Indonesia Website Awards

5 Ide Desain Ruang Tamu Estetik Dan Hype di Tahun 2021

antariksagroup.com – Ruang tamu kerap menjadi fokus utama dalam dekorasi rumah. Hal ini wajar, karena selain letaknya yang, biasanya, berada di tengah-tengah rumah, ruang tamu juga menjadi tempat kita menjamu tamu, sehingga sekaligus menjadi representasi kepribadian pemilik kepada sang tamu.

Karena itu pula, desain ruang tamu harus mencerminkan Anda dan keluarga. Pun demikian, bukan berarti Anda bisa menempatkan semua barang atau style kesukaan Anda di ruang tamu Perhatikan pula ukuran ruang tamu Anda. Untuk mengetahui pentingnya fungsi dan penerapan ruang tamu sederhana beserta 5 inspirasi desainnya, simak tips berikut dari artikel Rumah.com, portal properti terdepan di Indonesia.

Filosofi Ruang Tamu
Umumnya ruang tamu berada di area pintu masuk rumah yang pada dasarnya digunakan untuk menjamu tamu. Karena itu, ruang ini harus bisa membuat para tamu sangat nyaman ketika berkunjung. Ruang tamu sangat penting untuk aktivitas interaksi dalam segala jenis acara baik formal maupun informal.

Ruang tamu memiliki jenis furnitur yang mirip dengan ruang keluarga seperti sofa, kursi, meja kopi namun pada ruang tamu terlihat lebih stylish dan formal. Anda dapat menambahkan berbagai jenis ornamen ruang tamu untuk melengkapinya dengan cara yang lebih formal dan bergaya. Karena ruang tamu biasanya tidak digunakan untuk hiburan para tamu, maka umumnya tidak ada sistem hiburan seperti TV atau yang lainnya. Interaksi menjadi hal utama di ruang tamu.

Ide Desain Ruang Tamu Tahun 2021
Pelajari dengan baik mengenai gaya dan model yang Anda inginkan. Keinginan desain Anda juga tidak bisa dipaksakan tanpa memikirkan bujet dan kebutuhan ruang. Berikut 12 ide desain ruang tamu sederhana yang bisa menjadi inspirasi bagi rumah Anda:

1. Ruang Tamu Bergaya Skandinavia

Tren desain ruang tamu sederhana bergaya tahun 2021 adalah mengombinasikan gaya retro dan clean ala skandinavia. Untuk pemilihan furnitur disarankan memanfaatkan furnitur second atau bekas yang kondisinya masih prima. Tren 2021 interior skandinavia adalah pelestarian lingkungan. Jangan lupa berikan warna-warna yang terang api tidak mencolok di ruang tamu sederhana Anda.

2. Ruang Tamu Bergaya Retro

Berbeda dari gaya ruang tamu sederhana retro sebelumnya, kali ini gaya retro ruang tamu lebih mengarah ke klasik dan vintage. Coba carilah furnitur yang memiliki nilai waktu yang tinggi di pasar furnitur secondhand.

3. Ruang Tamu Bergaya Minimalis dan Monokrom

Ruang tamu minimalis monokrom dapat menjadi pilihan bagi Anda yang tidak menyukai desain ramai. Walaupun penggunaan furniturnya terkesan minimal, ruang tamu sederhana monokrom memberikan kesan elegan. Penggunaan warna hitam juga dapat menampilkan kesan tegas pada ruang tamu.

4. Ruang Tamu Modern

Pada desain ruang tamu modern, pemanfaatan kembali barang-barang yang sudah ada di rumah dan mengurangi yang tidak perlu (declutter) lebih disarankan. Hal baru lain yang dapat Anda coba adalah menggabungkan dua meja kecil yang sudah Anda miliki sebagai meja di depan sofa. Kurangi unsur-unsur alat elektronik dan ornamen yang tidak perlu.

5. Ruang Tamu dengan Suasana Pantai

Karena situasi pandemi hingga saat ini keinginan berlibur Anda mungkin belum dapat tersalurkan. Mungkin sedikit merenovasi ruang tamu sederhana Anda menjadi ruang tamu bergaya cafe tropis pantai dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan. Ruang tamu dengan suasana pantai ini berbeda karena menggunakan meja tinggi dan furnitur yang terkesan santai dan berwarna. Bayangkan Anda sedang berada di resto atau kafe di pinggir pantai Bali saat beraktivitas di ruang tamu sederhana rumah Anda.

Itulah penjelasan mengenai konsep dan fungsi ruang tamu sederhana beserta ide desainnya. Sesuaikan bujet dan kebutuhan saat menerapkannya. Walaupun Anda tidak meniru secara persis, aplikasikan beberapa komponen menarik pada ruang tamu sederhana rumah Anda. Selamat mencoba dan berkreasi.

 

Artikel ini telah tayang di :
https://www.suara.com/lifestyle/2021/06/02/160715/5-ide-desain-ruang-tamu-yang-tren-di-2021?page=1

Bagikan :