8 Inspirasi Dekor Kamar Simpel dan Murah Buat Anak Kuliah

ANTARIKSA – Bagi sebagian besar orang, kamar tidur adalah salah satu tempat ternyaman yang ada di rumah. Entah itu orang yang sudah berkeluarga, bekerja, termasuk anak-anak kuliahan yang mayoritas tinggal di kost-kostan. Meski super sibuk, kita semua pasti ingin punya kamar yang nyaman ‘kan?

Namun, ada kalanya kamar terasa nggak nyaman. Kalau sudah seperti itu, mungkin perabotan atau dekor kamar yang menjadi masalah. Kali ini, saya akan membahas ide dekor kamar keren buat anak kos. Dengan budget dan waktu yang terbatas, gimana caranya anak kuliah bisa membuat kamarnya lebih nyaman?

1. Tempelkan kasur ke dinding untuk dekor kamar yang berbeda

pinterest.com

Dekor kamar bisa dimulai dari letak kasur. Kasur harus ditempatkan senyaman mungkin. Tapi, tahukah bahwa sebenarnya posisi kasur sebaiknya tidak diletakkan sembarangan? Hal itu berkaitan dengan kesehatan, lho. Salah satu posisi terbaik adalah di tengah ruangan dengan menempelkan headboard ke salah satu dinding kamar.

Jika kamarmu tidak terlalu besar, kamu bisa menata kasur dengan menempelkan ke sisi dinding. Dengan catatan, sisi sebelah kanan atau kiri kasur tidak menempel ke dinding yang berbatasan langsung dengan kamar mandi, karena dinginnya udara dari kamar mandi tidak baik untuk kesehatan. Jangan lupa untuk memilih kasur yang empuk, seperti kasur busa agar kamu lebih nyaman, ya!

2. Menempatkan cermin sebagai dekorasi

pinterest.com

Selain untuk berkaca, cermin dapat menjadi solusi paling efektif untuk kamar yang sempit. Meletakkan cermin besar di salah satu dinding kamar, seperti di sebelah kasur lantai akan memberikan efek lebih luas pada ruangan. Dengan cermin pun, ruangan akan mendapat efek pencahayaan yang maksimal karena cahaya yang masuk bisa dipantulkan oleh cermin.

Sebagai alternatif lain, kamu bisa meletakkan meja rias minimalis dengan cermin besar. Selain tetap bisa membuat ruang kamar terlihat luas, kamu juga bisa sekaligus melakukan make-up di meja rias. Serbaguna banget, ‘kan?

3. Pasang wallpaper atau wall covering lebih hemat budget!

futuristarchitecture.com

Kalau mendengar kata wallpaper, mungkin kamu teringat dengan prosesnya yang merepotkan, mulai dari membersihkan dinding sampai menempelkan wallpaper sendiri. Sekarang hal itu sudah nggak perlu lagi lho. Selain kamu bisa menemukan banyak pilihan wallpaper atau pilihan wall covering bermotif, kamu juga bisa menempelkan wall sticker lucu-lucu di kamar. Murah meriah dan bisa kamu ganti dengan mudah kan?

4. Jadikan foto-foto sebagai bagian dari dekor kamar menarik

cannycraft.com

Terlalu bosan sama dekor kamar dengan bingkai-bingkai foto yang menempel di dinding? Yang satu ini bisa menjadi alternatif seru dan menarik. Cetak foto-foto yang merupakan momen berharga dalam hidupmu. Tata foto-foto tersebut sedemikian rupa sehingga menghasilkan hiasan dinding mirip dengan sebuah kolase foto. Setelah bosan, kamu bisa kembali mengganti dekor kamarmu dengan hiasan dinding kamar lainnya deh.

5. Percantik dekor kamar dengan lampu-lampu hias

weheartit.com

Mau menjadikan kamarmu seperti di negeri dongeng? Wujudkan dengan mengombinasikan interior dekor kamarmu menggunakan lampu-lampu hias. Kamu bisa bereksplorasi dengan lampu hias melalui berbagai bidang dan material, seperti kelambu, foto-foto yang dikreasikan dengan gantungan, kaca rias, bahkan karpet untuk dekor kamar atau kamar apartemen berbau bohemian. Kalau kamu seseorang yang penuh ide kreatif dan senang berkreasi, lampu-lampu hias bisa dikombinasikan dengan burung dari kertas origami.

Jadikan lampu hias seakan kabel listrik di jalanan. Inspirasi dekor kamar lainnya dengan menggunakan lampu hias adalah dengan membentuk lampu hias menjadi sebuah kata bermakna, seperti merangkai lampu membentuk namamu atau kata-kata “DREAM”, “LOVE”, “PRAY” atau kata lainnya sesuai keinginanmu. Kamu bisa menggunakan lampu tumblr untuk alternatif yang lebih murah.

6. Agenda harian sebagai dekor kamar tidur

theturquoisehome.com

Kamu punya kegiatan harian yang padat dan sering melupakan jadwal pentingmu? Yuk buat agenda harian yang bisa dijadikan sebagai bagian dari dekor kamar kalian! Kamu bisa mencari kertas daur ulang atau bahan lainnya supaya terlihat lebih artistik. Mungkin bisa dengan styrofoam, papan atau media lainnya yang kamu hias sekreatif mungkin agar tetap cantik untuk dekor kamar kesayanganmu. Jadi deh dekor kamar yang unik sekaligus bermanfaat.

Kalau sudah dipasang, jangan lupa isi agenda pentingmu di sana ya. Dengan agenda yang menarik, pasti kamu jadi makin semangat menjalani harimu.

7. Berkreasi dengan kertas kado dan origami

pinterest.com

Kertas kado adalah sesuatu yang simpel tapi menarik karena banyak motif dan warnanya. Selain itu, kertas kado mudah didapatkan dan harganya relatif terjangkau. Untuk kamu yang mau melakukan dekor kamar dengan sesuatu yang baru, kertas kado adalah pilihan yang tepat untuk kamu kreasikan.

Berbagai bentuk bisa dibuat dengan kertas kado, seperti kipas, burung, kupu-kupu, hati, dan bunga. Kalau kamu tak menemukan kertas kado yang cocok, kamu bisa juga berkreasi dengan kertas origami. Bingung bagaimana cara membuatnya? Jangan khawatir. Kamu bisa melihat mencari banyak referensi dan tutorialnya dari Internet.

8. Lilitan benang bisa juga menjadi dekor kamar yang cantik

pinterest.com

Bereskperimen dengan lilitan benang untuk dekor kamar bisa kamu coba nih. Caranya pun sederhana. Siapkan papan atau kayu berbentuk segi empat dan benang berbagai warna sesuai keinginan dan bentuk yang akan kamu rancang, kemudian buat lilitan benang menjadi bentuk yang kamu inginkan dan letakkan di atas media kayu.

Mau dekor kamar lebih bercahaya? Kamu bisa menaruh lampu-lampu hias kecil di dalam lilitan benang tadi. Ketika kamu hendak tidur, dekor kamar yang satu ini bisa difungsikan sebagai lampu tidur yang lucu. Sempurna bukan dekor kamar multifungsi yang satu ini?

Nah, itulah 8 inspirasi dekor kamar tidur yang simpel dan murah dan mudah kamu lakukan serta tidak membutuhkan biaya banyak.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Ini Telah Tayang di dekoruma.com dengan Judul: 8 Ide Dekor Kamar Keren Buat Anak Kuliah

Editor: Antariksa Group

Bagikan :