Indonesia Website Awards

Beberapa Panduan Dasar Tata Rumah Minimalis Ini Bisa Mempercantik Rumahmu

antariksagroup.com – Rumah minimalis biasanya memiliki ukuran yang tak terlalu besar. Agar rumah tidak terasa sempit dan sumpek, maka Anda harus pandai-pandai menatanya. Pertimbangkan bentuk dan ukuran perabotan dan benda-benda lainnya yang hendak Anda tempatkan di dalam rumah Anda.

Meskipun demikian, mendekorasi rumah minimalis tak sesulit yang Anda bayangkan. Asalkan Anda tahu aturannya, ruang sempit tetap bisa terlihat cantik, nyaman, dan elegan. Untuk lebih jelasnya, simak kutipan artikel Rumah.com, portal properti terdepan di Indonesia berikut ini.

Ini yang Harus Anda Lakukan

Ukur dulu sebelum membeli.
Menaruh banyak barang furnitur yang terlalu besar di dalam rumah akan banyak menghabiskan tempat dan membuat ruangan semakin sempit. Namun meletakkan barang atau hiasan rumah yang memiliki ukuran terlalu kecil pun justru akan semakin menegaskan kesan bahwa rumah Anda kecil dan kosong.

Lalu ukuran barang seperti apa agar rumah terlihat cantik?
Cara yang tepat adalah dengan melakukan pengukuran terlebih dulu. Pertama, tentukan dulu ruangan atau area yang ingin Anda hias atau letakkan furnitur. Kemudian, mulailah berburu barang sesuai dengan ukuran tersebut. Ingat, saat mengukur perhatikan dengan benar faktor keseimbangan tata letak di dalam rumah. Anda boleh saja menempatkan satu barang berukuran besar, namun imbangi dengan barang yang berukuran lebih kecil.

Pilih yang multi fungsi.
Memiliki rumah minimalis berarti Anda harus siap berhemat dalam hal memilih barang. Hemat ukuran dan juga jumlah barang yang ingin dibeli. Maklum, pemilik rumah baru biasanya mudah tergoda untuk menghiasi rumahnya dengan sebanyak mungkin barang. Apalagi jika sudah berkunjung ke toko atau bazaar produk furnitur.

Agar rumah Anda tetap bisa menghadirkan barang dengan fungsi yang maksimal, pilih jenis barang yang memiliki fungsi ganda. Misal, meja atau tempat tidur lipat. Banyak, kok, pilihan furnitur multi fungsi yang sekarang ini dijual di pasar.

Pilih yang terbuka.
Sofa, kursi, lemari atau meja dengan bagian bawah terbuka sehingga masih memperlihatkan lantai di bawahnya bisa menciptakan kesan dan suasana ruangan yang lebih terbuka karena tidak membatasi jarak pandang mata.

Bagian bawah furnitur yang terbuka juga memberi ruang untuk aliran udara di rumah Anda. Tapi ingat, lantai di bawah bagian tersebut harus sering-sering dibersihkan karena mudah kotor.

Sebaiknya pilih sofa atau kursi tanpa sandaran lengan.
Selain terlihat kaku, sofa dengan sandaran lengan hanya akan membatasi pandangan.

Lebih luas dengan cermin.
Hiasan rumah berupa cermin tak hanya membuat rumah minimalis terkesan cantik namun juga bisa menciptakan efek lega dan luas. Menempatkan cermin di seberang posisi jendela yang terbuka atau lorong akan menciptakan kesan banyak ruang terbuka.

Memposisikan hiasan cermin agar mendapatkan pantulan sinar matahari akan menciptakan suasana rumah menjadi lebih terang.

Pilih warna terang.
Tahukah Anda jika warna-warna terang dan pucat akan menampilkan kesan luas dan lega. Sementara warna-warna gelap akan menghadirkan kesan sempit dan terbatas. Pilihlah produk furnitur dengan warna-warna yang terang dan pucat.

Begitu pula dengan pilihan warna dinding interior rumah Anda. Warna-warna terang juga akan menciptakan suasana yang lebih bersih. Anda bisa menggunakan warna -warna seperti light green, light grey, kuning atau putih, atau warna-warna palet.

Ini yang Tidak Boleh Anda Lakukan

Terlalu banyak memberi hiasan rumah.
Ingat pepatah “berlebihan itu tak baik’? hal ini pun ternyata berlaku dalam hal mendekorasi rumah minimalis. Misal, menempatkan terlalu banyak hiasan rumah di atas meja atau lemari.

Alih-alih ingin membuat rumah tampak cantik, terlalu banyak hiasan rumah malah akan membuat ruangan tampak kotor dan semrawut.

Atur tata letak hiasan rumah sesuai selera Anda. Akan lebih baik jika Anda mengelompokkan hiasan tersebut sesuai tema agar lebih seragam.

Ingat, selalu beri jarak antara satu hiasan dengan yang lainnya meski hanya beberapa inchi agar memperlihatkan banyak ruang kosong. Dalam mengatur tata letak pertimbangkan juga faktor keserasian.

Menggunakan gorden untuk jendela.
Aturan utama dalam mendekorasi rumah minimalis adalah lebih simple lebih baik. Untuk penutup jendela pilih gunakan krey ketimbang kain gorden. Penggunaan gorden hanya akan mempersempit tempat. Sementara penggunaan krey lebih bisa menghadirkan kesan bersih, terbuka dan menonjolkan keindahan arsitektur.

Pilih krey berbahan bambu atau kayu untuk memunculkan kesan natural. Krey berbahan plastik atau alumunium bisa menghadirkan kesan mewah dan elegan.

Namun jika Anda tetap ingin menggunakan kain gorden, sebaiknya jangan menggantungkan kain gorden terlalu rendah atau di bawah frame jendela. Gantung gorden sedikit lebih dekat dengan langit-langit rumah untuk memunculkan kesan ruangan yang tinggi. Sedangkan untuk menampilkan kesan lebar, Anda bisa menggantungkan gorden yang lebih lebar dari ukuran frame jendela.

Memepetkan furnitur ke dinding.
Rumah minimalis membutuhkan lebih banyak ruang terbuka dan berudara. Memberi ruang, meski hanya beberapa inchi, antara dinding dan sofa, lemari, atau meja bisa membuat ruang tamu yang sempit menjadi terlihat lebih luas dan menciptakan aliran udara.

Dari sisi seni, furnitur yang terlalu mepet ke dinding hanya akan terlihat kaku. Terlalu memepetkan furnitur ke dinding juga bisa berpotensi membuat dinding menjadi lembap, menimbulkan jamur, serta membuat warna cat cepat rusak. Namun Anda bisa memepetkan furnitur untuk mengisi bagian sudut ruangan yang kosong.

Itulah aturan-aturan yang bisa Anda ikuti dalam mendekorasi rumah minimalis. Anda bisa berkreasi sendiri untuk menciptakan dekorasi rumah sesuai selera.

Artikel ini telah tayang di :
https://www.suara.com/lifestyle/2021/06/04/125158/panduan
-dasar-menata-rumah-minimalis-agar-tak-terasa-sempit?
page=all

Bagikan :