Indonesia Website Awards

7 Inspirasi Desain Rumah Mini di Dunia

ANTARIKSA – Di zaman sekarang, keterbatasan lahan kadang mengharuskan kita tinggal di hunian yang kecil. Meski begitu, nggak selamanya hunian rumah yang kecil harus mengorbankan interior yang nyaman dan tempat tinggal yang modern. Terbukti, dengan adanya kreativitas, rumah mini pun bisa disulap jadi nyaman dan menyenangkan untuk ditinggali. Penasaran seperti apa rumah-rumah mini di seluruh dunia? Yuk, lihat pembahasannya di bawah ini!

1. Rumah Mini Harbor Cottage Houseboats

harborcottagehouseboats.com

Rumah kayu sederhana yang satu ini benar-benar menarik. Tidak hanya dari ukurannya yang mini, melainkan juga letak rumah mini ini. Rumah mini yang terapung ini benar-benar berada di tengah-tengah perairan, tepatnya di Nancy, negara bagian Kentucky, Amerika Serikat. Untuk menuju ke rumah mini ini, pemilik dan pengunjung diharuskan menggunakan kapal. Area outdoor rumah ini dipenuhi dengan berbagai macam tanaman dalam pot yang memberikan keasrian di lingkungan rumah.

Nuansa coastal dengan berbagai pilihan gradasi warna birunya sanga terasa di rumah ini. Warna biru di rumah mini ini terasa sangat menonjol di bagian ruang makan, dapur, dan juga ruang tamu. Di dalamnya banyak terdapat motif-motif unik yang atraktif. Di bagian loteng terdapat kamar tidur cukup untuk dua orang.

2. Rumah Mini The Pequod House

treehugger.com

Masih berada dekat dengan Kentucky, rumah mini kali ini terletak di Indiana. Rumah mini seperti ini menjadi kediaman keluarga kecil yang nyamannggak harus luas. Tampilan eksteriornya warna-warni, berasal dari material kayu yang dicat. Tidak hanya warna, atap lengkungnya menunjukkan keunikan rumah mini ini.

Memasuki bagian dalam rumah mini, tepat di sebelah kanan pintu terdapat area dapur lengkap dengan kitchen set mini. Keseluruhan material pada dapur di rumah mini ini menggunakan kayu. Pemilihan sebagian besar perabotan kayu berwarna terang memberikan kesan rustic di rumah ini. Di seberang dapur, terdapat rak, area santai, ruang penyimpanan, ruang laundry, dan kamar mandi.

tinyhouseswoon.com

Rak disusun bertingkat sehingga dapat juga digunakan sebagai tangga rumah. efisiensi ini ditopang oleh ruang tidur di sisi atas rak. Ruang tidur pun dibagi menjadi dua sisi. Di atas dapur terdapat kamar tidur anak. Jembatan kaca menjadi penghubung antara kamar tidur anak dengan kamar tidur lainnya yang berada tepat di atas ruang laundry.

3. Rumah Mini Custom Container

homebnc.com

Rumah mini memang susah-susah gampang untuk menikmatinya, namun bila memang memiliki lahan sempit dan ingin tetap bersantai di teras saat memiliki rumah mini, cobalah salah satu inspirasi desain rumah mini dari Custom Container Living. Desain rumah mini ini hampir keseluruhannya menggunakan material kayu. Beberapa bagian seperti kusen, pintu, rak dan lain-lain berwarna putih dibarengi dengan pemilihan warna kayu yang terang.

Di sisi sebelah kamar mandi terdapat tangga yang juga berfungsi sebagai rak. Di atas kamar mandi juga terdapat loteng yang berfungsi sebagai kamar tidur yang sangat cozy karena jendela di hadapannya menghadap ke arah luar.

blogspot.com

Rumah mini ini bergaya kontainer. Terdapat ruang terbuka mungil sebagai teras di sisi atas rumah. Jangan khawatir terhadap panas dan hujan saat menikmati waktu santaimu, karena seluruh terasnya tertutup. Desain rumah mini dari kayu ini juga memiliki banyak pencahayaan alami yang melalui jendela mungil dan pintu kaca.

Meskipun bentuknya menyerupai rumah mini bergaya kontainer, namun keseluruhan desain rumah mini ini terkesan lega karena memiliki langit-langit yang ditinggikan dan berbentuk memanjang ke belakang. Biarpun rumah mini, namun desain rumah mini ini sangat fungsional buat kamu yang menyukai waktu bersantai di teras rumah.

