Indonesia Website Awards

8 Tips Membangun Konsep Rumah Modern yang Bisa Kalian Tiru

ANTARIKSA – Seakan menjadi kebutuhan, membangun konsep rumah modern kian sering jadi pilihan, terutama pada era serba online seperti sekarang.

Seperti berpakaian, membangun konsep rumah sesuai dengan kebutuhan dan impian, dibutuhkan proses padu padan yang tepat. Salah satunya jika Anda ingin membangun konsep modern untuk kebutuhan hunian.

Tak hanya dari dalam, konsep eksterior juga kerap menjadi elemen penting yang perlu diperhatikan. Sehingga rumah tak hanya nyaman untuk ditinggali, tapi tampak luar akan terlihat kebutuhan estetika yang dapat memanjakan mata.

Nah, dalam membangun konsep hunian modern, ada beberapa perpaduan kombinasi. Meski bersifat subyektif, tapi secara garis besar ada beberapa hal yang bisa diperhatikan dan implementasi dalam kebutuhan eksterior dan interior.

Berikut beberapa tips yang bisa jadi pertimbangan Anda saat akan membangun rumah dengan konsep modern ;

1. Taman Terbuka Minimalis

Taman menjadi salah satu dekorasi eksterior yang sering ada pada konsep rumah modern. Hanya saja, tema taman yang tepat untuk kebutuhan ini bergaya minimalis. Sehingga dapat mengoptimalkan konsep gaya modern minimalis.

Untuk mewujudkannya, Anda bisa memanfaatkan lahan terbatas di sekitar rumah. Gunakan beberapa jenis bunga sederhana dan rumput dari jenis teki dan gajah mini. Kombinasi ini membuat taman menjadi pemanis eksterior rumah secara keseluruhan.

Fungsi taman dalam konsep rumah modern biasanya hanya sekedar pemanis. Meski demikian, tak jarang fasilitas ini dimanfaatkan untuk kebutuhan lain. Seperti menjadi ruang tamu, atau aktivitas berkumpul bersama teman atau keluarga pada umumnya.

2. Ruang Luas

Mobilitas tinggi membuat rumah dengan banyak ruangan akan terasa kurang nyaman. Oleh karena itu, pada konsep bangunan rumah modern, hal ini dimaksimalkan dengan konsep ruangan tanpa sekat.

Hal ini akan membuat ruangan dalam rumah otomatis tampak lebih luas. Selain mempermudah seseorang berpindah tempat, cara ini juga dapat meningkatkan pengaruh estetika, jika proses penataan dalam rumah dilakukan secara tepat.

Untuk mengganti keterbatasan space, biasanya satu ruangan akan memiliki banyak fungsi. Misalnya ruang tamu yang juga dapat digunakan secara “dadakan” sebagai ruang kerja saat berada di rumah atau sebagainya.

3. Furniture Minimalis

Masih mengusung tema kesederhanaan yang menjadi favorit dalam tema rumah modern, membuat pemilihan cara gaya memilih furnitur menjadi penting. Dalam hal ini sangat ideal konsep ini didukung dengan gaya furniture minimalis modern.

Konsep furniture minimalis tak hanya efektif untuk penggunaan setiap hari, tapi juga membuat dalam rumah tampak eye catching. Pemilihan jenis barang yang tepat akan mempermudah kebutuhan dekorasi dalam rumah secara optimal.

Tak hanya itu, furniture dengan lebih dari satu fungsi juga dapat digunakan untuk menunjang berbagai aktivitas. Misalnya sofa dengan fasilitas kamar tidur yang dapat berfungsi istirahat atau tempat tidur.

4. Cat dinding netral

Cat Dinding netral umumnya sering dipilih, karena kemudahan memadu padankan dengan konsep bangunan dan penggunaan furniture. Meski demikian, tak jarang hal ini disesuaikan dengan keinginan, dan warna cerah sering menjadi pilihan.

