6 Tips Merawat Rumah Agar Selalu Nyaman dan Awet

ANTARIKSA – Seperti sebuah barang, merawat dengan baik bangunan rumah akan memberi manfaat, salah satunya nyaman ditempati dalam jangka waktu lama.

Meski sudah diantisipasi dengan penggunaan material terbaik, sebuah konstruksi bangunan, dalam hal ini rumah masih tetap bisa rusak dan berumur pendek. Hal tersebut ternyata bisa terjadi karena buruknya proses perawatan.

Disadari atau tidak, kerusakkan yang terjadi pada bangunan rumah sering berawal dari hal kecil. Seperti kebiasaan, hingga kendala sederhana yang muncul dan kerap diremehkan karena masalah kerusakan minor.

Dalam perjalanan waktu, hal tersebut akan berkembang dan tidak menutup kemungkinan memicu munculnya permasalahan lain yang lebih besar dan serius. Nah untuk menghindari hal tersebut, berikut tips merawat rumah agar selalu nyaman dan awet untuk ditinggali dalam waktu lama.

1. Pastikan Rumah Selalu Bersih

Salah satunya dengan membuat jadwal rutin membersihkan rumah secara berkala. Untuk kegiatan lebih menyenangkan, lakukan dengan jadwal pasti dan melibatkan seluruh anggota keluarga, cara ini juga dapat meningkatkan bonding antar anggota keluarga di hari bersih-bersih.

Seperti benda lain yang kurang terawat, rumah dalam keadaan kotor dalam waktu lama juga kerap mengalami penurunan kualitas. Yang dalam hal ini berkaitan dengan pengurangan usia pakai rumah yang lebih pendek.

Hal ini juga kerap berdampak pada rasa kurang nyaman saat berada di dalam rumah. Proses pembersihan secara berkala juga dapat digunakan sebagai aktivitas monitoring saat terjadi kerusakan minor yang terjadi pada rumah.

Aktivitas bersih bersih bisa meliputi beberapa bagian, seperti porselen di kamar mandi atau tembok yang kerap berlumut, serta membersihkan rumah secara keseluruhan dari debu. Selain itu, proses pelapisan material kayu dengan tujuan menghindari rayap juga dapat dilakukan melalui aktivitas ini.

2. Pastikan Sirkulasi Udara Bekerja Dengan Baik

Tak hanya membuat Anda tetap sehat saat berada di dalam rumah, memastikan udara bisa keluar dan masuk setiap saat juga memberi manfaat, salah satunya dalam hal merawat bangunan rumah agar awet dan minim terjadi kerusakan.

Sirkulasi udara yang buruk pada dasarkan akan berdampak kurang baik bagi interior rumah, terutama yang memiliki bahan dasar kayu dan sejenisnya. Proses kelembaban yang tinggi membuat material ini mudah rusak karena lapuk dan sebagainya.

Tak hanya bagian dalam rumah, kendala ini juga kerap meningkatkan risiko kerusakan pada furniture dan sebagainya. Oleh karena itu, merancang dari awal atau mendesain ulang ventilasi agar ramah terhadap udara segar sangat dibutuhkan dalam salah satu daftar ini.

3. Memanfaatkan Space Kosong Bangunan Rumah

Disadari atau tidak, beberapa ruang kosong di rumah sering kurang dimanfaatkan secara optimal. Misal bagian bawah tangga dan sebagainya, padahal jika digunakan untuk menyimpan barang cara ini bisa jadi tips selanjutnya dalam merawat bangunan rumah agar awet hingga puluhan tahun.

Ruang kosong di rumah bisa dimanfaatkan sebagai lokasi penyimpanan benda atau barang-barang yang jarang digunakan. Karena jika dibiarkan menumpuk, bisa jadi sumber masalah yang berdampak luas akan mudah terjadi.

Salah satunya munculnya masalah jamur dan kerak yang menempel karena benda tergeletak dalam waktu lama. Saat menempel di dinding, fenomena ini akan berdampak pada penurunan kualitas konstruksi bangunan.