4. Rumah Mini Pop-Out Porch

housebeautiful.com

Rumah mini yang satu ini memang benar-benar unik, terlihat dari desain eksteriornya. Jendela geser dari kaca di bagian tengah menggunakan material kayu solid di kedua ujung rumah. Terdapat area deck di mana area ini digunakan untuk bersantai. Areadeck ini menyambung ke bagian dalam dan menjadi poin lebih dalam pada desain rumah mini ini. Di dalamnya, beberapa perabotan dicat berwarna putih dan dipadukan dengan lantai kayu darkwood-nya.

treehugger.com

Rumah ini memiliki sistem sirkulasi udara dan cahaya alami, karena sebagian besar kaca menjadi elemen utama yang mengelilingi rumah. Di atas kamar mandi terdapat kamar tidur kecil yang terbuka dan tangga kayu menjadi jembatan di antara lantai dasar dengan kamar tidur. Langit-langit di rumah mini terbilang unik, karena komponen kayu-kayu darkwood menggantung di atas rumah.

5. Rumah Mini The Fox House

youtube.com

Tampilan rumah mini yang satu ini benar-benar terlihat fresh dan ceria. Rumah yang dipenuhi lampu-lampu kuning yang menonjolkan material kayu rumah. Merupakan renovasi dari ruang bermain untuk anak menjadi guest room, rumah ini menggunakan sofa dengan desain vintage yang unik.

Salah satu hal yang menarik mata pada ruang tamu di rumah mini ini adalah meja dari petinya. Warna dan bentuknya yang kontras sangat menarik perhatian. Keseluruhan ruang tamu ini menunjukkan suasana yang tenang dan nyaman.  Meski kasur yang dipilih berukuran sedang, hal ini tidak membuat ruangan terasa sumpek. Sebaliknya, kasur ini melengkapi interior ruangan. Area ini pun juga cocok untuk digunakan sebagai ruang baca, karena bukaan jendela yang cukup besar.

6. Rumah Mini Kayu Hikari Box

tinyliving.com

Menyediakan kamar kosong untuk tamu yang saudara maupun kerabat merupakan salah satu masalah umum yang dimiliki para pemilik rumah mini. Namun dari rumah mini kayu Hikari Box ini, masalah tersebut dapat teratasi. Desain rumah mini ini membuat dua area tidur, masing-masing berkapasitas dua orang dewasa di bagian atas rumah yang bisa diakses melalui tangga kayu. Kesan pertama yang akan kita dapatkan saat memasuki rumah mini ini adalah kenyamanan dan kehangatan.

tinyhousedesign.com

Para penghuni rumah mini ini menggunakan tangga sebagai lemari tempat menyimpan barang dengan kompartemen ukuran yang berbeda-beda. Portland Alternative Dwellings merupakan penggagas dari adanya rumah mini ini. Tepat di bawah area tidur tamu, terdapat meja makan dan area yang digunakan untuk bersantai.  Karpet motif berwarna coklat dan hitam menghiasi lantai dipadukan dengan kayu darkwood yang memiliki corak garis-garis horizontal benar-benar memanjakan mata. Selain perpaduan tersebut, langit-langit di rumah mini ini juga menggunakan kayu yang melintang berjajar.

7. Rumah Mini Cedar Mountain Farmhouse

countryliving.com

Rumah mini yang tampak begitu kecil dari luar ini pada kenyataannya memiliki area dalam yang memenuhi kebutuhan ruang dalam rumah. Material kayu yang digunakan mengesankan suasana alami pada rumah ini. Rumah mini ini juga merupakan kombinasi unik antara gaya rustic dan modern pada interiornya. Area dapur dilengkapi dengan meja stainless steel dan beberapa tempat penyimpanan.

Tidak lupa, terdapat jendela pada area loteng tersebut sehingga cahaya alami dapat masuk ke dalam kamar tidur. Tepat di sampingnya, terdapat ruang kerja yang juga bisa digunakan untuk area bersantai. Selain itu, terdapat area ruang penyimpanan berada di depan ruang kerja tersebut. Tampilan bersih dan rapi terlihat dari rumah mini ini.

Unik-unik ya, rumah mini di atas? Ternyata luasan sempit bukan jadi halangan untuk hunian yang nyaman kan. Yang mana nih, rumah mini yang jadi favoritmu?

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Ini Telah Tayang di dekoruma.com dengan Judul: Kreatif, Ini Dia Interior dari 7 Rumah Mini di Dunia!

Editor: Antariksa Group

Bagikan :