Indonesia Website Awards

Bingung Atur Letak Sudut Baca di Rumahmu? Cobalah 5 Ide Inspiratif Ini

antariksagroup.com – Bagi Anda yang memiliki hobi membaca, mempunyai perpustakaan sendiri di tempat
tinggal bisa dibilang adalah the ultimate dream. Namun, jika perpustakaan pribadi tidak mudah untuk direalisasikan—misal karena keterbatasan ruang dan dana—Anda tetap bisa merealisasikan mimpi tersebut melalui sudut baca (reading corner atau reading nook).

Keberadaan sudut baca di rumah tidak memerlukan ruang yang terlalu luas—dan ini cocok diterapkan untuk Anda yang tinggal di apartemen atau rumah kompak, serta bisa dibangun dengan dana yang cukup terbatas, dan fungsinya bisa digabungkan dengan ruangan lain di rumah.

Untuk itu, jika ingin memulai membangun sudut baca di rumah, simak lima inspirasi sudut baca dari Dekoruma di bawah ini sebagai referensi dalam membangun tempat Anda untuk me-time bersama buku-buku koleksi.

1. Sudut Baca di Bawah Tangga yang Menghemat Ruang

Kelebihan sudut baca adalah ruangan yang diperlukan tidak terlalu besar. Salah satunya dengan memanfaatkan area bawah tangga yang kosong. Perkembangan tren desain interior mulai menyadari pemanfaatan ruang secara maksimal dengan mengisi ruang di bawah tangga.

Selain menjadi ruang penyimpanan, area bawah tangga bisa difungsikan menjadi sudut baca yang nyaman dan sedikit memberikan privasi lebih. Anda bisa membangun rak buku dan sofa sekaligus agar mudah menjangkau atau mengembalikan buku setelah dibaca.

2. Meja dan Kursi untuk Baca Seperti di Perpustakaan

Beberapa orang bisa berkonsentrasi saat membaca sambil berselonjor di kasur atau hanya duduk di kursi sambil memegang bukunya. Namun, ada juga orang yang terbiasa dengan pengalaman dan cara membaca buku di perpustakaan yang menghadirkan kursi dan meja.

Jika Anda adalah orang dengan kebiasaan membaca seperti itu, Anda bisa memasang meja dan kursi khusus untuk sudut baca dengan meniru pengalaman dan suasana membaca buku di perpustakaan, yang mana buku dibaca sambil diletakkan di atas meja.

3. Gabungkan dengan Ruang Kerja di Salah Satu Sudutnya

Sebagian orang lainnya juga membaca buku di meja kerja atau terkadang menjadikan ruang kerjanya sebagai perpustakaan mini juga. Metode ini juga bisa dilakukan dengan menggabungkan fungsi ruang kerja dan sudut baca di salah satu sudut ruang kerja di rumah.

Pasang furnitur seperti arm chair atau bean bag yang empuk beserta karpet, meja nakas, dan rak buku. Anda tidak lagi perlu membaca buku di meja kerja, tetapi bisa melipir ke sudut baca di ruang kerja yang tentunya lebih nyaman dan santai dibandingkan duduk di area meja kerja.

4. Sudut Baca yang Juga Berfungsi Menjadi Penyekat Ruangan

Kehadiran rak buku di sudut baca bisa dimanfaatkan juga sebagai penyekat atau partisi ruangan. Terutama di area living space yang menyatukan dapur, ruang makan, dan ruang keluarga, partisi bisa dimanfaatkan sebagai rak buku dan sudut baca untuk penghuni rumah yang gemar membaca.

Letakkan kursi yang nyaman di samping rak buku yang menjadi penyekat ruangan dan meja kecil di sampingnya dan Anda sudah bisa mendapatkan sudut baca yang multifungsi. Berada di tengah-tengah ruangan mungkin membuat banyak orang lalu-lalang saat sedang membaca, tapi lebih baik daripada tidak ada sama sekali sudut baca.

5. Desain Reading Nook yang Lebih Tradisional di Tepi Jendela

Secara tradisional, reading nook adalah sudut baca yang biasanya ditempatkan di bingkai jendela besar yang diisi dengan bangku panjang dan rak buku di sampingnya. Anda juga tentunya bisa melakukan itu apabila ada area di depan jendela yang kosong dan bisa dibuat bangku.

Tempat duduk yang berada tepat di samping jendela membuatnya mendapatkan cahaya matahari alami. Cocok untuk siapa pun yang gemar membaca karena mendapat sumber penerangan yang alami. Posisinya pun bisa disesuaikan dengan keinginan, misalnya di kamar tidur, ruang kerja, atau ruang keluarga.

Itulah beberapa inspirasi dari sudut baca di rumah yang bisa menjadi alternatif dari ruang perpustakaan atau perpustakaan kecil di rumah.

 

Artikel ini telah tayang di :
https://www.suara.com/lifestyle/2021/02/27/080500/5-
inspirasi-sudut-baca-di-rumah-bikin-me-time-lebih-puas?
page=1

Bagikan :