Cara Menghitung Keramik yang Dibutuhkan dalam Pembuatan Rumah

ANTARIKSA -Pagi sobat sipil, jumpa lagi kita pagi ini dalam belajar bersama. Pagi ini kita akan membahas cara menghitung kebutuhan keramik. Pada dasarnya untuk mengetahui kebutuhan keramik untuk suatu rumah baik itu untuk keramik lantai ataupun dinding kita harus mengetahui luas area yang akan dipasang keramik. Setelah kita mengetahui berapa luas area yang mau dipasang, maka kita harus mengetahui tipe atau ukuran keramik yang mau dipasang. Ukuran keramik bervariasi mulai dari yang terkecil 20 x 20 cm hingga 120 x 120 cm.
Untuk ukuran keramik kita bisa memilih sendiri selera dan keinginan dari kita karena pastinya dari ukuran keramik pasti akan memberikan kesan yang berbeda, bisa lebih menarik ataupun sebaliknya.
Misal kita memakai keramik ukuran 20 x 20 cm per keping dan dalam satu kotak berisi 25 keping. Maka dari ukuran itu kita bisa tetapkan 1 kotak keramik 20 x 20 cm dapat digunakan untuk luas 1 m2, dengan hitungan 25 x 0,2 x 0,2 = 1 m2. Hitungan ini harus kita ketahui terlebih dahulu untuk memudahkan kita nantinya. (NB :setiap kotak dengan ukuran berbeda maka jumlah kepingnya berbeda)
Setelah kita mengetahui luas untuk 1 kotak keramik maka tinggal kita kali kan saja dari luas area yang mau kita pasang, misal ukuran 5 x 5 = 25 m2. Hitungan di awal kita sudah mengetahui untuk 1 kotak bisa dipasang 1 m2 jadi untuk luas area  25 m2 kita membutuhkan keramik 5 x 5 x 1 (kotak)= 25 Kotak.
Keramik ukuran 30 x 30 cm dalam satu kotak biasanya 11 keping, maka 1 kotak keramik dengan ukuran 30 x 30 cm dapat dipasang untuk luas 0,3 x 0,3 x 11 = 0,99 M2.
Keramik ukuran 40 x 40 cm dalam satu kotak biasanya 6 keping, maka 1 kotak keramik dengan ukuran 40 x 40 cm dapat dipasang untuk luas 0,4 x 0,4 x 6 = 0,96 M2.
Keramik ukuran 60 x 60 cm dalam satu kotak biasanya 3 keping, maka 1 kotak keramik dengan ukuran 60 x 60 cm dapat dipasang untuk luas 0,6 x 0,6 x 3 = 1,08 M2.
Setelah sobat lihat perhitungan diatas, maka bisa kita simpul kan untuk 1 kotak keramik kita bisa memakai acuan 1 m2. Nah tinggal sobat lihat luas yang akan dipasang keramik serta menentukan warna dan ukuran yang cocok dilihat mata dan area yang akan dipasang keramik.
Setelah itu semua telah sobat tetapkan maka sobat bisa langsung ke toko bangunan atau toko keramik untuk pembelian keramik yang telah ditetapkan sesuai dengan keinginan sobat.

Cara menghitung kebutuhan keramik rumah sederhana

Cara menghitung kebutuhan keramik
Kita lanjut ke contoh perhitungan sederhana untuk kebutuhan keramik sesuai dengan ukuran gambar diatas. Kita misalkan untuk pemasangan keramik lantai untuk area tuang tamu dan kamar utama. Disini kita misalkan luas ruang tamu 3 x 3 = 9 m2 dan kamar utama 4 x 4 = 16 m2 maka luas total yang akan dipasang keramik ( 4 x 4 ) + (3 x 3 ) = 25 m2
pada kasus ini kita akan memasang keramik dengan ukuran 30 x 30 cm. di awal kita telah membahas ukuran 1 kotak keramik dengan ukuran 30 x 30 cm dengan luas 1 kotak 0,99 m2 jadi :
Maka kebutuhan keramik yang akan dipasang pada ruang tamu dan kamar utama yaitu 25 x 0,99 = 25, 25 kotak. Biasanya keramik saat dipasang memiliki kendala retak, pecah atau belah maka untuk mengantisipasi itu bisanya untuk pemesanan kita lebihkan 3% dari jumlah kebutuhan keramik yang akan dipasang makan 25,25 + (25,25 x 3%) = 25,25 + 0,7575 = 26 kotak.
Seandainya dari hitungan sobat nantinya memiliki nilai desimal makan sebaiknya sobat bulat kan keatas untuk lebih pas saat membeli keramik yang dibutuhkan.
Untuk pemasangan disarankan berkomunikasi pada orang yang telah berpengalaman dalam bidang ini. Hitungan diatas cuma untuk acuan sobat yang ingin mengetahui kebutuhan keramik untuk pemasangan keramik dirumah. Pemasangan keramik dengan orang yang lebih mengerti maka akan memberikan hasil yang lebih bagus serta bisa lebih efisien untuk waktu dan biaya yang akan dikeluarkan.
Dari hitungan kebutuhan keramik diatas kita bisa memperkirakan jumlah keramik yang kita butuhkan. Namun harga keramik berbeda setiap toko bangunan belum lagi untuk biaya pengiriman barangnya. Maka kami sarankan untuk sobat bisa survei toko bangunan atau toko keramik terlebih dahulu untuk perbandingan harga dan kualitas keramik yang akan dipasang agar bisa mendapatkan kesan keramik mewah dengan harga murah.
Itulah cara menghitung kebutuhan keramik rumah sederhana yang telah kita pelajari bersama. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita.
Artikel Ini Telah Tayang di insinyurgoblog.com dengan Judul: Cara menghitung kebutuhan keramik rumah sederhana
Editor: Antariksa Group
Bagikan :