Cara dan Langkah- langkah Membuat Sudut Siku Bangunan Proyek

ANTARIKSA – Salah satu parameter persiapan pekerjaan yang matang adalah pengukuran yang tepat dan akurat. Dan salah satu parameter pengukuran yang baik adalah mampu membuat sudut siku pada bangunan. Sudut siku bangunan tersebut sangat berguna sebagai acuan pekerjaan- pekerjaan selanjutnya. Di awal proyek, penentuan sudut siku- siku ini biasanya terdapat pada pekerjaan bouwplank atau setting out bangunan.
Pada proyek gedung, penentuan sudut siku bangunan juga dilakukan saat akan mengerjakan dinding. Lalu pertanyaannya adalah mengapa sudut bangunan harus benar- benar siku? jawabannya sangat berkaitan dengan estetika, kekuatan struktur, perabotan rumah tangga, pemasangan keramik, dan sebagainya.
Suatu bangunan harus membentuk siku pada setiap pertemuan. Hal ini untuk menghindari waste/sisa material pemasangan keramik karena sudat tidak pas. Selain itu, apabila struktur kolom dan balok tidak siku maka akan berpengaruh terhadap kekuatan struktur. Sudut bangunan yang siku juga akan mempermudah pekerjaan interior seperti peletakkan perabot rumah tangga.
Ada beberapa cara untuk membuat sudut siku pada bangunan di proyek antara lain:

1. Menggunakan Theodolit

Cara membuat sudut siku dengan bantuan alat theodolit sudah sering dilakukan. Alat ini bisa digunakan untuk membuat siku dengan mudah. Langkah pertama adalah setting alat theodolit terlebih dahulu di atas titik. Selanjutnya apabila akan membuat garis bersiku maka theodolit diarahkan ke titik acuan. Setelah dikunci pada titik tujuan, pastikan sudut pada layar theodolit sudah 0d0’0″. Putar teropong tersebut sampai 90d ke kanan. Kemudian asisten surveyor memberi tanda menggunakan sipat.

2. Menggunakan segitiga pythagoras

Cara lain membuat sudut siku pada bangunan bisa menggunakan segita siku pythagoras 3,4,5. Segitiga tersebut mempunyai perbandingan sisi- sisinya 3:4:5. Seperti keterangan gambar di bawah ini.

sudut siku, setting out, survey,

Segitiga dengan perbandingan sisi 3:4:5 mempunyai sudut 90 derajat sehingga bisa digunakan untuk membuat sudut siku pada bangunan dengan mudah. Banyak tukang yang menggunakan cara ini apabila tidak tersedia alat ukur seperti Theodolit. Cara membuat sudut siku bisa menggunakan beberapa alat seperti meteran, benang, patok, paku atau spidol.

Sebagai contoh kita akan membuat ruangan dengan dinding berbentuk segi empat. Sebelum membuat dinding, tukang akan marking garis di lantai terlebih dulu. Untuk membuat marking dinding agar sudut siku maka digunakan perbandingan segitiga seperti gambar di bawah ini. Garis AB adalah garis paten yang sudah ada. Sedangkan garis AD adalah rencana garis yang akan dibuat.

Langkah- langkah membuat sudut siku sebagai berikut:
  1. Buat patok dengan paku atau penanda tinta di titik A
  2. Buat titik/marking di titik E sejauh 3 m
  3. Buat titik F dengan catatan panjang AF 4 m dan panjang EF 5 m. Harus dipastikan AF 4 m dan EF 5 m.
  4. Jika telah didapatkan titik A dan F maka bisa ditarik garis A sampai D dengan acuan titik F.
Perbandingan segitiga di atas merupakan contoh menggunakan angka 3 m : 4 m: 5 m. Kita bisa mengganti perbandingan angka tersebut dengan angka lain yang mempunyai perbandingan yang sama. Cara menghitungnya adalah jika a = 60 cm maka 60/3 = 20 cm, b = 20 x 4 = 80 cm, c = 20 x 5 = 100 cm. Atau perhitungan lain sebagai berikut:
  • 120 cm : 160 cm : 200 cm
  • 12 cm : 16 cm : 20 cm
  • 6 cm : 8 cm : 10 cm
  • 3 cm : 4 cm : 5 cm

Semoga bermanfaat.

Artikel Ini Telah Tayang di ilmuproyek.com dengan Judul: Cara membuat sudut siku bangunan di Proyek

Editor: Antariksa Group

Bagikan :