Tanpa perhatian lebih hal ini akan menimbulkan bintik-bintik jamur tang tak sedap dipandang. Selain itu, kemunculan jamur juga kerap diakhiri dengan keretakan di beberapa sudut bangunan. Dan jika dibiarkan hal ini akan berdampak pada risiko kerusakan lebih fatal.

4. Memilih Furnitur “Ramah Lingkungan” Sekitar

Ramah lingkungan dalam hal ini bukan berarti terbuat dari bahan-bahan alami yang bisa didaur ulang, tapi perkakas yang mudah dibersihkan. Selain itu bisa dipindah, dan memiliki ruang cukup saat proses bersih-bersih di lakukan di sekitar.

Banyak jenis produk yang sesuai dengan kebutuhan ini, salah satunya jenis furniture minimalis. Benda-benda dengan konsep ini biasanya memiliki bentuk sederhana, dan bisa dipindah sewaktu-waktu dengan cara mudah.

Sangat ideal dalam mendukung aktivitas bersih-bersih rumah yang dilakukan secara berkala. Kemudahan ini juga membuat Anda tak perlu mengeluarkan biaya besar untuk proses perawatan atau bersih-bersih, karena dapat dilakukan sendiri dengan mudah.

5. Segera Setiap Kerusakan Bangunan Rumah

Bukan hal baru, setiap kejadian kerusakan besar pada bangunan rumah, sering berawal dari permasalahan atau kerusakan kecil yang terjadi. Hal tersebut jika tidak mendapat perhatian serius akan berkembang pada usia penggunaan rumah menjadi lebih singkat.

Pergeseran tanah dan faktor lain sering berdampak pada perubahan struktur bangunan, dan secara keseluruhan hal tersebut kerap menimbulkan kerusakan minor. Beberapa gejala yang muncul sering berawal dari masalah retak-retak kecil, yang kemudian berkembang lebih besar.

Tak hanya itu, pada konstruksi bangunan dari bahan kayu juga besi permasalahan sering muncul karena beberapa faktor alam. Seperti pelapukan pada bahan kayu karena kelembaban udara yang tinggi, juga serangan serangga pemakan kayu. Tak hanya itu, masalah karat juga kerap membuat konstruksi besi menjadi lebih mudah rusak.

Mengantisipasi terjadinya hal tersebut, atau jika sudah terjadi, ada baiknya Anda segera mengganti. Cara tersebut lebih bijak dalam hal proses merawat rumah agar bisa awet dan berdiri dalam jangka waktu puluhan tahun.

6. Jangan ragu memanggil jasa reparasi rumah

Jika kerusakan terjadi cukup serius, ada baiknya Anda segera memanggil jasa reparasi rumah. Cara ini mencegah munculnya kejadian lebih fatal terjadi pada rumah Anda. Kebutuhan ini bertujuan untuk memperbaiki bagian yang telah rusak agar tidak memperparah bagian lain.

Misal pada tembok yang mengalami keretakan, kondisi ini dalam jangka waktu lama akan berdampak pada ketidakstabilan konstruksi bangunan rumah secara keseluruhan. Tanpa penanganan yang tepat, hal buruk seperti runtuhnya atap dan sebagainya bisa saja terjadi.

Selain memperbaiki bagian yang mengalami kerusakan, jasa kontraktor rumah juga dapat dimanfaatkan sebagai media konsultasi. Cara ini bisa Anda lakukan guna mencari solusi yang tepat dalam setiap permasalahan, termasuk merubah beberapa bagian rumah sesuai seperti yang diharapkan.

Perawatan berkala, dan mencegah munculnya permasalahan rusaknya struktur rumah bisa diawali dengan disiplin menjaga kebersihan dan perawatan yang baik. Disamping itu, penggunaan material bahan bangunan berkualitas juga dapat memperkecil resiko kerusakan terjadi dalam waktu singkat.

Sehingga fungsi rumah sebagai tempat tinggal yang nyaman dan sarana berlindung bisa didapat secara optimal. Proses ini berkelanjutan, mulai dari proses perancangan yang baik, perawatan yang tepat, dan renovasi jika ada kendala atau desain yang kurang sesuai.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Ini Telah Tayang di awrm.co.id dengan Judul: Tips Merawat Bangunan Rumah Agar Selalu Nyaman

Editor: Antariksa Group

Bagikan :