Indonesia Website Awards

Atap Genteng Metal

ANTARIKSA – Atap bangunan merupakan salah satu elemen konstruksi yang sangat penting. Fungsinya dapat memberi perlindungan terhadap ruang dibawahnya dari panas, debu, angin, dan hujan. Material untuk atap sendiri bisa dipilih dari berbagai bahan yang ada saat ini, seperti:

  1. Atap sirap
  2. Atap seng
  3. Atap genteng
  4. Atap beton
  5. Atap polycarbonate
  6. Atap genteng metal

Masing-maisng material memiliki kelebihan masing-masing. Akan tetapi, jika melihat trend saat ini, maka jenis genteng metal menjadi yang banyak dipilih untuk berbagai keperluan kosntruksi, bukan hanya untuk rumah namun juga bangunan lainnya.

Mengenal Atap Genteng Metal

Bentuk genteng metal ialah lembaran. Hampir sama dengan genteng seng. Penempatannya ialah pada balok gording rangka atap, dipasang dengan sekrup.
Ukuran genteng metal cukup bervariasi, antara 60 hingga 120cm, dengan ketebalan 0,3mm dan panjang 1,2 hingga 12m.

Material pembuatan genteng metal sendiri cukup unik dan berbeda dari genteng lainnya, yaitu dari campuran lembaran bitumen dan bahan kimia lain.
Untuk model dari genteng metal ini sendiri, ada beberapa yang bisa kita ketahui, ialah: model datar yang bertumpu pada multipleks. Multipleks ini menempel pada kerangka yang dikaitkan dengan sekrup. Jenis genteng metal lainnya ialah model bergelombang yang cara pemasangannya cukup prkatis dan mudah, yaitu dengan disekrup pada balok gording yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Untuk membantu penerangan di siang hari, pada genteng metal ini, maka disertai dengan penggunaan atap kaca. Genteng ini bisa membantu ruangan mendapatkan cahaya matahari di siang hari.

Komponen Pelengkap Atap Bangunan

Pemasangan atap rumah, baik itu jenis genteng metal maupun lainnya harus dibarengi pula dengan instalasi elemen lain. Beberapa yang tak boleh dipisahkan dari kosntruksi atap rumah ialah:

  • Talang
    Elemen pada atap rumah ini memiliki fungsi yang krusial, yaitu mengarahkan air hujan agar jatuh ke tanah. Pemasangannya dengan mendatar mengikuti arah tiris atap. Biasanya dilengkapi pula dengan pipa vertikal untuk mengalirkan air.
  • Lisplang
    Lisplang mampu membentuk rigid yang kokoh. Lisplang sendiri berfungsi sebagai pengunci susunan kasau pada atap agar tidak bergeser dan tetap pada tempatnya meskipun terkena hujan bahkan angin.

Lisplang juga memberikan kesan lebih indah dan rapi pada genteng rumah sehingga berfungsi pula menambah segi estetika sebuah bangunan.
Atap rumah berupa genteng metal maupun genteng lainnya merupan salah satu elemen penting dari sebuah rumah. Selain jenis dan juga elemen pendukungnya yang wajib kita tahu, penting pula untuk mengetahui jenis atap seperti apa yang bisa dipilih dalam konstruksi bangunan dimana genteng metal dapat diaplikasikan, salah satunya jenis atap berdasarkan kemiringannya.

Mengenal Jenis Atap Berdasarkan Bentuk Kemiringan

  • Atap datar, memiliki karakter sbb:
    Penampilannya sederhana, sebagaimana bentuk atap pada umumnya. Karena bentuknya ini, biaya yang dikeluarkan cukup terjangkau dengan pemakaian bahan lebih hemat jika dibanding bentuk atap lain.
    Untuk bentuk atap ini, genteng metal lebih banyak dipilih karena mudah diaplikasikan dan memiliki penyaluran panas yang rendah. Jenis penutup atap lain yang juga cocok diaplikasikan pada atap datar ialah atap beton yang meskipun mahal, namun penyaluran panas tinggi.
  • Atap miring
    Atap miirng ini memiliki tinggi atap sama dengan atau lebih dari setengah lebar sebuah bangunan.
    Lalu, kenapa atap harus harus dibuat miring? Salah satu alasannya ialah untuk meneruskan air hujan agar mudah jatuh ke tanah. Kemiringan juga tergantung pada jenis atap yang dipakai.
    Bila kemiringan rendah, maka atap jenis seng atau genteng metal bisa dipilih karena bentuknua berupa lembaran hingga lebih mudah untuk dipasang.
  • Atap diamond
    Jenis atap ini cukup unik, dengan arakter sbb:
    Konstruksinya ringan dengan tekstur atap yang menyerupai sisik, memiliki nilai estetika yang tinggi, bisa dipakaikan pola pattern, durabilitas tinggi alais awet.
    Untuk material pembangunnya, digunakan plat baja, zincalume composite, galvanum composite, tembaga, dan bahan lainnya.

FINISHING

Untuk proses finishing agar lebih indah bisa menggunakan enamel atau powder coating yang membuat atap lebih tahan terhadap segala cuaca. Bisa pula ditambahkan dengan extra waterproofing agar atap menjadi kedap air hingga genteng akan menjadi lebih awet.

Untuk setiap jenis atap, tidak ada keharusan untuk memasang jenis atap tertentu. Pemilihanya cenderung pda fungsi dari atap itu sendiri, biaya, kepraktisan memasang, durabilitas, dan juga estetika atau keindahan dari pemasangan genteng itu sendiri.

Maka, banyaknya pilihan genteng rumah dan bangunan memberikan alternatif untuk pemilihan atap terbaik. Seperti halnya genteng metal, yang bukan hanya mampu memenuhi unsur durabilitas, namun juga mampu memenuhi unsur estetika dengan penampakan genteng yang cukup menarik.

Terlebih, jenis genteng ini juga cukup mudah dipasang untuk berbagai jenis atap, baik atap miring maupun datar. Meksipun dari segi biaya, genteng jenis lain akan jauh lebih murah. Maka dari itulah, pemilihan genteng ini didasarkan pada kebutuhan dan kondisi masing-masing orang atau keperluan kosntruksi.

Artikel Ini Telah Tayang di solusikonstruksi.com dengan Judul: Genteng Metal Untuk Konstruksi Atap Bangunan Gedung

Editor: Antariksa Group

Bagikan :