tau tentang menghitung volume pekerjaan dinding? ada berada dijalur yang benar. menghitung volume pekerjaan dinding bisa anda ketahui dengan mudah, baca ulasan ini hingga selesai untuk belajar cara menghitung volume pekerjaan dinding. ketika anda sudah bisa belajar menghitung volume dinding maka anda tidak akan salah langkah dalam membangun sebuah rumah.
Dinding merupakan bagian penting dari rumah, gedung dan perkantoran non struktural yang menjadi pemisah ruangan hingga ruang-ruang telihat lebih menarik  dan rapi.

Mari kita belajar cara menghitung volume kebuthan material untuk sebuah pekerjaan dinding

Luas keseluruhan dinding atau luas kotor dinding dapat dihitung dengan mengkalikan total panjang dinding dengan tinggi dinding tersebut.

Luas Total = Panjang Total Dinding X Tinggi Dinding 

Setelah didapat total luasan dinding maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengurangan terhadap total luas dinding dengan total luas bagian tanpa dinding. Yang dimaksud dengan bagian luas tanpa dinding disini adalah luasan pintu, jendela, ventilasi, rooster, dan bagian bagian lainnya yang menjadi kesatuan terhadap dinding namun bukan bagian dari pekerjaan dinding.

Luas Dinding = Luas Total – Luas Total Pintu,jendela,rooster,lubang,dan lainnya.

Untuk lebih jelasnya, Berikut adalah contoh perhitungan volume dinding rumah:
 menghitung volume pekerjaan dinding sederhana
Dari gambar ilustrasi di atas, dapat kita ketahui ukuran dari bangunan atau rumah tersebut adalah 5 m x 5 m.
Untuk menghitung luas dinding dari bangunan tersebut maka langkah awal yang harus dilakukan seperti yang telah disebutkan diaawal tadi maka:
Luas Total = Panjang Total Dinding X Tinggi Dinding
Luas Total = (5+5+5+5) m X 4 m
Luas Total = 20 x 4 = 80 m2
Setelah kita mendapatkan luas total keseluruhan dinding maka langkah selanjutnya adalah menghitung luas bersih dinding.
Luas Dinding = Luas Total – ( Luas Pintu + Luas Jendela )
Luas Dinding = 80 – (( 2 x 0,9 ) + ( 2 x 0,8 x 0,6 ))
Luas Dinding = 80 – 2,76 = 77,24 m2
Jadi luas dinding bangunan tersebut adalah 77,24 m2
Cara menghitung volume dinding telah berhasil anda pelajari, maka dapat disimpulkan anda bisa membuat  RAB pekerjaan dinding, serta anda bisa menghitung kebutuhan material yang akan dibutuhkan. seperti bata merah, semen, dan material lainnya dibutuhkan. selamat mencoba dan salam sukses untuk kita semua.
Artikel Ini Telah Tayang di insinyurgoblog.com dengan Judul: Cara menghitung volume pekerjaan dinding sederhana
Editor: Antariksa Group
Bagikan :