Perpaduan warna dinding netral biasanya dapat dihidupkan dengan ornamen bingkai foto, atau penggunaan furniture kayu. Konsep ini membangun nuansa sederhana, namun tidak meninggalkan konsep budaya modern yang tertuang dalam interior rumah.

Selain pada dinding, menggunakan furniture dengan warna netral juga solusi untuk bisa main aman. Cara ini sangat mudah, terutama untuk memanjakan mata dan betah berlama-lama meski hanya berada di dalam rumah.

5. Bangunan Geometris

Bangunan dengan konsep geometris biasanya didominasi dengan bentuk balok, dan persegi. Tema ini sangat cocok untuk rumah dengan konsep modern, dipadu dengan penggunaan jendela lebar, rumah akan tampak berestetika dari luar.

Untuk mengoptimalkan desain, bentuk lain seperti segitiga atau limas dengan sudut presisi sering digunakan. Tak banyak lekukan, dengan yang lurus menjadi dominan di balik penggunaan warna netral atau cerah.

Tipe rumah ini paling banyak dijumpai di perkotaan pada beberapa negara maju seperti di Eropa atau Amerika. Gaya ini juga banyak diadopsi di Indonesia, dengan konsep rumah perkotaan hingga pedesaan dengan nuansa asri.

6. Eksterior rumah simple

Seperti semangat gaya hidup masyarakat modern, mobilitas tinggi dan simple adalah hal paling disukai. Begitu juga dengan konsep rumah, penggunaan desain eksterior biasanya dibuat dengan konsep sederhana tanpa banyak ornamen.

Dari tampak depan rumah umumnya akan terlihat seperti bangunan dengan gaya futuristik atau modern, tanpa banyak dekorasi. Jendela dengan ukuran besar juga kerap tampak dan menjadi daya tarik tersendiri baik bagi orang di dalam maupun luar rumah.

Pengguna konsep rumah modern biasanya memiliki karakter mobilitas tinggi. Dalam hal urusan eksterior tak banyak fasilitas yang biasa dibutuhkan. Sehingga mereka umumnya jarang menggunakan halaman depan untuk berinteraksi. 

7. Ramah Sinar Matahari

Dalam banyak tipe rumah modern, bagian jendela sering menjadi hal paling diperhatikan. Selain ukuran yang besar, umumnya arah yang tepat dalam membangun ornamen bangunan ini adalah dengan menghadap matahari.

Baik pada saat sore hari atau pagi hari, hal ini bertujuan mengoptimalkan masuknya sinar matahari secara luas. Sehingga seluruh bangunan rumah akan tampak segar, dan udara bisa keluar masuk dengan mudah.

Cara ini tak hanya membuat orang betah, terutama pada negara di daerah dengan cuaca dingin, namun juga membuat orang di dalam rumah menjadi sehat. Karena kebutuhan vitamin D yang tercukupi setiap hari.

8. Desain Minimalis

Dalam banyak penjabaran di atas, konsep sederhana dan minimalis sangat dominan pada konsep rumah modern. Tentu saja, konsep ini tak selalu cocok bagi setiap orang, karena hal ini berkaitan dengan selera.

Meski demikian, kebutuhan rumah modern umumnya paling disukai oleh masyarakat urban dengan mobilitas tinggi. Aktivitas ini kerap membebani pikiran seseorang, sehingga pada akhirnya, konsep simple dan sederhana, sering menjadi kebutuhan.

Meski demikian dalam kebutuhannya, konsep rumah modern sering digunakan dengan berbagai fasilitas berteknologi. Seperti peralatan pintar yang terhubung secara nirkabel dan terkoneksi secara online.

Hal ini sering dimanfaatkan untuk aktivitas setiap hari juga memenuhi kebutuhan keamanan. Yakni dengan menggunakan fasilitas kamera pemantau atau biasa dikenal dengan teknologi CCTV yang dapat membantu Anda dalam memantau aktivitas dalam atau luar ruangan.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Ini Telah Tayang di awrm.co.id dengan Judul: Tips Membangun Konsep Rumah Modern

Editor: Antariksa Group

Bagikan :